Ketahui Cara Memilih Hosting Terbaik di Indonesia

Cara Memilih Hosting Terbaik di Indonesia

Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan hosting diantaranya terdiri dari beberapa hal. Hosting sendiri merupakan wadah yang digunakan untuk menyimpan data dalam sebuah website. Biasanya fitur yang disediakan tergantung dari provider. Meski bisa mendapatkan fitur sesuai keinginan namun Anda tetap perlu memilih layanan terbaik.

Apa itu hosting

Hosting adalah layanan yang menyediakan infrastruktur dan teknologi untuk menyimpan dan membuat situs web atau aplikasi web dapat diakses melalui internet. Hosting memungkinkan pengguna untuk menyimpan berbagai jenis konten web seperti file HTML, gambar, video, dan skrip, sehingga konten tersebut dapat diakses oleh pengguna dari seluruh dunia.

Secara umum, hosting web melibatkan penyedia layanan hosting menyediakan server atau ruang server virtual dimana situs web dapat diunduh dan diakses. Layanan hosting ini sering kali mencakup fitur seperti penyimpanan data, bandwidth, dukungan teknis, dan alat manajemen situs web. Ada berbagai jenis hosting yang tersedia, termasuk shared hosting, virtual private server (VPS) hosting, dedicated hosting, dan cloud hosting, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangan tersendiri tergantung kebutuhan pengguna.

Cara pemilihan hosting yang tepat

Mengapa Anda harus memperhatikan layanan hosting? Alasan pertama adalah banyaknya provider yang memberikan tawaran. Beberapa provider barangkali menawarkan layanan penyimpanan digital lengkap dengan fitur.

Sayangnya tidak semua fitur Anda butuhkan dalam membangun sebuah website. Apalagi bagi kalangan yang mengembangkan website untuk kebutuhan bisnis.

Tentunya pebisnis mengelola website untuk toko online membutuhkan ruang besar. Hal ini dikarenakan mereka harus menyimpan berbagai macam data. Seperti data pelanggan, produk barang maupun jasa serta berbagai gambar dan video. Sehingga ada faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan hosting bagi kalangan pebisnis tersebut.

Alasan kedua yaitu biaya selama menggunakan hosting tersebut. Paket layanan ini pada umumnya terbagi ke dalam variasi harga. Mulai dari layanan fitur standar yang dihargai lebih murah. Begitu pula sebaliknya paket fitur lengkap memerlukan biaya besar.  Agar tidak salah pilih hosting berikut ada beberapa macam pertimbangan.

Sedang Memilih hosting terbaik

1. Penentuan kebutuhan

Sebelum Anda mulai mencari penyedia hosting, penting untuk memahami kebutuhan Anda dengan baik. Ini termasuk jenis situs web atau aplikasi yang Anda bangun, apakah itu blog pribadi, toko online, situs berita, atau aplikasi bisnis. Anda juga perlu memperkirakan jumlah pengunjung yang diharapkan, karena ini akan memengaruhi kebutuhan sumber daya hosting seperti CPU, RAM, dan bandwidth.

2. Skalabilitas

Situs web Anda mungkin tumbuh seiring waktu, jadi penting untuk memilih penyedia hosting yang dapat menawarkan skalabilitas. Pastikan penyedia hosting memiliki opsi untuk dengan mudah meningkatkan atau menurunkan sumber daya seperti CPU, RAM, dan penyimpanan sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Kecepatan 

Salah satu hal sebaiknya dicermati sebelum memilih layanan yaitu kecepatan hostingnya. Kecepatan lebih dikenal dengan istilah load time speed website. Artinya teknologi yang nantinya Anda pilih sudah harus mendukung kecepatan website untuk para penggunanya. Umumnya kebanyakan pengunjung situs beralih ke website lain saat lemot.

Singkatnya bila dalam kurun waktu lebih dari tiga detik situs tetap loading mereka akan meninggalkan website tersebut. Oleh sebab itu jika Anda berniat mengelola situs untuk menarik banyak pengunjung gunakan hosting dengan kecepatan tinggi. Hal tersebut penting untuk menghindari adanya loading time dengan waktu lama.

Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan hosting tersebut juga berkaitan dengan teknologi SERP. Rupanya mesin Google memilih kecepatan akses website sebagai salah satu acuan algoritma. Utamanya untuk website dengan tingkat rank yang tinggi pada kategori SERP. Sudahkah situs Anda berkecepatan tinggi saat dikunjungi pengguna internet?

Tidak heran apabila Anda menemukan situs berkecepatan tinggi berada di rank atas. Kebijakan tersebut memang mengacu pada kecepatan akses ke dalam situs. Sehingga website bisa berada di halaman pertama pada Google. Dengan demikian Anda pun perlu memilih penyedia hosting yang menyediakan kecepatan akses tinggi. 

Mengingat hosting merupakan tempat digital guna menampung data Anda di dalam website. Anda pun tidak boleh melupakan perihal kecepatan server tersebut. Apabila website sangat mudah dan cepat diakses maka ratusan bahkan ribuan pengunjung berdatangan setiap harinya. Hal ini membuktikan Anda selangkah lebih maju dari kompetitor.

4. Uptime

Waktu operasional (uptime) yang tinggi adalah kunci untuk memastikan situs web Anda tetap dapat diakses oleh pengguna. Saat mencari penyedia hosting, pastikan untuk memeriksa jaminan uptime yang mereka tawarkan. Idealnya, Anda ingin memilih penyedia hosting yang menawarkan jaminan uptime sekitar 99,9% atau lebih baik.

5. Dukungan teknis

Ketika Anda menghadapi masalah atau pertanyaan, dukungan teknis yang responsif dan kompeten sangat penting. Pilihlah penyedia hosting yang menawarkan dukungan 24/7 melalui berbagai saluran komunikasi seperti obrolan langsung, tiket dukungan, atau telepon. Pastikan juga tim dukungan memiliki pengetahuan teknis yang cukup untuk membantu Anda menyelesaikan masalah dengan cepat dan efisien.

6. Keamanan akses server

Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan hosting yaitu perihal keamanan. Hampir semua penyedia server hosting menawarkan sistem keamanan. Sayangnya hal tersebut belum tentu menjamin server yang Anda gunakan memiliki kemampuan dalam mengamankan data. Hal ini mengingat website adalah tempat menyimpan semua jenis data.

Saat mengembangkan website bisnis misalnya. Pemiliknya akan mengisi situs tersebut dengan berbagai macam informasi sesuai kebutuhan konten. Tidak hanya itu data penting juga digunakan guna menyempurnakan tampilan website. Informasi penting tidak luput dari data yang tersimpan di dalam situs. Pasalnya semua hal tersebut mempengaruhi pengunjung.

Semakin bagus tampilan luarnya biasanya pengunjungnya lebih banyak. Minat pengunjung untuk berselancar di dalam situs tersebut juga meningkat. Oleh sebab itu penting bagi Anda mencermati faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan hosting. Calon pengguna tidak ada salahnya memastikan keamanan dari layanan yang dipilih.

Salah satu standar keamanan digunakan pada umumnya sudah tersertifikasi ISO 27001. Sistem keamanan ini sudah dibekali dengan teknologi canggih dan berkelas. Sistemnya efektif dalam mengamankan data penting dalam website dengan Anda. Sehingga dengan kata lain mampu memberikan keamanan dari ancaman malware dan hacker.

Selain itu masih ada Imunify 360 AI Security. Sistem keamanan ini memungkinkan server dilindungi oleh machine learning dari Imunify 360. Salah satu perannya adalah bekerja dengan cepat dalam mengantisipasi adanya serangan malware maupun cyber terbaru. Bukan hanya itu layanan sebaiknya dibekali dengan SSL level A plus.

7. Fitur tambahan

Selain fitur inti seperti ruang penyimpanan dan bandwidth, perhatikan juga fitur tambahan yang ditawarkan oleh penyedia hosting. Ini bisa termasuk pencadangan data otomatis, alat manajemen situs web seperti panel kontrol yang mudah digunakan, pilihan bahasa pemrograman yang didukung, dan layanan tambahan seperti email hosting.

8. Reputasi provider

Lakukan riset tentang reputasi penyedia hosting sebelum Anda membuat keputusan. Baca ulasan dari pengguna yang sebelumnya atau saat ini untuk mendapatkan wawasan tentang pengalaman mereka dengan penyedia hosting tertentu. Periksa juga riwayat ketersediaan dan kecepatan server penyedia hosting untuk memastikan bahwa mereka dapat memberikan layanan yang andal.

9. Harga Paket Layanan Hosting

Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan hosting lainnya adalah rentang harga. Bukan rahasia umum jika ada banyak tawaran mengenai layanan satu ini. Termasuk perihal harga digadang sesuai dengan kantong calon penggunanya. Lantas apakah hosting dengan mahal memiliki kualitas terbaik? Atau malah justru sebaliknya?

Sebenarnya penyedia layanan memiliki kebijakan masing-masing dalam menetapkan harga. Sehingga tingkatan mahal maupun terjangkau tidak selalu menjadi patokan kualitas layanan. Namun, pada umumnya penyedia layanan memberikan harga sesuai dengan fitur di dalamnya. Sehingga Anda bisa berpatokan kepada paket fitur yang disediakan pada level hosting.

Level layanan paket unlimited misalnya dihargai dengan kisaran tinggi. Pasalnya biasanya layanan tersebut dibutuhkan oleh kalangan profesional. Seperti para pebisnis memerlukan dukungan hosting terbaik. Bahkan ruang penyimpanan besar dan terlindungi dari adanya serangan malware. Sebaliknya layanan dengan harga terjangkau bukan berarti tidak berkualitas.

Hanya saja paket layanan tersebut kemungkinan hanya didukung dengan fitur sederhana. Artinya fitur dasar menjadi prioritas dalam layanan ini. Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan hosting ini erat kaitannya dengan besar tidaknya ruang penyimpanan. Paket hosted yang menyediakan ruang penyimpanan besar biasanya dihargai lebih mahalSementara itu ruang penyimpanan standar juga terjangkau untuk kalangan pemula. Pasalnya kalangan pemula tidak membutuhkan ruang simpan data cloud yang besar layaknya pebisnis. Biasanya website pemula hanya digunakan untuk tujuan pembelajaran. Data yang disimpan pun tidak terlalu memenuhi ruang penyimpanan website tersebut.

10. Jenis hosting

Ada berbagai jenis hosting yang tersedia, termasuk shared hosting, VPS hosting, dedicated hosting, dan cloud hosting. Lakukan pemilihan hosting yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan pertimbangan kelebihan serta kekurangannya. Misalnya, shared hosting mungkin cocok untuk situs web kecil dengan lalu lintas rendah, sementara VPS atau cloud hosting lebih cocok untuk situs web yang membutuhkan lebih banyak sumber daya atau kontrol yang lebih besar.

11. Kemudahan akses pengguna

Ingin mendapatkan layanan memuaskan? Pastikan terlebih dahulu penyedia server Anda memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Maksudnya adalah pihak penyedia layanan sudah sewajarnya memprioritaskan kebutuhan para penggunanya. Misalnya seperti resource yang mudah di monitor. Bahkan penginstalan software haruslah dilakukan dengan sangat mudah.

Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan hosting terakhir ini mengarah pada akses semua fitur dengan mudah. Artinya fitur lengkap saja ternyata tidaklah cukup. Pasalnya fitur layanan yang diberikan juga harus mudah dipahami dan dijalankan para penggunanya. Dengan begitu paket tersebut memiliki tingkat efektivitas tinggi.

Jenis hosting yang perlu diketahui

Terkait dengan poin-poin yang telah dijelaskan sebelumnya, penting untuk mempertimbangkan berbagai jenis hosting yang tersedia saat memilih solusi yang tepat untuk kebutuhan situs web Anda. Berikut beberapa jenis hosting yang perlu Anda ketahui.

1. Managed WordPress

Managed WordPress hosting adalah opsi khusus untuk pemilik situs web WordPress. Penyedia hosting mengelola semua aspek teknis seperti pembaruan perangkat lunak, keamanan, dan pencadangan, sehingga Anda dapat fokus pada konten dan pengembangan situs web Anda. Ini membuatnya cocok untuk pemilik situs web WordPress yang ingin menghindari kerumitan teknis.

2. Reseller

Reseller hosting memungkinkan pengguna untuk menjual ruang server dan sumber daya hosting kepada klien mereka sendiri. Ini cocok untuk agensi web atau pengembang yang ingin menawarkan layanan hosting kepada klien mereka sebagai bagian dari paket layanan yang lebih besar. Dengan reseller hosting, Anda dapat mengontrol harga dan fitur yang Anda tawarkan kepada klien Anda.

3. Shared

Shared hosting adalah opsi yang populer untuk pemula atau situs web kecil yang memiliki lalu lintas rendah. Dalam shared hosting, beberapa situs web berbagi sumber daya yang sama pada satu server fisik. Hal ini membuatnya menjadi opsi yang terjangkau karena biaya dibagi di antara banyak pengguna. Namun, karena sumber daya server dibagi, kinerja situs web Anda mungkin dapat dipengaruhi oleh situs web lain yang menggunakan server yang sama.

4. Virtual Private Server (VPS)

VPS hosting menawarkan tingkat kontrol yang lebih besar daripada shared hosting. Dalam VPS hosting, satu server fisik dibagi menjadi beberapa server virtual yang terisolasi, masing-masing dengan sumber daya yang ditentukan dan dapat dikonfigurasi secara independen. Ini membuatnya cocok untuk situs web yang memerlukan lebih banyak fleksibilitas dan skala, tetapi tidak memerlukan sumber daya penuh dari server fisik.

5. Dedicated

Dedicated hosting menawarkan tingkat kontrol paling tinggi dan kinerja maksimum karena Anda menyewa seluruh server fisik untuk satu situs web atau aplikasi. Ini membuatnya cocok untuk situs web atau aplikasi dengan lalu lintas tinggi atau kebutuhan khusus yang memerlukan sumber daya yang signifikan dan keamanan yang kuat.

6. Cloud

Cloud hosting menggunakan infrastruktur cloud untuk menyediakan layanan hosting. Ini terdiri dari beberapa server fisik yang bekerja bersama-sama untuk menyediakan sumber daya hosting. Keuntungan utama cloud hosting adalah skala yang mudah dan cepat, karena sumber daya dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Hal ini membuatnya cocok untuk situs web dengan lalu lintas yang berfluktuasi atau aplikasi yang memerlukan elastisitas dan ketersediaan yang tinggi. Pelajari lebih lanjut jenis hosting ini dalam artikel Mengenali Apa itu Cloud Hosting dan Keunggulannya berikut.

colocation hosting terbaik

7. Colocation

Colocation hosting memungkinkan Anda untuk menyimpan server fisik Anda sendiri di pusat data penyedia hosting dan menggunakan infrastruktur mereka. Anda bertanggung jawab atas perangkat keras dan perangkat lunak server Anda sendiri, sementara penyedia hosting menyediakan sambungan internet, listrik, dan pendinginan. Ini cocok untuk perusahaan besar atau organisasi yang memiliki server fisik sendiri dan memerlukan lingkungan yang aman dan terkelola untuk menyimpannya.

Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih hosting terakhir ini mengarah pada akses semua fitur dengan mudah. Artinya fitur lengkap saja ternyata tidaklah cukup. Pasalnya fitur layanan yang diberikan juga harus mudah dipahami dan dijalankan para penggunanya. Dengan begitu paket tersebut memiliki tingkat efektivitas tinggi.

Untuk menghindari adanya kesulitan saat mengakses fitur sebaiknya pilih yang menyediakan tutorial. Video maupun informasi bimbingan penggunaan fitur hosted memang terdengar sepele. Namun siapa sangka hal tersebut merupakan salah satu bagian penting dalam layanan. Dalam hal ini sistem cPanel menjadi pertimbangan Anda sebelum memilih layanan.

Sistem cPanel biasanya digunakan untuk mengatur serta menjalankan layanan hosting website. Kalangan web developer umumnya lebih membutuhkan dukungan cPanel. Selain itu kemudahan akses juga harus ditunjang dengan adanya layanan customer support. Sehingga bisa membantu Anda saat mengalami kesulitan. Terutama saat terjadinya downtime website. 

Pada akhirnya menggunakan layanan hosted dilakukan demi menunjang kelancaran aktivitas di dalam website. Oleh sebab itu menentukan hosted bermutu dan terjamin sangat penting. Semua itu bisa didapat dengan mencermati ragam faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan hosting di atas.

Dalam perjalanan Anda dalam pemilihan hosting yang tepat, CloudRaya menawarkan berbagai produk dan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Salah satu solusi unggulan kami adalah WHM cPanel. Dengan antarmuka yang ramah pengguna dan fitur-fitur yang lengkap, Anda dapat dengan mudah mengatur dan mengelola situs web Anda dengan efisien. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan CloudRaya sebagai mitra hosting Anda untuk memastikan kesuksesan situs web atau aplikasi Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud