ARTICLE
Keunggulan Menggunakan VPS Windows yang Perlu Diketahui

Keunggulan Menggunakan VPS Windows yang Perlu Diketahui

15 Maret 2022 by Marketing Cloudraya

Sebagian besar tentu sudah tak asing lagi dengan Windows yang tak lain merupakan sistem operasi pada perangkat komputer, namun bagaimana dengan VPS Windows?

Nah, Jika Kamu ingin tau mengenai pengertian, keunggulan hingga fungsinya, yuk simak ulasannya berikut ini!

Apa itu VPS Windows?

VPS Windows merupakan jenis server virtual yang berguna untuk menyimpan file dan juga data pada website. Lebih spesifik, VPS Windows dirancang untuk menjalankan berbagai aplikasi yang berbasis Windows.

VPS biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang mempunyai banyak website. Alasannya, karena VPS memiliki tempatnya masing-masing seperti RAM, Disk Space, dan CPU yang tidak terbagi-bagi satu sama lain. Sehingga membuat performa pada website tetap stabil atau tidak down.

Fungsi VPS Windows

Adapun beberapa fungsi VPS Windows antara lain:

1.    Server Database

Server database merupakan server yang berfungsi menyimpan serta mengelola data. Sederhananya, database bisa lebih cepat dalam mengidentifikasi, mengontrol, dan menyimpan data menjadi lebih aman, serta dapat diakses oleh beberapa user.

2.    Server Backup

Server backup berguna untuk duplikat atau menyimpan data cadangan yang didapat dari device. Hal ini tentu saja dapat mencegah hilangnya data-data penting.

3.    Active Directory

AD DS atau Active Directory Domain Service merupakan suatu layanan yang memungkinkan penggunanya melakukan kegiatan administrasi jaringan secara terpusat. Biasanya, perusahaan-perusahaan yang menggunakan layanan ini untuk keperluan pengelolaan data-data penting mengenai identitas perusahaan tersebut.

4.    Hosting Website

VPS Windows tentu saja berguna untuk hosting website. VPS Windows mempunyai berbagai fitur pendukung dalam menggunakan website salah satunya fitur pembuatan aplikasi Web semacam ASP.NET.

Perbandingan VPS Windows dengan VPS Linux

Apabila Kamu masih merasa kurang yakin terhadap VPS Windows, berikut ini perbandingannya dengan VPS Linux sebagai bahan pertimbangan.

1.    Penggunaan

VPS Windows mengusung Graphical User Interface (GUI), yang tampilannya mempunyai ikon dan keterangan sehingga memudahkan pengguna untuk memahami tombol beserta fungsinya masing-masing. Hal ini tentu sangat berguna terutama bagi pemula.

Sementara VPS Linux menggunakan Command Line Interface (CLI). Pengguna tentu perlu mengetahui beberapa fungsi yang ingin dijalankan pada server. Tentu saja CLI lebih cocok untuk yang memiliki pengetahuan lebih tinggi.

2.    Bantuan

User yang menggunakan VPS Windows bisa memanfaatkan Tim Microsoft ketika membutuhkan bantuan dalam hal apapun. Selain itu, Windows secara rutin kerap melakukan update serta perbaikan sistem.

Sedangkan pengguna VPS Linux harus bergantung pada komunitas jika menginginkan bantuan, yang akan didapatkan dari forum melalui tanya jawab.

3.    Control Panel

Sebagian besar tentu tau, bahwa control panel merupakan alat penting yang dapat mempermudah pengaturan server. VPS Windows memiliki pilihan beberapa jenis control panel, salah satunya yang cukup populer, yaitu Plesk. Sementara VPS Linux biasanya akan memakai produk dari cPanel, yakni Web Host Manager (WHM).

4.    Biaya

Dalam hal biaya, user memang harus membayar biaya lebih banyak ketimbang pengguna Linux. Hal ini karena Windows memiliki lisensi sehingga pengguna harus membayar biaya lisensi tersebut. Berbeda dengan Linux yang merupakan platform open source, yang artinya tidak ada biaya lisensinya.

Kesimpulan VPS Windows

Nah, itulah berbagai ulasan mengenai keunggulan VPS Windows. Tentunya Kamu harus teliti dalam menentukan layanan hosting, karena tak semua layanan hosting tersebut mengusung teknologi dengan kualitas yang sama. Untuk itu, pilihlah layanan hosting yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Kamu bisa coba register ke panel Cloud Raya gratis untuk mencobai fitur-fiturnya yang lengkap. Atau, kalau kamu butuh lebih banyak informasi mengenai teknologi kunjungi blog Cloud Raya. Untuk tutorial dan tips-tips bisa kamu dapatkan di Knowledge Base Cloud Raya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image