ARTICLE



4 Keuntungan Memakai Cloud Hosting

8 September 2020 by Marketing Cloudraya

Banyak orang seringkali bertanya tentang apa sajakah keuntungan cloud hosting itu? Karena sebagian besar dari mereka tidak tahu fungsinya dari awal. Padahal hal tersebut sangat berguna sekali untuk memenuhi kebutuhan website. Di mana ada saatnya website Anda mungkin mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Sehingga jumlah pengunjungnya semakin banyak dan angka konversi serta transaksinya juga besar. Saat itu terjadi, maka Anda harus melakukan peningkatan layanan pada web hosting tersebut. Supaya situsnya bisa diakses dengan lancar dan cepat. Salah satunya bisa menggunakan teknologi cloud karena lebih mudah dipakai.

Teknologi ini sendiri adalah versinya shared hosting yang lebih lengkap. Karena bisa dipakai untuk beberapa server sekaligus. Dengan menggunakannya, proses loading sebuah website lebih seimbang. Begitu juga dengan uptime server yang maksimal. Itulah sebabnya kelebihan cloud hosting membuat situs Anda selalu online dan tidak down.

Melihat hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya daripada menggunakan layanan yang lainnya, web hosting ini jauh lebih menguntungkan dan memiliki banyak kelebihan. Maka dari itu di bawah ini akan kami berikan sedikit penjelasan tentang keuntungan cloud hosting, antara lain:

1. Teknologi Membuat Website Selalu Online 

Pada dasarnya kemampuan web hosting ini setara dengan VPS. Karena sama-sama memakai beberapa server sekaligus supaya dapat menampilkan sebuah website. Itulah sebabnya ketika dipakai akan membuat situs tidak down meskipun sedang ramai pengunjung. Dengan menggunakan sistem yang sama, umumnya teknologi cloud ini jauh lebih cepat.

Karena datanya ditransfer menggunakan server yang sangat responsif. Saat ada masalah dari salah satu jaringan server, maka datanya bisa langsung dikirim ke server yang lain. Sehingga bila dianalogikan, cara kerjanya seperti mobil pribadi yang lewat jalan tol. Jadi pengguna bebas melewati jalur mana saja yang dia inginkan.

Ini adalah salah satu keuntungan cloud hosting. Karena daripada menggunakan shared hosting, jelas cloud lebih baik. Saat menggunakan shared hosting, itu sama saja Anda naik kendaraan umum. Sehingga harus menunggu dulu sampai penumpangnya penuh baru berjalan. Belum lagi saat harus menurunkan penumpang, jadi sering berhenti.

Selain itu layanan ini juga beresiko mogok karena sangat jauh dari kata eksklusif, tidak seperti cloud. Yang pasti dengan memiliki teknologi cloud hosting bisa membuat Anda bebas mengakses situs dari manapun. Itu artinya hal ini tidak hanya sekedar memudahkan Anda secara teknis saja.

Namun pemanfaatannya juga sangat praktis karena bisa membantu kebutuhan pengelolaan supaya lebih maksimal dari mana saja dan kapan pun pengguna menginginkannya tanpa bantuan perangkat berat. Bila smartphone sudah dilengkapi dengan teknologi untuk mengelola website, maka itu bisa digunakan untuk mengontrol situs dari HP saja.

2. Website Lebih Mudah Dikontrol

Selain bisa membuat situs tidak down dan selalu online, keuntungan cloud hosting lainnya adalah juga akan membantu Anda dalam mengelola sebuah website agar lebih mudah. Karena di dalamnya sudah dilengkapi dengan berbagai macam pengaturan sehingga mirip seperti layanan shared hosting yang umumnya dipakai oleh orang-orang.

Dengan begitu pemilik website tidak akan kesulitan mengelola websitenya saat akan meningkatkan layanannya menjadi teknologi awan. Dalam hal ini layanannya tetap menggunakan control panel (cPanel) saat mengatur semua teknis yang terdapat pada web. Di samping itu ada fitur WordPress management yang berguna melakukan konfigurasi auto update.

Tidak hanya itu saja, fiturnya juga bisa membantu melakukan preview web sebelum akhirnya diudarakan ke publik. Lebih menariknya lagi adalah layanannya ternyata kompatibel terhadap web packages dan laravel. Dengan kedua perangkat lunak tersebut membuat keuntungan cloud hosting bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi web menggunakan PHP.

Poin yang paling penting dalam hal ini adalah Anda dapat menginstal platform dengan mudah hanya dalam sekali klik saja. Itu karena di dalamnya sudah dilengkapi dengan fitur bernama auto installer. Dari sinilah Anda bisa menggunakan berbagai macam platform yang dibutuhkan dengan mudah.

Misalnya saja seperti Joomla, WordPress, Drupal, Laravel, Weebly, dll. Jadi bisa dibilang bahwa cara kerjanya sangat fleksibel. Dengan menggunakan teknologi tersebut Anda bisa melakukan banyak kegiatan sekaligus dalam 1 perangkat saja. Itu artinya tidak perlu ada pengadaan perangkat PC yang banyak.

3. Teknologi Awan Memberikan Keamanan Tingkat Tinggi

Dari segi keamanan, keuntungan cloud hosting sudah tidak perlu diragukan lagi performanya. Karena teknologinya siap mengatasi semua masalah keamanan pada sebuah web. Itu karena di dalamnya sudah ada berbagai macam fitur keamanan yang bisa mengatasi masalah hacker dan malware. Setidaknya ada beberapa fitur keamanan yang tersedia.

Misalnya seperti CloudLinux OS, yaitu bisa menjaga agar tidak terjadi kebocoran data pribadi. Selain itu fitur ini juga berguna untuk melakukan update PHP rutin supaya web selalu terjaga dari celah keamanan terburuk yang bisa terjadi kapan saja. Ada juga proteksi malware & DDoS.

Sistem keamanannya bekerja dengan cara melakukan scan berkala supaya dapat dipastikan websitenya bebas dari malware. Sementara untuk perlindungan DDoS ini diberikan agar website terjaga dari serangan para hacker. Dalam hal ini tidak hanya sekedar keamanan internalnya saja yang terjaga, namun reputasi website dijamin aman.

Karena sudah ada sertifikat kelas dunia yang membuat keuntungan cloud hosting bisa menjadikan web selalu dianggap aman oleh search engine seperti Google. Dengan begitu reputasi dan ranking pencarian Anda bisa semakin meningkat. Terlebih didalamnya juga ada fitur restore data dan backup.

Sehingga pengguna bebas mengatur waktu yang diinginkan untuk melakukan back up data otomatis. Jadi Anda tidak perlu takut lagi akan kehilangan data-data penting. Pada dasarnya sistemnya dibuat supaya ketersediaan data dapat diperoleh secara maksimal hingga 24 jam.

4. Teknologi Awan Memiliki Layanan bantuan

Keuntungan cloud hosting lainnya adalah memiliki ketersediaan bantuan yang lengkap. Sehingga Anda tidak perlu pusing soal konfigurasi web ketika melakukan upgrade menjadi teknologi cloud. Umumnya pihak support siap memberikan bantuan untuk melakukan migrasi website. Sehingga pengguna tidak lagi memulainya dari nol.

Tidak hanya migrasi website saja, Anda akan mendapat bantuan customer service selama 24 jam penuh setiap hari. Jadi semua masalah yang berkaitan dengan web hosting akan diselesaikan dalam waktu itu juga. Jadi intinya adalah Anda butuh teknologi ini saat website mempunyai traffic yang tinggi.

Saat website mulai diakses hingga melebihi dari 100 ribu pengguna setiap hari, artinya situs tersebut harus di upgrade menggunakan teknologi cloud. Itulah sebabnya biasanya beberapa perusahaan, website pemerintah, dan institusi besar umumnya selalu menggunakan teknologi ini karena situsnya diakses banyak orang setiap hari.

Bila tidak ingin servernya down, maka teknologi ini harus digunakan dengan baik secepat mungkin. Terlebih bila webnya digunakan untuk mengumpulkan banyak data pengguna. Sehingga sangat penting sekali memanfaatkan teknologi ini dengan baik. Supaya Anda bisa mendapatkan keuntungan cloud hosting yang nyata.

Cloud Raya menyediakan layanan hosting bagi berbagai keperluan website Anda, mulai dari shared hosting, VPS, hingga dedicated cloud hosting. Tentunya layanan ini didukung layanan managed service oleh tim IT profesional selama 24/7. Konsultasikan kebutuhan Anda dan hubungi kami. Buka website www.cloudraya.com dan dapatkan informasi dan penjelasan lebih lengkap mengenai layanan Cloud Raya.

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya