ARTICLE
Apa itu Switch: Fungsi, Jenis, Tujuan, dan Cara Kerja Switch

Apa itu Switch: Fungsi, Jenis, Tujuan, dan Cara Kerja Switch

22 Oktober 2021 by Marketing Cloudraya

Teknologi informatika sungguh luas dan tentunya tak dapat dipisahkan dari komputer dengan segala komponen pada jaringannya. Komponen yag terdapat dalam komputer memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing, seperti mengatur biner pemrogaraman dan media penghubung beberapa PC agar dapat saling bertukar informasi dan data.

Switch merupakan satu dari sekian komponen penting bagi komputer, umumnya punya fungsi membantu bertukarnya informasi dan data beberapa komputer. Bagi Anda yang belum paham mengenai apa itu switch, beserta fungsi, jenis, tujuan dan cara kerja. Maka, simak ulasan berikut ini agar paham:

Mengenal Apa itu Switch?

Pengertian Switch pada komputer merupakan perangkat jaringan untuk menghubungkan 2 atau lebih komputer dalam satu jaringan (concentrator).  Switch lebih terarah, sehingga pertukaran data dapat langsung diterima alamat yang dituju. Hal itu disebabkan Switch mampu mendeteksi tujuan data yang akan dikirimkan menuju alamat penerima, sehingga meminimalisir terjadinya collision pada saat pengiriman data.

Apa Saja Fungsi Switch?

Secara umum, Switch berfungsi sebagai concentrator pada jaringan komputer dengan bantuan topologi star, namun beberapa fungsi di bawah ini dapat menyatakan bahwa sesungguhnya Switch sangat kompleks, berikut ulasannya:

Address Learning

Switch mampu mencatat alamat MAC dari pernagkat jaringan komputer yang terhubung dengannya. Jadi, saat data yang terkirim diterima oleh Switch, maka data tersebut secara otomatis dicatat berdasarkan alamat MAC pengirim, kemudian mempelajari rute data sebelum diteruskan agar lebih terarah.

Menyaring Data Frame

Selain kemampuan mencatat MAC address, Switch mampu menyaring dan meneruskan data frame atau paket data yang diterima menuju alamat yang dituju, ke MAC address mana dan port ke-berapa. Sehingga, data tidak bertabrakan.

Looping Avoidance

Berfungsisaat Switch salah menerima data dan tak dikenali tujuannya. Umumnya terjadi akibat kesalahan pengkoneksian kabel port-port Switch. Sehingga, terjadi looping (perputaran) pada port. Switc dapat mencegah dengan memblok salah satu port yang terkoneksi ke perangkat lain.

Jenis-jenis Switch

Jika Anda masih bingung terkait apa itu switch apa saja jenisnya, berikut beberapa jenis yang wajib diketahui:

  • Unmanaged Switch: digunakan pada jaringan skala kecil, seperti kantor atau rumah. Fungsinya mengelola aliran data antara printer dan beberapa komputer. Umumnya tak membutuhkan pengaturan rumit, sehingga instalasinya mudah dan murah.
  • Managed Switch: Kelebihan user interface memudahkan penggunaa saat mengkonfigurasi Switch, dan melakukan beberapa metode sekaligus.
  • Smart Switch: memanfaatkan web base, sehingga mampu mengatur dan mengubah kebutuhan jaringan komputer secara otomatis.
  • Enterprise-Managed Switch: digunakan skala besar pada perusaahan ternama yang membutuhkan jaringan sebagai monitoring dan konfigurator.

Tujuan Switch

Paham dengan apa itu switch serta ragam jenisnya, berikut tujuan switch yang tak boleh dilewatkan untuk diketahui:

  • Meningkatkan kinerja pada jaringan lebih optimal.
  • Mengurangi beban kerja program masing-masing PC host.
  • Mengurangi benturan antar frame ketika terjadi collision pasa koneksi.
  • Menghubungkan antara Switch dengan workstation secara otomatis.

Cara Kerja Switch

Apa itu switch dan bagaimana mekanisme atau cara kerja Switch, pada dasarnya melakukan pertukaran hingga memproses data yang lebih efisien dibandingkan HUB. Switch akan menerima data yang terkirim kepadanya lewat perangkat (kondisi terkoneksi).

Kemudian, Swicth mendeteksi dan mencocokkan alamat MAC pernagkat tujuan berdasarkan tabel yang dimiliki. Selanjutnya, Switch membuat logika koneksi menggunakan port yang terhubung dengan alamat perangkat yang dituju. Switch mengurangi potensi tabrakan data pada port penghubung.

0 0 votes
Article Rating

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x