Berbagai Jenis Hosting dan Perbedaannya

Berbagai Jenis Hosting dan Perbedaannya

Tahukah Anda jenis jenis hosting dan perbedaan antara shared hosting, managed hosting, VPS hosting, dedicated hosting, dan cloud hosting. Sayangnya masih ada banyak orang yang belum memahami fungsi dari setiap jenis layanan tersebut. Sehingga munculah persepsi yang salah kaprah perihal penggunaan paket hosted dari penyedia jasa.

Hosted sendiri merupakan media yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam data penting. Mulai dari tulisan skrip, video sampai gambar. Sementara beberapa kalangan menyebutkan bahwa layanan tersebut bermanfaat bagi pemilik website. Utamanya agar website dapat menyimpan beragam konten. Sederhananya difungsikan sebagai lokasi penyimpanan konten situs website.

Jenis Jenis Hosting

Bayangkan saat Anda mengunjungi sebuah situs untuk mengakses konten. Pernahkah Anda penasaran di manakah tempat semua data berupa gambar dan video disimpan? Padahal yang Anda lihat adalah tampilan luarnya saja. Gambar maupun video tersebut sudah terpampang di halaman website. Sehingga Anda tidak melihat penyimpanan data tersebut.

Padahal sebenarnya semua data tersimpan dalam hosting. Sehingga semua data tersebut aman digunakan setiap saat. Layanannya pun terbagi ke dalam beberapa paket. Perhatikan beberapa perbedaan berikut ini.

Shared Hosting

Shared Hosting

Shared hosting adalah pelayanan hosting di mana satu server diisi oleh beberapa asset website dan lainnya di mana resources seperti CPU, RAM, dan lainnya dibagi bersama dengan website-website lain. Client / Customer harus mengikuti settingan yang sudah diterapkan di server tersebut.

Baca juga: Faktor yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Hosting

Managed Hosting

Managed Hosting

Managed Hosting adalah konsep di mana hosting itu dimonitor dan dikelola (managed) oleh sebuah perusahaan IT atau hosting dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan konfigurasi hosting untuk aplikasi yang dipasang di hosting tersebut.

Baca juga: 10 Faktor Menentukan Hosting Terbaik

VPS Hosting (Virtual Private Server)

VPS Hosting

VPS Hosting (Virtual Private Server) merupakan layanan hosting di mana satu server dibagikan menjadi beberapa bagian virtual (secara RAM dan disk capacity) di mana satu client / customer bisa memiliki bagian ini. Jadi VPS hosting mengizinkan client / customer untuk mempunyai RAM dan DISK sendiri beserta OS atau lainnya yang diinginkan.

Baca juga: Keunggulan Menggunakan VPS Windows yang Perlu Diketahui

Dedicated Hosting

Dedicated hosting

Dedicated Hosting adalah pelayanan hosting di mana seluruh server digunakan atau dimiliki oleh customer atau client sepenuhnya (dedicated) tersebut. Jadi di dalam dedicated hosting, tidak ada pembagian CPU / RAM / Disk Usage.

Baca juga: Keunggulan Menggunakan VPS Windows yang Perlu Diketahui

Cloud Hosting

Cloud hosting

Cloud Hosting adalah pelayanan hosting di mana banyak server telah disiapkan sehingga customer / client bisa dengan mudah mengaktifkan sebuah server (virtual atau dedicated) yang diinginkan dan beberapa layanan cloud hosting menyediakan server yang dikhususkan untuk kegunaannya seperti Cloud Storage, Cloud Computing, dan banyak lainnya.

Baca juga: 4 Keuntungan Memakai Cloud Hosting

WordPress Hosting

WordPress hosting adalah layanan web hosting yang dirancang khusus untuk website yang menggunakan platform WordPress. WordPress adalah CMS (Content Management System) yang paling populer di dunia, sehingga banyak penyedia hosting web menawarkan fitur hosting khusus WordPress.

Kelebihan WordPress Hosting

  • WordPress hosting dioptimasi untuk meningkatkan performa website WordPress. Hal ini dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan server yang cepat dan efisien, serta menyediakan fitur-fitur yang mendukung kinerja WordPress.
  • WordPress hosting biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan yang canggih, seperti firewall dan enkripsi. Hal ini untuk melindungi website WordPress dari serangan cyber.
  • WordPress hosting biasanya menawarkan berbagai fitur khusus yang dapat memudahkan pengguna WordPress, seperti instalasi WordPress otomatis, plugin dan tema gratis, serta dukungan teknis khusus WordPress.

Kekurangan WordPress Hosting

  • WordPress hosting biasanya tidak fleksibel untuk digunakan dengan CMS lain selain WordPress.
  • WordPress hosting biasanya lebih mahal daripada jenis hosting lain.

Baca juga: Cara untuk Menginstall WordPress di Cloud Hosting

Unlimited Hosting 

Unlimited hosting adalah jenis hosting yang memiliki kapasitas penyimpanan dan bandwidth yang tidak terbatas. Hal ini menjadikannya pilihan yang populer untuk website dengan trafik yang tinggi.

Kelebihan Unlimited Hosting

  • Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mendistribusikan konten tanpa khawatir akan batas penyimpanan.
  • Unlimited hosting biasanya lebih terjangkau daripada jenis hosting lain dengan kapasitas yang sama.

Kekurangan Unlimited Hosting

  • Unlimited hosting biasanya shared hosting, artinya satu server digunakan oleh beberapa pengguna. Hal ini dapat menyebabkan performa website menjadi tidak stabil, terutama jika ada pengguna lain yang menggunakan banyak sumber daya.
  • Unlimited hosting biasanya memiliki fitur yang terbatas dibandingkan dengan jenis hosting lain.

Unmanaged Hosting

Unmanaged hosting adalah jenis hosting yang mana provider hanya menyediakan akun hosting atau servernya saja. Pengguna bertanggung jawab untuk mengelola hosting tersebut, termasuk menginstal sistem operasi, aplikasi, dan keamanannya.

Kelebihan Unmanaged Hosting

  • Pengguna memiliki akses dan kontrol penuh atas server hosting. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan server sesuai kebutuhan.
  • Unmanaged hosting biasanya lebih terjangkau daripada jenis hosting lain dengan tingkat dukungan yang sama.

Kekurangan Unmanaged Hosting

  • Pengguna harus memiliki keterampilan teknis yang memadai untuk mengelola server hosting.
  • Jika terjadi masalah pada server, pengguna harus dapat menyelesaikannya sendiri.
  • Provider hosting tidak bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada server.

Perbedaan dari Segi Penggunaan

hosting

Untuk melihat masing-masing perbedaannya Anda bisa mencermati perihal penggunaannya. Tentu setiap jenis layanan hosted dibekali dengan beragam fungsi. Inilah yang membedakan layanan server tersebut. Pertama paket shared digunakan dengan sistem berbagai. Artinya pemanfaatannya dilakukan bersama. Penggunaanya berasal dari kalangan pengguna website pemula.

Sementara itu managed hosted merupakan layanan yang justru berbeda dengan jenis sebelumnya. Layanan ini digunakan untuk meminimalisir para pekerja yang mengelola sebuah website. Layanan tersebut berasal dari sistem shared kemudian diolah kembali. Pengelolaanya mengedepankan penggunaan sistem managed. Hal tersebut bisa terlihat dari namanya.

Perbedaan antara shared hosting, managed hosting, VPS hosting, dedicated hosting, and cloud hosting akan menjadikan Anda lebih selektif dalam memilih. Misalnya pada layanan ketiga yaitu VPS hosted. Pada paket tersebut umumnya mengedepankan sumber daya dari satu server fisik semata. Barulah kemudian dibagi kembali menjadi beberapa server kecil.  

Pada dedicated server justru berbeda dengan paket-paket sebelumnya. Pasalnya para pemakainya justru dari kalangan profesional yang membutuhkan layanan berkualitas tinggi. Layanan ini mengedepankan penyewaan server yang utuh alias tidak terbagi-bagi. Server kemudian diletakkan pada data center tertentu. Sehingga biayanya pun biasanya lebih besar.

Di sisi lain penyimpanan cloud juga mempunyai perbedaan. Salah satunya dari segi pemakaiannya.  Paket tersebut mengedepankan sumber daya alias resource yang asalnya lebih dari satu server fisik. Bahkan server tersebut terpusat sehingga bisa berjalan maksimal secara bersamaan. Biasanya istilahnya disebut dengan sistem cluster.

Perbedaan dari Segi Pengertian

 

Perbedaan antara shared hosting, managed hosting, VPS hosting, dedicated hosting, and cloud hosting dapat dicermati dari pengertiannya. Semua jenis layanan tersebut mempunyai makna yang masih berkaitan dengan pengertiannya. Seperti shared host dimaknai sebagai layanan yang didedikasikan untuk kalangan pengguna server sejenis. Sehingga trafict datanya terbatas.

Perbedaan lain juga ada pada hosted yang dimanaged ulang. Paket tersebut dimaknai sebagai layanan yang disediakan oleh perusahaan jasa. Fokus pada layanan ini adalah mengembangkan website. Untuk kategori ini juga terbagi ke dalam tiga kategori. Ketiganya yaitu semi, fully dan layanan shared.

VPS berarti virtual private server. Paket tersebut dimaknai sebagai layanan bersumber dari satu jenis server saja. Jenis layanan tersebut sebenarnya hampir mirip dengan shared. Namun, perbedaan antara shared hosting, managed hosting, VPS hosting, dedicated hosting, and cloud hosting lebih menonjol pada pembagian sumber daya.

Lain lagi dengan pengertian penyimpanan data dedicated. Layanan satu ini merupakan media penyimpanan yang digunakan secara utuh. Dalam hal ini data center memiliki peran penting. Pasalnya data center menjadi pusat kendali dari server yang digunakan. Artinya layanan servernya hanya digunakan untuk satu pengguna.

Setiap pembeda yang dimiliki paket layanan hosted sebenarnya mudah dicermati oleh penggunanya. Penyimpanan cloud misalnya diandalkan penggunanya lantaran menggunakan teknologi cluster. Sehingga apabila salah satu server down masih bisa dibantu dengan yang lain. Sistem berteknologi terbaru ini dipercaya efektif memaksimalkan uptime.

Perbedaan dari Segi Keunggulan

Berbicara mengenai perbedaan antara shared hosting, managed hosting, VPS hosting, dedicated hosting, and cloud hosting erat kaitannya dengan sisi kelebihan. Bahkan keunggulan tersebut juga menjadi pembeda. Penyimpanan sejenis shared pun unggul dalam hal harga. Bisa dibilang dari semua macamnya layanan tersebut termasuk paling murah.

Memang tidak salah jika paket shared dihargai lebih terjangkau. Pasalnya fiturnya dibuat untuk kalangan pemula. Wajar jika hal tersebut berbeda dengan server yang di-managed ulang. Jenis tersebut justru unggul dalam hal pengelolaan server. Umumnya layanan ini memungkinkan Anda mengelola sendiri server untuk tujuan bisnis.

Bagaimana dengan Virtual Private Server? Untuk paket pengelolaan penyimpanan ini juga tidak kalah dengan lainnya. VPS sendiri lebih unggul di bagian konfigurasi keamanan. Anda juga berkesempatan mendapatkan akses root. Artinya Anda sebagai pengelola dapat mengendalikan pengaturan sesuai dengan kebutuhan. Seiring waktu kapasitasnya pun dapat dikembangkan.

Perbedaan antara shared hosting, managed hosting, VPS hosting, dedicated hosting, and cloud hosting tampak pada keunggulan utamanya. Sama halnya dengan kelebihan utama penyimpanan dedicated. Paket tersebut unggul dalam hal penggunaan sistem operasi dan kontrol panelnya. Berkat server fisik Anda lebih cepat melakukan pengaturan standar.

Terakhir masih ada kelebihan yang terdapat pada sistem penyimpanan gaya cloud. Paket ini terlihat unggul pada bagian skalabilitas serta fleksibilitasnya. Dengan kata lain penggunanya bisa melakukan penambahan sumber daya jika dibutuhkan. Selain itu terdapat backup pada layanan tersebut yang memungkinan Anda terhindar dari kehilangan data.

Baca juga: Definisi Backup Data dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Perbedaan dari Segi Harga

Harga tentu menjadi salah satu hal yang kerap dipertimbangkan saat seseorang hendak berlangganan paket. Namun bagaimanakah dengan kelima jenis layanan di atas? Tentunya masing-masing penyedia jasa memberikan variasi biaya langganan yang berbeda. Apalagi mengingat tiap paket disertai dengan fitur. Lengkapnya fitur biasanya mempengaruhi harga.

Lihatlah perbedaan antara shared hosting, managed hosting, VPS hosting, dedicated hosting, and cloud hosting dari segi harganya. Hal tersebut dapat membantu Anda agar mendapatkan layanan sesuai kebutuhan. Apabila pengguna berasal dari kalangan yang tidak membutuhkan ruang penyimpanan terlalu besar sebaiknya memilih jenis shared.

