ARTICLE


Berbagai Jenis Hosting dan Perbedaannya

7 October 2020 by Marketing Cloudraya

Tahukah Anda terdapat perbedaan antara shared hosting, managed hosting, VPS hosting, dedicated hosting, and cloud hosting. Sayangnya masih ada banyak orang yang belum memahami fungsi dari setiap jenis layanan tersebut. Sehingga munculah persepsi yang salah kaprah perihal penggunaan paket hosted dari penyedia jasa.

Hosted sendiri merupakan media yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam data penting. Mulai dari tulisan skript, video sampai gambar. Sementara beberapa kalangan menyebutkan bahwa layanan tersebut bermanfaat bagi pemilik website. Utamanya agar website dapat menyimpan beragam konten. Sederhananya difungsikan sebagai lokasi penyimpanan konten situs website.

Bayangkan saat Anda mengunjungi sebuah situs untuk mengakses konten. Pernahkah Anda penasaran di manakah tempat semua data berupa gambar dan video disimpan? Padahal yang Anda lihat adalah tampilan luarnya saja. Gambar maupun video tersebut sudah terpampang di halaman website. Sehingga Anda tidak melihat penyimpanan data tersebut.

Padahal sebenarnya semua data tersimpan dalam hosting. Sehingga semua data tersebut aman digunakan setiap saat. Layanannya pun terbagi ke dalam beberapa paket. Oleh sebab itulah ada perbedaan antara shared hosting, managed hosting, VPS hosting, dedicated hosting, and cloud hosting yang perlu diperhatikan seperti berikut ini.

Perbedaan dari Segi Penggunaan

Untuk melihat masing-masing perbedaannya Anda bisa mencermati perihal penggunaannya. Tentu setiap jenis layanan hosted dibekali dengan beragam fungsi. Inilah yang membedakan layanan server tersebut. Pertama paket shared digunakan dengan sistem berbagai. Artinya pemanfaatannya dilakukan bersama. Penggunaanya berasal dari kalangan pengguna website pemula.

Sementara itu managed hosted merupakan layanan yang justru berbeda dengan jenis sebelumnya. Layanan ini digunakan untuk meminimalisir para pekerja yang mengelola sebuah website. Layanan tersebut berasal dari sistem shared kemudian diolah kembali. Pengelolaanya mengedepankan penggunaan sistem managed. Hal tersebut bisa terlihat dari namanya.

Perbedaan antara shared hosting, managed hosting, VPS hosting, dedicated hosting, and cloud hosting akan menjadikan Anda lebih selektif dalam memilih. Misalnya pada layanan ketiga yaitu VPS hosted. Pada paket tersebut umumnya mengedepankan sumber daya dari satu server fisik semata. Barulah kemudian dibagi kembali menjadi beberapa server kecil.  

Pada dedicated server justru berbeda dengan paket-paket sebelumnya. Pasalnya para pemakainya justru dari kalangan profesional yang membutuhkan layanan berkualitas tinggi. Layanan ini mengedepankan penyewaan server yang utuh alias tidak terbagi-bagi. Server kemudian diletakkan pada data senter tertentu. Sehingga biayanya pun biasanya lebih besar.

Di sisi lain penyimpanan cloud juga mempunyai perbedaan. Salah satunya dari segi pemakaiannya.  Paket tersebut mengedepankan sumber daya alias resource yang asalnya lebih dari satu server fisik. Bahkan server tersebut terpusat sehingga bisa berjalan maksimal secara bersamaan. Biasanya istilahnya disebut dengan sistem cluster.

Perbedaan dari Segi Pengertian

Perbedaan antara shared hosting, managed hosting, VPS hosting, dedicated hosting, and cloud hosting dapat dicermati dari pengertiannya. Semua jenis layanan tersebut mempunyai makna yang masih berkaitan dengan pengertiannya. Seperti shared host dimaknai sebagai layanan yang didedikasikan untuk kalangan pengguna server sejenis. Sehingga trafict datanya terbatas.

Perbedaan lain juga ada pada hosted yang dimanaged ulang. Paket tersebut dimaknai sebagai layanan yang disediakan oleh perusahaan jasa. Fokus pada layanan ini adalah mengembangkan website. Untuk kategori ini juga terbagi ke dalam tiga kategori. Ketiganya yaitu semi, fully dan layanan shared.

VPS berarti virtual private server. Paket tersebut dimaknai sebagai layanan bersumber dari satu jenis server saja. Jenis layanan tersebut sebenarnya hampir mirip dengan shared. Namun, perbedaan antara shared hosting, managed hosting, VPS hosting, dedicated hosting, and cloud hosting lebih menonjol pada pembagian sumber daya.

Lain lagi dengan pengertian penyimpanan data deditated. Layanan satu ini merupakan media penyimpanan yang digunakan secara utuh. Dalam hal ini data senter memiliki peran penting. Pasalnya data center menjadi pusat kendali dari server yang digunakan. Artinya layanan servernya hanya digunakan untuk satu pengguna.

Setiap pembeda yang dimiliki paket layanan hosted sebenarnyamudah dicermati oleh penggunanya. Penyimpanan cloud misalnya diandalkan penggunanya lantaran menggunakan teknologi cluster. Sehingga apabila salah satu server down masih bisa dibantu dengan yang lain. Sistem berteknologi terbaru ini dipercaya efektif memaksimalkan uptime.

Perbedaan dari Segi Keunggulan

Berbicara mengenai perbedaan antara shared hosting, managed hosting, VPS hosting, dedicated hosting, and cloud hosting erat kaitannya dengan sisi kelebihan. Bahkan keunggulan tersebut juga menjadi pembeda. Penyimpanan sejenis shared pun unggul dalam hal harga. Bisa dibilang dari semua macamnya layanan tersebut termasuk paling murah.

Memang tidak salah jika paket shared dihargai lebih terjangkau. Pasalnya fiturnya dibuat untuk kalangan pemula. Wajar jika hal tersebut berbeda dengan server yang dimanaged ulang. Jenis tersebut justru unggul dalam hal pengelolaan server. Umumnya layanan ini memungkinkan Anda mengelola sendiri server untuk tujuan bisnis.

Bagaimana dengan Virtual Private Server? Untuk paket pengelolaan penyimpanan ini juga tidak kalah dengan lainnya. VPS sendiri lebih unggul di bagian konfigurasi keamanan. Anda juga berkesempatan mendapatkan akses root. Artinya Anda sebagai pengelola dapat mengendalikan pengaturan sesuai dengan kebutuhan. Seiring waktu kapasitasnya pun dapat dikembangkan.

Perbedaan antara shared hosting, managed hosting, VPS hosting, dedicated hosting, and cloud hosting tampak pada keunggulan utamanya. Sama halnya dengan kelebihan utama penyimpanan dedicated. Paket tersebut unggul dalam hal penggunaan sistem operasi dan kontrol panelnya. Berkat server fisik Anda lebih cepat melakukan pengaturan standar.

Terakhir masih ada kelebihan yang terdapat pada sistem penyimpanan gaya cloud. Paket ini terlihat unggul pada bagian skalabilitas serta fleksibilitasnya. Dengan kata lain penggunanya bisa melakukan penambahan sumber daya jika dibutuhkan. Selain itu terdapat backup pada layanan tersebut yang memungkinan Anda terhindar dari kehilangan data.

Perbedaan dari Segi Harga

Harga tentu menjadi salah satu hal yang kerap dipertimbangkan saat seseorang hendak berlangganan paket. Namun bagaimanakah dengan kelima jenis layanan di atas? Tentunya masing-masing penyedia jasa memberikan variasi biaya langganan yang berbeda. Apalagi mengingat tiap paket disertai dengan fitur. Lengkapnya fitur biasanya mempengaruhi harga.

Lihatlah perbedaan antara shared hosting, managed hosting, VPS hosting, dedicated hosting, and cloud hosting dari segi harganya. Hal tersebut dapat membantu Anda agar mendapatkan layanan sesuai kebutuhan. Apabila pengguna berasal dari kalangan yang tidak membutuhkan ruang penyimpanan terlalu besar sebaiknya memilih jenis shared.

Pasalnya harganya lumayan terjangkau jika dibandingkan dengan yang lain. Meski begitu fitur di dalamnya lumayan mencukupi kebutuhan website. Sementara bagi kalangan yang ingin menggunakan website sebagai sarana bisnis maka VPS lebih disarankan. Bila dilihat dari harganya tentu paket tersebut mempunyai biaya langganan lebih mahal.

Namun, bila Anda ingin mendapatkan fitur yang lengkap dengan berbagai jenis server tidak ada salahnya menggunakan managed hosted. Paket tersebut biasanya dihargai dengan kisaran harga lebih tinggi dari jenis shared. Namun cocok bagi Anda yang ingin menghemat sambil menggunakan hosting profesional.

Meski memiliki perbedaan namun sudah disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. Sehingga Anda bisa menikmati layanan tanpa harus terbebani dengan biaya langganan yang mahal. Beragam perbedaan antara shared hosting, managed hosting, VPS hosting, dedicated hosting, and cloud hosting bisa jadi pertimbangan Anda sebelum berlangganan.

Cloud Raya menyediakan layanan cloud hosting untuk segala kebutuhan dengan fitur flexible billing plan, user-friendly panel, manajemen yang mudah, perlindungan yang aman, dan 24/7 layanan yang bisa dihandalkan.

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya