ARTICLE


10 Faktor Menentukan Hosting Terbaik

21 September 2020 by Marketing Cloudraya

Hosting adalah hal yang tidak dapat terpisahkan dari website, karena hosting merupakan ‘rumah’ bagi data-data dan aplikasi pada website. Hosting memungkinkan seseorang menyimpan data-data dalam websitenya kedalam server dan media penyimpanan virtual dengan bantuan internet. Kapasitas penyimpanan data pada hosting tidak terbatas, dan bisa diperbarui atau di upgrade  sesuai dengan kebutuhan. 

Website bisa dianalogikan sebagai ‘wajah’ bagi perusahaan atau bisnis yang sedang Anda jalankan. Jadi memilih layanan hosting adalah hal yang penting untuk website Anda. Pastikan layanan hosting benar-benar dapat diandalkan, sehingga performa website Anda tetap baik, berjalan normal, dan jauh dari risiko downtime. Untuk memahami lebih jauh mengenai layanan hosting yang baik dan apa saja kriterianya, mari kita simak penjelasan berikut ini. 

Pentingnya Hosting untuk Website

Sebuah website pasti memerlukan tempat untuk menyimpan semua data-datanya, baik berupa teks, gambar, video, dan lain sebagainya. Disini hosting berperan sebagai rumah bagi data-data tersebut. Bedanya, rumah ini tidak terlihat atau berbentuk virtual. Jadi data-data tersebut disimpan dalam server hosting yang terkoneksi dengan cloud computing melalui koneksi jaringan internet. 

Menyimpan data secara virtual melalui internet lebih memudahkan pengguna untuk mengakses data-datanya. Selain itu, proses pengambilan data juga dapat berjalan dengan cepat. Serta yang tak kalah penting adalah sistem keamanannya yang tinggi sehingga data tidak akan mudah rusak atau hilang karena terkena virus atau human error seperti pada media penyimpanan konvensional. 

Sangat penting untuk memastikan layanan hosting berjalan dengan lancar sehingga website yang kita kelola memiliki performa yang baik. Tentu kita tidak ingin pengunjung website kita pergi atau tidak jadi mengunjungi website karena website yang sering down bukan?

Jenis-Jenis Hosting berdasarkan Kebutuhan Website
Tujuan dibuatnya website tentu berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan website itu sendiri. Misalnya ingin membuat website untuk e-commerce, website perusahaan, blog, dan lain sebagainya. Tentunya kebutuhan hosting untuk masing-masing website ini berbeda-beda. Maka dari itu, sebelum menentukan hosting untuk sebuah website, ada baiknya untuk memahami jenis website dan kebutuhan hostingnya. 

  1. Blog pribadi lebih cocok menggunakan layanan shared hosting, karena kebutuhan hostingnya yang tidak terlalu banyak dan besar. Jadi berbagi layanan hosting / shared hosting sudah cukup untuk membuat performa blog terjaga. 

  2. Website perusahaan dan website proyek yang bersifat statis cocok menggunakan VPS, karena kebutuhan hostingnya tidak terlalu besar namun harus selalu stabil / uptime. Website-website dengan tipe seperti ini tentu lebih seringan diakses masyarakat sebagai portal informasi.

  3. Website e-commerce, toko online, portal berita, dan high-traffic blog menggunakan cloud hosting, karena kebutuhan hostingnya besar dan harus dedicated. Website-website dengan tipe seperti ini memerlukan media penyimpanan data yang cukup besar karena kuantitas data yang besar, serta data yang lebih sering diperbarui dan diakses. Selain itu, website jenis ini juga memerlukan tingkat keamanan yang lebih tinggi untuk melindungi transaksi keuangan dan data-data customer di dalamnya.

Kriteria Penting dalam Memilih Layanan Hosting
Ada beberapa indikator penting dalam menentukan layanan hosting yang sesuai untuk website yang dimiliki. Jadi beberapa indikator ini harus Anda pertimbangkan sebelum memilih hosting provider untuk website yang dimiliki. Beberapa kriteria tersebut terangkum dalam 4S, yaitu scalability, security, speed, support.

  • Scalability atau skalabilitas
    Kemampuan sebuah website dalam menangani beban traffic maupun penambahan traffic yang terjadi selama prosesnya secara terus menerus. Skalabilitas ini penting, yaitu untuk melihat dan menilai apakah sistem dan jaringan mampu menanggung beban traffic yang tinggi atau terus bertambah. Serta memastikan website tetap dapat berjalan dengan performa yang baik.

  • Security atau keamanan
    Keamanan website cukup penting untuk melindungi data-data yangs ensitif agar aman dari risiko cyber crime. Pastikan website memiliki lapisan perlindungan yang baik seperti adanya proteksi malware, DDoS, SSL atau enkripsi, dan lain sebagainya.

  • Speed atau kecepatan
    Performa server juga harus dipertimbangkan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi server antara lain adalah bandwidth, storage, serta bisa juga berupa plugin untuk optimasi kecepatan website.

  • Support atau dukungan tim teknis
    Website memerlukan dukungan tim teknis untuk menjaga jika sewaktu-waktu terjadi error yang memerlukan penanganan secara cepat. Pastikan tim support tersebut mudah dihubungi dari berbagai platform (live chat, email, telepon), fast respon, serta tersedia selama 24/7.  

10 Faktor Menentukan Hosting Terbaik

Memilih dan menentukan provider penyedia layanan hosting yang terpercaya dan dapat diandalkan memang bukan persoalan yang mudah. Namun, ada beberapa tips berikut ini yang bisa Anda terapkan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan website Anda. 

  1. Performa server / waktu uptime
    Performa server yang terjaga dapat memastikan website dapat diakses dan berjalan dengan baik. Tentunya hal ini juga dapat mempengaruhi waktu uptime sebuah website. Waktu uptime yang tinggi memungkinkan website dapat dikunjungi kapanpun oleh visitor bahkan ketika high traffic. Lokasi server juga perlu diperhitungkan, dan akan lebih baik jika hosting website yang dikelola berada dalam satu negara dengan provider penyedia server tersebut.
    Anda juga perlu memperhatikan spesifikasi server dalam data center provider hosting Anda. Misalnya saja teknologi yang digunakan, kecepatan dan jenis processor, kapasitas RAM, harddisk yang menggunakan SSD atau tidak, network speed, dan lain sebagainya. 

  2. Spesialisasi dan jenis layanan
    Dalam memilih hosting yang baik, Anda perlu melihat provider penyedia hosting ini apakah sudah terpercaya dan memang sudah memiliki histori layanan hosting yang baik. Ada beberapa provider mengatakan mampu memberikan layanan hosting terbaik, namun ternyata kurang cocok diaplikasikan pada jenis website tertentu. Itulah sebabnya Anda perlu melihat spesialisasi hosting provider tersebut, karena tidak semua web hosting cocok bagi tujuan bisnis, misalnya untuk perkembangan bisnis, maupun kebutuhan hosting untuk bisnis kecil dan startup. Perlu juga dilihat apakah provider tersebut mampu memberikan layanan dedicated hosting, cloud hosting, maupun VPS dan shared hosting. 

  3. Fitur keamanan
    Dengan hosting, berarti Anda mempercayakan data-data penting dalam website kepada pihak ketiga, atau hosting provider. Maka dari itu, perlu melihat apakah provider tersebut memiliki standar keamanan untuk data-data pelanggannya, khususnya data website yang terhosting dalam server cloud storage. Bagaimana cara provider menghindari serangan keamanan / cyber crime, bagaimana tindakan preventifnya, serta bagaimana disaster recovery plannya. Pastikan juga hosting provider tersebut juga telah memiliki fitur keamanan dari yang standar mulai dari Firewall, hingga yang spesifik seperti end to end security. Pilih hosting provider yang mengutamakan keamanan data customernya. Hal yang tak kalah penting adalah temukan hosting provider yang siap dan mampu membantu Anda misalnya terjadi hal yang tidak diinginkan terhadap website. 

  4. Layanan support 24/7
    Pilih hosting provider yang selalu siap dan mudah dihubungi selama 24/7, tidak lupa, tim IT teknis yang fast respon. Seperti yang kita ketahui, website yang down beberapa menit saja sudah mampu memberikan kerugian yang cukup besar bagi pemiliknya. Maka dari itu, waktu pemulihan dan perbaikan cukup penting bagi sebuah website. Dengan adanya tim teknis yang mudah dihubungi selama 24/7 memungkinkan Anda dapat menghandle error yang ada pada website kemudian memulihkannya dengan lebih cepat. 

  5. Layanan upgrade
    Penting untuk memahami bahwa ada kemungkinan bahwa kebutuhan hosting Anda akan meningkat. Maka dari itu pilihlah hosting provider yang memungkinkan Anda untuk melakukan upgrade layanan. Namun akan lebih baik apabila terlebih dahulu Anda memahami berapa besar kebutuhan resource hosting yang diperlukan. Anda juga bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu kebutuhan ini kepada tim ahli dari hosting provider pilihan Anda sehingga menemukan layanan yang benar-benar cocok dengan yang Anda butuhkan. 

  6. cPanel yang mudah digunakan
    Untuk memudahkan Anda dalam mengelola website, diperlukan tools berupa dashboard dimana interaksi Anda dengan data dalam website dapat diakses dari sana. cPanel merupakan tools yang akan memudahkan Anda dalam mengelola website, mulai dari instalasi, membuat email, hingga maintenance website. Pilihlah hosting yang memiliki kontrol panel sederhana yang mudah dioperasikan, seperti cPanel yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap. 

  7. Fitur Add-ons
    Ada beberapa layanan hosting tambahan seperti fitur add-ons yang terkadang penting dan menarik bagi pemilik website yang ingin hosting websitenya. Fitur add-ons ini yang akan membuat website semakin menarik, seperti misalnya energy-saving, otomatis backup secara berkala, free domain privacy, dan lain sebagainya.

  8. Harga dan biaya perpanjangan
    Harga menjadi salah satu pertimbangan penting bagi pemilik website yang ingin memilih layanan hosting. Mungkin sebagian besar harga untuk domain selama satu tahun cukup terjangkau. Namun perlu dicek apakah layanan tersebut telah mencakup penambahan domain, mungkin hingga 10 sub domain. Selain itu juga perlu diperhatikan mengenai harga hosting dan biaya perpanjangannya. Pastikan untuk selalu masuk dalam budget yang telah Anda tetapkan. Jangan tergiur layanan hosting yang sangat baik dan menarik namun belum sesuai dengan budget Anda. Atau sebaiknya, tergiur hosting yang terjangkau tapi layanannya kurang sesuai dan tidak memuaskan, atau memiliki biaya perpanjangan yang cukup tinggi. 

  9. Hardware dan software
    Faktanya hardware dapat mempengaruhi kinerja server. Jadi perlu untuk mengetahui jenis server yang digunakan oleh provider hosting. Apakah telah menggunakan prosesor, RAM, serta hardisk yang terbaru atau belum. Hal ini juga berlaku untuk software, apakah hosting provider tersebut telah menggunakan software dan teknologi terbaru dalam layanan hostingnya. 

  10. Testimoni customer
    Review dari pelanggan bisa menjadi acuan jika Anda kurang yakin dalam memilih sebuah layanan hosting pada provider tertentu. Luangkan waktu untuk membaca-baca testimoni customer yang telah menggunakan jasa layanan hosting tersebut. Selain itu, baca juga keterangan, informasi, serta spesifikasi layanan yang terdapat dalam website sebuah hosting provider. 

Dapat disimpulkan bahwa dalam memilih layanan hosting yang tepat adalah dengan menyesuaikannya dengan kebutuhan website itu sendiri. Cloud Raya menyediakan layanan hosting bagi berbagai keperluan website Anda, mulai dari shared hosting, VPS, hingga dedicated cloud hosting. Tentunya layanan ini didukung layanan managed service oleh tim IT profesional selama 24/7. Konsultasikan kebutuhan Anda dan hubungi kami. Buka website www.cloudraya.com dan dapatkan informasi dan penjelasan lebih lengkap mengenai layanan Cloud Raya.

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya