ARTICLE


Cara untuk Menginstall WordPress di Cloud Hosting

17 August 2020 by Marketing Cloudraya

WordPress telah banyak digunakan oleh individu maupun pemilik bisnis untuk mengenalkan dan memasarkan produk dan layanan mereka secara online. WordPress merupakan salah satu platform open source populer untuk website. Website sendiri dapat diartikan sebagai ‘rumah’ ketika Anda memutuskan ingin memasarkan produk secara online. Dari website tersebut, pengunjung / visitor web dapat menemukan segala hal tentang bisnis Anda. Mulai dari profil perusahaan, jenis produk layanan, harga, lokasi, contact untuk dihubungi, jam kerja, event atau promo yang sedang berlangsung, dan lain sebagainya. WordPress seringkali digunakan sebagai dasar platform sebuah website. WordPress dapat digunakan untuk e-commerce, blog, website company profile, startup, dan lain sebagainya. 

Selain untuk keperluan website perusahaan dan e-commerce, WordPress cukup populer digunakan sebagai platform sebuah blog, baik untuk blog personal, bisnis, news dan media, dan lain sebagainya. Jadi apa keuntungan menggunakan platform WordPress untuk blog Anda?

Keuntungan Menggunakan WordPress untuk Blog

Dengan menggunakan platform WordPress untuk blog, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan menarik, diantaranya adalah : 

  1. Gratis / open source
    Keuntungan pertama adalah Anda tidak perlu mengeluarkan budget ekstra untuk membeli lisensi, karena WordPress merupakan platform open source dan sudah bisa Anda gunakan secara gratis. Namun untuk mengoperasikan dan memaksimalkan fitur-fiturnya, Anda tetap membutuhkan bantuan layanan domain dan hosting.

  2. Aman
    Keamanan blog dan website sangat penting, selain untuk mengamankan data, juga untuk keamanan transaksi keuangan dan informasi pribadi. Kelebihannya, WordPress selalu mengupdate jenis-jenis layanan keamanannya, selain itu juga banyak tersedia Plugins tambahan keamanan lainnya. 

  3. Dapat dioptimalkan dengan SEO
    Platform WordPress dilengkapi dengan pilihan berbagai Plugins diantaranya Plugins yang dapat mengoptimalkan SEO seperti Yoast SEO. Anda juga dapat menambahkan permalink pada body artikel dan halaman lain, serta menambahkan alt text pada gambar yang ada di blog.  

  4. Mudah digunakan dan user friendly
    Menu dan fitur yang ada pada dashboard sangat mudah dipahami dan dioperasikan. User bebas mengedit dan melakukan pengaturan lain pada blognya melalui fitur ini. Hebatnya lagi, semua editing dan pengaturan juga bisa Anda lakukan melalui smartphone. 

  5. Mudah dalam pengaturan dan pengelolaan
    Untuk melakukan kustomisasi website atau blog, Anda perlu mengeditnya melalui kode HTML. Namun bagi orang yang awam bahasa pemrograman, jangan khawatir karena WordPress telah menyediakan fitur ‘interface’ untuk memudahkan user dalam mengatur postingan, komponen, maupun tata letak blognya. 

  6. Fleksibel dan dinamis
    WordPress sangat mudah dikustomisasi dari tema hingga style website, dilengkapi beragam Plugins. Selain itu WordPress dapat diintegrasikan dengan berbagai platform dan layanan lainnya. Misalnya saja Google Analytics untuk melihat data traffic pengunjung website, serta Mailchimp untuk pengaturan email newsletter secara otomatis. 

  7. Banyak tersedia fitur dan pilihan Plugins
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, WordPress dilengkapi dengan berbagai macam Plugins dengan beragam fitur dan kegunaan. Anda tinggal menyesuaikan kebutuhan dan menginstall Plugins yang sesuai. 

  8. Pilihan pengelolaan administrator yang beragam
    Pengelolaan akses administrator website sangat penting karena berkaitan dengan keamanan website itu sendiri. WordPress menyediakan lima opsi untuk akses diantaranya adalah administrator, editor, penulis, kontributor, serta pelanggan. 

  9. Banyak pilihan custom tema
    Di WordPress Anda bebas mengganti tema sesuai dengan visi misi, tujuan blog, dan selera user. WordPress menyediakan ribuan tema gratis yang bisa Anda unduh dan aplikasikan pada website Anda. Selain itu, sebagian besar tema WordPress dapat dikustomisasi tanpa perlu memerlukan coding dan bahasa pemrograman, misalnya untuk merubah font, layout, dan lain sebagainya. 

  10. Ada banyak komunitas pengguna WordPress
    Anda bisa join event-event yang diselenggarakan oleh para komunitas pengguna WordPress, baik secara online maupun offline. Komunitas pengguna WordPress yang cukup populer diantaranya adalah Forum WordPress Indonesia.  

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Membuat WordPress
Sebelum memulai proses instalasi WordPress, sebaiknya Anda mempersiapkan terlebih dahulu apa saja yang diperlukan untuk membuat WordPress ini. Berikut beberapa diantaranya adalah :

  1. Alamat email aktif
  2. Nama domain yang akan digunakan
  3. Username
  4. Password
  5. Nama admin
  6. Nama database

Cara Install WordPress di Cloud Hosting
Jika Anda tidak menginginkan kerumitan dan kompleksitas dalam hal instalasi WordPress, Anda dapat menghubungi provider cloud hosting pilihan Anda untuk membantu melakukan konfigurasi ini. Namun ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan konfigurasi sendiri. Untuk memulai proses instalasi WordPress pada akun hosting Anda, WordPress memiliki fitur auto-installer pada cPanel, dimana dengan fitur ini, instalasi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah serta dapat segera aktif di akun hosting Anda. Berikut adalah beberapa cara dari sekian banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk instalasi WordPress :

  1. Menggunakan aplikasi auto installer pada cPanel Hosting
    Ada beberapa hosting provider yang menyediakan cPanel untuk manajemen akun. Dan ada beberapa aplikasi auto installer yang bisa digunakan melalui cPanel ini, diantaranya adalah Softaculous. Caranya cukup mudah :
    a. Masuk / login ke akun cPanel
    b. Pada dashboard admin cPanel, klik icon Softaculous
    c. Klik icon WordPress
    d. Muncul beberapa berbagai pengaturan pada layar install Softaculous WordPress
    e. Klik install WordPress dan isi data form penginstalan WordPress secara lengkap. Anda juga bisa memilih mengenai pengaturan protocol, domain, directory, site name, site description, username, password, dan email
  1. Install secara manual
    Selain menggunakan bantuan aplikasi auto installer pada cPanel, Anda juga dapat melakukan instalasi secara manual. Caranya adalah sebagai berikut :
    a. Download file setup WordPress
    b. Upload file WordPress melalui File Manager cPanel
    c. Buatlah database MySQL
    d. Aktifkan 5-minutes installation wizard WordPress

Pengaturan Selanjutnya setelah WordPress Selesai di Install
Setelah WordPress sukses terinstall, ada dua tahap lag untuk menyelesaikan blog WordPress Anda yaitu :

  1. Install tema WordPress
    Mulai kelola akun WordPress Anda dengan mengeksplorasi ribuan tema yang disediakan oleh WordPress. Anda dapat menyesuaikan tema sesuai dengan kebutuhan website. Tema-tema tersebut dapat Anda konfigurasi secara custom dan dapat ditambahkan detail-detail lain seperti informasi bisnis, identitas perusahaan / brand, detail produk, dan lain sebagainya. Untuk merubah tema, Anda cukup membuka panel admin WordPress dan klik ‘appearance’ kemudian pada halaman themes, klik ‘add new’.

  2. Install Plugins
    Ada berbagai macam jenis Plugins yang tersedia pada WordPress. Maksimalkan fungsi website Anda dengan menginstall Plugins yang sesuai dan dibutuhkan oleh website Anda. Untuk mengakses fitur ini, masuk ke dalam Direktori Plugin WordPress. Ada banyak fungsi fitur yang bisa Anda gunakan, yaitu seperti optimalisasi SEO, analytics web, menaikkan performa dan kecepatan website, dan lain sebagainya. 


WordPress merupakan platform self-hosted, sehingga performa blog akan sangat bergantung pada hosting provider pilihan Anda. Ada beberapa pertimbangan yang harus dipertimbangkan seperti performa website, memastikan waktu loading tidak lama, dan website tidak error jika terjadi traffic akses pengunjung yang tinggi. Maka dari itu, sangat penting memilih hosting provider yang terpercaya, aman, dan dapat diandalkan. Selain dari sisi hosting provider, Anda juga dapat melakukan maksimalisasi performa website dari sisi konten, yaitu diantaranya adalah memanage foto atau gambar yang ada pada konten-konten website dengan ukuran dan jumlah sedemikian rupa, sehingga waktu loading website tidak lama. 

Cloud Raya menyediakan layanan cloud hosting yang terbaik, terpercaya, andal, dan paling cocok bagi website Anda. Jangan lupa bahwa layanan Cloud Raya didukung tim IT profesional selama 24/7 yang sangat fast respon. Hubungi kami atau buka website www.cloudraya.com untuk mendapatkan detail informasi lebih lengkap mengenai produk dan layanan kami. 

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya