Ketahui Perbedaan Hosting, Domain, dan Server

Perbedaan Hosting, Domain, Dan Server

Banyak yang belum mengerti apa perbedaan antara nama domain,server dan web hosting? Banyak yang masih belum tahu bahwa ini adalah tiga hal yang terpisah. Karenanya, di artikel ini akan menjelaskan perbedaan antara domain, hosting web dan server.

Pengertian Hosting

Hosting adalah jenis layanan Internet yang menghosting situs web untuk klien, yaitu menawarkan fasilitas yang diperlukan bagi mereka untuk membuat dan memelihara situs dan membuatnya dapat diakses di World Wide Web. Perusahaan yang menyediakan layanan web hosting disebut dengan sebutan web host. Dalam dunia web hosting, ada banyak pilihan yang akan membuat situs Anda ada di web. Namun, masing-masing melayani kebutuhan pemilik situs web.

Jenis-jenis Hosting

Ada beberapa jenis-jenis hosting yang perlu Anda tahu, mari kita bahas beberapa di antaranya yang populer saat ini.

1.    Share Hosting

Share hosting sangat cocok digunakan untuk hosting situs web tingkat pemula. Di sinilah situs web Anda akan disimpan di server yang sama dengan beberapa situs web lain. Dengan kata lain, semua domain berbagi sumber daya server menjadi sama.

2.    Virtual Private Server ( VPS )

Paket hosting VPS adalah jalan tengah terbaik antara server bersama dan server khusus. Ini sangat membantu untuk pemilik situs web yang membutuhkan lebih banyak kontrol, tetapi tidak perlu server khusus.

3.    Dedicated Server Hosting

Hosting ini memberi pemilik situs web kendali paling besar atas server tempat situs web mereka disimpan.  Itu karna server secara eksklusif disewa oleh Anda dan situs web Anda adalah satu-satunya yang tersimpan di dalamnya. Jadi , Anda memiliki akses root dan admin penuh, sehingga Anda bisa mengontrol semuanya mulai dari keamanan hingga sistem operasi yang Anda jalankan. 

4.    Cloud Hosting

Cloud hosting adalah kata kunci dari industri teknologi saat ini. Sehubungan dengan web hosting, berarti banyak komputer bekerja sama dan menjalankan aplikasi menggunakan sumber daya komputasi gabungan. Hosting ini adalah solusi karna bekerja melalui jaringan dan memungkinkan perusahaan untuk menggunakan sumber daya komputasi seperti utilitas.

5.    Managed Hosting

Sebagian besar paket hosting yang Anda temukan online kemungkinan besar akan dikelola. Perusahaan hosting menyediakan layanan teknis seperti pengaturan dan konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak, pemeliharaan, penggantian perangkat keras, dukungan teknis, patching, pembaruan, dan pemantauan. Dengan hosting terkelola, penyedia mengurus pengelolaan perangkat keras, sistem operasi, dan aplikasi standar sehari-hari.

6.    Colocation

Pusat ini menyediakan daya, bandwidth, alamat IP, dan sistem pendingin yang dibutuhkan server Anda.

Pengertian Server

Server adalah komputer yang terhubung ke jaringan workstation lain yang disebut ‘klien’. Komputer klien meminta informasi dari server melalui jaringan. Server cenderung memiliki lebih banyak penyimpanan, memori, dan kekuatan pemrosesan daripada workstation normal.

Dalam model pemrograman klien atau server, program server menunggu serta memenuhi permintaan dari program klien, yang bisa jadi berjalan di komputer yang sama, ataupun komputer lain. Aplikasi tertentu di komputer mungkin berfungsi sebagai klien dengan permintaan layanan dari program lain dan sebagai server permintaan dari program lain.

Pengertian Domain

Di internet, domain adalah bagian dari setiap alamat jaringan, termasuk alamat situs web, alamat email, dan alamat protokol internet lainnya seperti FTP, IRC, dan SSH.

Kesimpulan

Perbedaan utama antara domain, hosting, dan server adalah domain merupakan alamatnya, yang memungkinkan pengunjung menemukan situs web Anda secara online dengan mudah, sedangkan hosting adalah tempat menyimpan file situs web. Untuk memiliki situs web yang berfungsi, Anda memerlukan keduanya – domain dan ruang hosting. Sedangkan, Server adalah program, atau mesin yang menunggu permintaan masuk.

Jadi, apakah sudah paham perbedaan antara domain, hosting, dan server? Ingat tiga layanan ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jadi jangan sampai tertukar ya. Semoga artikel ini bisa menambah pemahaman Anda mengenai hosting, domain dan server.

Pastikan Anda memilih provider domain, hosting, dan server yang selalu dapat diandalkan, seperti Cloud Raya. Mempunyai layanan support yang on 24/7, membuat Anda yang masih baru dalam dunia IT tidak perlu khawatir akan kesulitan implementasiannya. Coba dulu sign up secara gratis ke panel kami, atau silahkan berdiskusi terlebih dahulu dengan tim kami melalui live chat.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud