ARTICLE
Sistem Operasi: Definisi, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Sistem Operasi: Definisi, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

29 Oktober 2021 by Marketing Cloudraya

Sistem operasi memiliki peranan besar memberikan nyawa bagi komputer menjalankan programnya. Oleh sebab besarnya tanggung jawab, Anda perlu mengetahui sistem operasi: definisi, fungsi, jenis hingga contohnya yang ternyata sering kita gunakan.

Pengertian Sistem Operasi: Definisi

Terdapat banyak spekulasi mengenai pengertian sistem operasi komputer. Namun, dari ragam pendapat, sistem operasi definisi nya tetap satu makna, yakni sistem yang terdiri atas berbagai komponen kerja hingga metode yang digunakan untuk memerintah dan menjalankan perangkat sesuai keinginan pengguna.

Singkatnya, sistem operasi merupakan sebuah software atau perangkat lunak sistem untuk mengelola sumber (resources) ke hardware agar dapat beroperasi secara optimal dan memudahkan interaksi dengan brainware (user).

Secara sederhana, hubungan antara software sistem operasi dengan komputer saling membutuhkan satu sama lain. Tanpa sistem operasi, maka komputer tidak dapat menjalankan program, sebaliknya pada sistem operasi tanpa komupter tentu tidak ada gunanya.

Fungsi Penting Sistem Operasi

Terdapat beberapa fungsi dan peranan penting dari keberadaa sistem operasi selain sebagai “nyawa” komputer., berikut ulasannya:

1. Menjalankan Operasi Dasar

Sistem operasi memiliki fungsi utama menjalankan operasi atau pemrogaman dasar pada komputer. OS atau sistem operasi sebagai dasar bagi perangkat lunak lain untuk beroperasi.

2. Mengatur Kinerja Perangkat

Selain sebagai operasi dasar, OS bertindak sebagai resource manager dalam komputer, tujuannya mengontrol fungsi dari hardware, seperti memory card, hard disk, CPU dan perangkat keras penunjang lainnya. Bahkan, OS diatur menjadi starter penghubung aplikasi lain dengan hardware.

3. Menyimpan Program atau Aplikasi

Beragam aplikasi dalam komputer bukan hanya tersimpan dalam ruang penyimpanan, melainkan berada di dalam sistem operasi. Secara tak langsung aplikasi tersebut melekat pada OS dan hanya bisa dijalankan jika OS beroperasi.

4. Menampilkan Visualisasi Laman

Tampilan laman pada layar komputer atau smartphone rupanya berasal dari pengolah sistem operasi. OS dengan cerdas akan mengolah bahasa pemrogaman dari CPU, kemudian ditampilkan dalam bentuk grafis, teks, video, audio sesuai dengan yang ada pada laman tersebut.

5. Mengamankan Program

Sistem operasi definisinya tidak hanya sebagai perangkat lunak, melainkan membawa fungsi penting sebagai sistem pengaman ketika user sedang menjalankan suatu program. Hal ini sangat dibutuhkan untuk mencegah malware dan kejahatan cyber lainnya.

Jenis-Jenis Sistem Operasi

Setelah Anda berhasil memahami sistem operasi: definisi dan fungsi, selanjutnya mengenal berbagai jenisnya berikut ini:

Distributed OS

Sistem operasi distribusi menggunakan processor di berbagai mesin, tujuannya memudahkan komputasi yang akan diberikan pada user secara cepat dan akurat.

Batch OS

Sistem operasi ini menyatukan beberapa pekerjaan, sehingga lebih efisien dan terselesaikan lebih cepa dan tidak memberatkan implementasinya.

Mobile OS

Digunakan pada kebutuhan perangkat mobile, seperti Android dan iOS pada smarthphone untuk memberikan fungsi sama.

Multitasking OS

Sistem multitasking sistem operasi ini dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan secara bersamaan dalam satu perangkat CPU.

Network OS

Ketika menggunakan jaringan, OS berperan mengatur data dan kemanan user.

Real Time OS

Interval waktu tunggu pemrosesan lebih sedikit dengan respons input yang kecil, sehingga akses lebih cepat.

Contoh Sistem Operasi

Beberapa contoh sistem operasi berikut ini tentu pernah atau sering Anda gunakan, berikut daftarnya:

  • Microsoft windows: tampilan menarik dan mudah dioperasikan, menjadikan Ms.windows sebagai OS paling banyak digunakan.
  • Linux: OS ini dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan oleh user untuk optimalisasi program.
  • Mac OS: sistem operasi khusus buatan Apple Computer hanya dapat digunakan pada macintosh.
  • Chrome OS: sistem operasi satu ini paling populer saat ini berkat kecepatan loading-nya.

Setelah membaca penjelasan diatas sekarang Anda telah mengetahui apa itu sistem operasi, fungsi, jenis, beserta contohnya.

Untuk mendapatkan informasi terkait IT lebih banyak, silahkan cek artikel blog Cloud Raya lainnya. Atau jika Anda ingin mengkonsultasikan Sistem Operasi apa yang paling cocok untuk bisnis Anda silahkan berdiskusi dengan tim kami melalui live chat di website kami.

Anda juga bisa langsung mencoba menjelajahi panel cloud raya untuk melihat sistem apa saja yang tersedia, Tapi sebelum itu silahkan membuat akun Cloud Raya di sini.

0 0 votes
Article Rating

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x