ARTICLE
Pengertian Software : Fungsi, Jenis, Spesifikasi dan Contoh Software

Pengertian Software : Fungsi, Jenis, Spesifikasi dan Contoh Software

19 Oktober 2021 by Marketing Cloudraya

Perangkat lunak komputer atau kerap dikenal software tentu tak asing didengar, terlebih bagi Anda yang bergelut dengannya setiap hari untuk menyelesaikan pekerjaan berbasis komputer. Kini, ragam software semakin banyak dan berkembang, pengguna dapat dengan mudah memilih perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan.

Para developer terus berkreasi untuk melahirkan software terbaru agar semakin canggih hingga dapat membantu manusia melakukan pekerjaan lebih cepat, mudah dan sistematis. Bagi Anda yang tertarik menggali pengertian software lebih dalam, berikut penjelasan selengkapnya.

Mengenal Pengertian Software?

Perangkat lunak atau software berdasarkan Wikipedia ialah istilah khusus untuk data yang disimpan dan diformat secara digital, termasuk dalam program komputer, dokumentasi, informasi, ditulis oleh komputer. Tak memiliki bentuk fisik, perangkat lunak harus dioperasikan lewat perangkat komputer.

Pembuatan software berdasarkan bahasa pemrogaman oleh seorang programmer yang handal di bidangnya. Programmer akan membuat kode yang akan dikenali oleh perangkat keras atau hardware (komputer) lewat aplikasi compiler.

Kemudian, software tersebut akan memberikan “nyawa” pada perangkat keras untuk dapat beroperasi dengan melakukan penginstallan sistem operasi. Dengan begitu, software dan hardware saling membutuhkan sinergi agar dapat digunakan.

FungsiPerangkat Lunak/Software

Setelah mengetahui pengertian software, selanjutnya memahami beberapa fungsi utamanya agar Anda dapat dengan mudah memahami dan mengaplikasikannya. Berdasarkan pengertiannya, berikut fungsi perangkat lunak:

1. Dasar Komputer

Software atau perangkat lunak digunakan sebagai dasar komputer atau nyawa perangkat keras agar dapat dioperasikan.

2. Penghubung

Keberadaan software menjadi krusial seiring perannya sebagai media penghubung antara beberapa perangkat lunak lain dengan perangkat keras selain komputer.

3. Penerjemah

Perangkat lunak difungsikan sebagai penerjemah perintah software lain ke dalam bahasa mesin atau bahasa pemrogaman agar mudah terbaca oleh hardware.

4. Identifikasi

Selain menerjemahkan menjadi bahasa mesin, software pun bertugas mengidentifikasi program yang ada dalam komputer.

Jenis-JenisPerangkat Lunak/Software

Setelah mengetahui pengertian software, selanjutnya memahami beberapa fungsi utamanya agar Anda dapat dengan mudah memahami dan mengaplikasikannya. Berdasarkan pengertiannya, berikut fungsi perangkat lunak:

Sistem Operasi 

Operating system digunakan untuk mengelola dan mengkoordinir tiap komponen yang ada pada komputer. Contohnya seperti, Windows, UNIX, DOS, Linux, dll.

Bahasa Pemrogaman

Merupakan jenis perangkat lunak yang difungsikan memberikan intrksi standar melibantkan sistematika sintak dan semantic untuk kebutuhan identifikasi suatu program aplikasi komputer. Contohnya, PHP, Microsoft Virtual Basic, Java script.

Program Aplikasi

Jenis perangkat lunak memiliki fungsi tertentu, misalkan perangkat lunak untuk presentasi, perangkat lunak penentu primer RNA, dll. Contohnya, Ms. Office, MYOB, NCBI, Primer3web, Clustawl Omega, OpenOffice.ord, dan masih banyak lagi.

Spesifikasi Perangkat Lunak/Software

Berikut beberapa spesifikasi perangkat lunak yang dapat mendukung pengoperasian komputer:

  • Sistem Operasi Mesin Server: Seperti Solaris, Ms. Windows Server, Free BSD, Varian OS Linux untuk server (Caldera, Debian, Mandrake, dll).
  • Menunjang Aplikasi Jaringan Komputer: Seperti DSN server, database server, remote desktop, web server, dll.
  • Aplikasi Lalu Lintas Jaringan: Seperti routing atau proses pengiriman data/informasi dengan meneruskan paket data ke sebuah jaringan satu ke jaringan lain.

Beberapa contoh Perangkat Lunak/Software

Agar lebih memahami seluk beluk pengertian software, berikut beberapa contoh yang mungkin tak asaing Anda temui:

  • Microsoft Office Word: aplikasi yang digunakan untuk mengetik dan mengetik teks atau tulisan yang ditampilkan dalam kertas.
  • Microsoft Office Powerpoint: aplikasi digunakan sebagai media presentasi dengan menghadirkan poin-poin penting dan ringkas agar mudah dijabarkan.
  • Microsoft Excell: digunakan untuk mengedit dan membuat dokumen dalam tampilan kolom, beberapa rumusnya dapat digunakan sebagai media berhitung cepat.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai software. untuk membangun sebuah software Anda memerlukan infrastruktur cloud yang memberikan Anda kebebasan berupa fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi.

Coba sign up sekarang dan jelajahi apa yang bisa Anda lakukan pada Dashboard Cloud Raya dan miliki pengalaman kebebasan dalam membangun infrastruktur cloud .

0 0 votes
Article Rating

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x