Pasalnya harganya lumayan terjangkau jika dibandingkan dengan yang lain. Meski begitu fitur di dalamnya lumayan mencukupi kebutuhan website. Sementara bagi kalangan yang ingin menggunakan website sebagai sarana bisnis maka VPS lebih disarankan. Bila dilihat dari harganya tentu paket tersebut mempunyai biaya langganan lebih mahal.

Namun, bila Anda ingin mendapatkan fitur yang lengkap dengan berbagai jenis server tidak ada salahnya menggunakan managed hosted. Paket tersebut biasanya dihargai dengan kisaran harga lebih tinggi dari jenis shared. Namun cocok bagi Anda yang ingin menghemat sambil menggunakan hosting profesional.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Hosting, Domain, dan Server

Meski memiliki perbedaan namun sudah disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. Sehingga Anda bisa menikmati layanan tanpa harus terbebani dengan biaya langganan yang mahal. Beragam perbedaan antara shared hosting, managed hosting, VPS hosting, dedicated hosting, and cloud hosting bisa jadi pertimbangan Anda sebelum berlangganan.

Cara Kerja Web Hosting

Web hosting adalah layanan yang menyediakan ruang di server web untuk menyimpan file dan data website. Server web adalah komputer fisik yang
dirancang untuk menyimpan dan memproses data website. Saat pengunjung membuka website Anda, browser mereka akan mengirimkan permintaan ke server web host. Server web host kemudian akan mengirimkan file dan data website tersebut ke browser pengunjung. Dengan kata lain, web hosting adalah proses yang memungkinkan website Anda diakses oleh pengunjung di internet. Contoh detailnya seperti ini. Ketika Anda membeli layanan web hosting, Anda sebenarnya sedang menyewa ruang di server web host. Ruang ini digunakan untuk menyimpan file dan data website Anda, seperti kode HTML, gambar, video, dan lain-lain. Server web host akan memberikan alamat IP kepada website Anda. Alamat IP ini adalah alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi website Anda di internet. Pengunjung dapat menggunakan nama domain atau alamat IP untuk membuka website Anda. Jika pengunjung menggunakan nama domain, server web host akan menerjemahkan nama domain tersebut ke alamat IP. Setelah alamat IP website Anda diketahui, server web host akan mengirimkan file dan data website tersebut ke browser pengunjung.

Mengapa Anda Harus Memilih Cloud Hosting? 

Cloud hosting adalah jenis hosting yang menggunakan sumber daya komputasi, seperti server, penyimpanan, dan jaringan, dari berbagai lokasi secara terdistribusi. Hal ini menjadikan cloud hosting lebih fleksibel, scalable, dan aman daripada jenis hosting lain. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus memilih cloud hosting:

  • Fleksibilitas: Cloud hosting dapat diskala dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan website yang berkembang. Hal ini dapat membantu Anda menghemat biaya dengan hanya membayar untuk sumber daya yang Anda gunakan.
  • Scalability: Cloud hosting dapat menampung trafik dalam jumlah yang besar. Hal ini menjadikannya pilihan yang tepat untuk website dengan trafik yang tinggi.
  • Keamanan: Cloud hosting menawarkan tingkat keamanan yang tinggi, karena data disimpan di pusat data yang aman dan dilindungi oleh firewall dan enkripsi.
  • Performa: Cloud hosting memiliki performa yang tinggi, karena sumber daya komputasi dapat didistribusikan secara optimal.
  • Auto-backup: Cloud hosting biasanya dilengkapi dengan fitur auto-backup, yang memungkinkan Anda untuk memulihkan data jika terjadi bencana.
  • Kontrol atas akses data: Cloud hosting memberikan Anda kontrol penuh atas akses data. Hal ini memungkinkan Anda untuk melindungi data sensitif dari akses yang tidak sah.
  • Mencegah downtime: Cloud hosting dapat membantu mencegah downtime, karena sumber daya komputasi dapat dialihkan ke server lain jika terjadi masalah pada server utama.

Jika Anda membutuhkan layanan cloud hosting yang aman dan tepercaya, Anda dapat memilih layanan dari Cloud Raya.

Cloud Raya menyediakan layanan cloud hosting untuk segala kebutuhan dengan fitur flexible billing plan, user-friendly panel, manajemen yang mudah, perlindungan yang aman, dan 24/7 layanan yang bisa dihandalkan.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud