Perbedaan Cloud Hosting dan Jenis Hosting Lainnya

Perbandingan Cloud Hosting

Hosting merupakan sebuah service yang digunakan untuk menyimpan data-data dalam sebuah website. Melalui layanan hosting ini, informasi yang tercantum pada website dapat diakses oleh pengguna melalui internet. Data yang disimpan dapat berupa dokumen, gambar, program, video, dan juga database.

Mengenal Cloud Hosting

Layanan hosting yang banyak dikenal adalah cloud hosting. Cloud hosting merupakan tipe hosting yang memiliki sumber daya atau resource yang berasal dari beberapa server fisik yang terpusat. Cloud hosting ini dapat berjalan secara bersamaan, disebut juga dengan cluster.

Fungsi

Fungsi utama cloud hosting adalah saat salah satu cloud server mengalami down, server lain dapat menggantikan supaya website dapat tetap online. Cloud hosting juga lebih tahan terhadap kegagalan hardware. Webmaster dapat menyesuaikan resource sesuai dengan kebutuhan untuk mengantisipasi kenaikan traffic.

Spesifikasi

Cloud hosting dapat dijalankan melalui virtualisasi, yaitu teknologi yang membagi server fisik menjadi beberapa virtual machine yang juga disebut sebagai cloud server. Server tersebut kemudian digabungkan menjadi satu jaringan untuk menghosting website.

Performa

Teknologi cluster pada cloud hosting membuat website dapat berjalan meski salah satu cloud server bermasalah. Hal tersebut akan membuat tingkat uptime cenderung tinggi. Selain itu, resource pada cloud hosting tidak dipengaruhi atau tidak dibagi dengan pengguna lain.

Kelebihan

Berikut ini adalah kelebihan dari cloud hosting:

  • Cloud hosting menggunakan beberapa server yang saling mem-backup.
  • Cloud hosting bersifat fleksibel, sehingga Anda dapat menambah sumber daya sesuai dengan kebutuhan.
  • Cloud hosting lebih menghemat biaya dan tenaga.
  • Cloud hosting bersifat fully managed.

Supaya Anda bisa lebih memahami mengenai cloud hosting, Anda perlu mengetahui apa saja perbandingan cloud hosting dengan jenis hosting lainnya. Simak penjelasan berikut ini:

Perbedaan Antara Dedicated Server dan Cloud Hosting

Dedicated server dan cloud hosting sama-sama merupakan sebuah layanan web hosting yang bisa digunakan untuk membangun bisnis. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap mengenai perbedaan dedicated server:

Fungsi

Dedicated server hanya menyediakan server untuk satu pengguna saja. Dedicated server ini berfungsi untuk menyediakan sumber daya yang berbentuk bandwidth, disk space, processor, RAM, dan beragam fitur lain yang dapat berfungsi untuk menjalankan sistem website.

Spesifikasi

Layanan web hosting dedicated server hanya menyediakan satu server untuk satu website saja. Dengan begitu Anda bisa menggunakan keseluruhan server tanpa batas. Harga yang diberikan untuk layanan dedicated server ini tentu lebih mahal.

Performa

Layanan Dedicated server dan layanan cloud hosting dapat memberikan performa IT yang maksimal. Namun, kedua layanan ini memiliki ciri performa yang berbeda. Perbedaannya yaitu dari segi kecepatan dalam menerima sumber daya online, dan kecepatan dalam memperbarui hardware.

Selain itu performa keamanan data, pengelolaan kedua layanan, dan dana yang harus dipersiapkan juga berbeda.

Kelebihan

Berikut ini adalah kelebihan dari dedicated server:

  • Performa yang handal dan maksimal tanpa adanya gangguan noisy neighbor.
  • Privasi Anda terjamin
  • Anda dapat menikmati akses dan kontrol yang penuh.
  • Anda dapat menggunakan efisiensi waktu dan biaya.

Anda dapat memperoleh informasi lebih lengkap mengenai perbedaan antara dedicated server dan cloud hosting dalam artikel yang berjudul Dedicated Server vs Cloud Hosting.

Perbedaan Antara Shared Hosting dan Cloud Hosting

Shared hosting merupakan salah satu jenis web hosting yang sering digunakan karena biayanya terjangkau. Melalui shared hosting, Anda akan disajikan beragam website yang tersimpan dalam satu server yang sama.

Fungsi

Shared hosting pada dasarnya memiliki fungsi yang bekerja untuk memberikan sumber daya server yang nanti akan digunakan oleh beberapa situs website yang memiliki layanan yang sama.

Spesifikasi

Shared hosting menggunakan server yang dibagi dengan pengguna lain, sehingga Anda disarankan untuk tidak menyimpan data krusial dan sensitif. Kapasitas penyimpanan dan RAM pada shared hosting lebih kecil dibanding server lain.

Performa

Umumnya pada layanan shared hosting, penyedia layanan yang melakukan pengelolaan server. Hal tersebut membuat layanan ini sangat cocok digunakan oleh pemula, karena Anda tidak perlu mengelola server sendiri.

Shared hosting memiliki resource server yang terbatas, sehingga tidak bisa menerima traffic yang terlalu banyak. Hal tersebut membuat server ini cocok untuk website baru yang belum memiliki banyak traffic.

Kelebihan

Shared hosting memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Harga yang diberikan terjangkau
  • Penyedia layanan hosting akan mengelola dan merawat server hosting
  • Merupakan pilihan yang tepat bagi pemula
  • Menyajikan fasilitas yang lengkap

Anda bisa memperoleh informasi lebih lengkap mengenai shared hosting dan perbedaannya dengan cloud hosting melalui informasi yang terdapat dalam artikel berjudul Kenali Jenis Hosting Shared Hosting vs Cloud Hosting.

Perbedaan Antara VPS Hosting dan Cloud Hosting

Sumber foto: https://www.pexels.com/

VPS hosting dengan cloud hosting sebenarnya memiliki fitur yang hampir mirip. Perbedaan mendasar yang dapat Anda ketahui dari VPS hosting dengan cloud hosting, yaitu:

  • Harga cloud hosting lebih terjangkau.
  • VPS hosting memiliki performa lebih baik.
  • Kapasitas keduanya hampir sama, namun memiliki spesifikasi hardware yang berbeda.
  • VPS hosting lebih bebas untuk digunakan.

Fungsi

Layanan VPS yang Anda gunakan, sumber daya VPS tersebut akan tersedia khusus hanya untuk Anda dan tidak akan terpengaruh oleh pengguna lain. Anda dapat menyesuaikan konfigurasi sesuai dengan keinginan Anda.

Spesifikasi

VPS atau Virtual Private System menyediakan dua fitur. VPS hosting ini menyediakan server yang bisa digunakan oleh banyak website. Setiap pemilik website dibekali server khusus untuk menyimpan data supaya server utama tidak penuh.

Sumber daya VPS berasal dari satu server fisik yang terbagi menjadi beberapa server virtual yang lebih kecil. Masing-masing server virtual tersebut dijalankan seperti dedicated server.

Performa

Meskipun Anda menggunakan VPS yang berbagi server, Anda tetap akan dibekali dengan sebuah kapasitas penyimpanan memori serta CPU usage yang longgar. Hal tersebut dapat membuat performa situs Anda menjadi lebih baik.

Kelebihan

Kelebihan dari VPS hosting adalah sebagai berikut:

  • Pemilik VPS akan mengelola konfigurasi keamanan secara penuh sehingga dapat memodifikasinya dengan lebih ketat dibanding shared hosting.
  • Anda bisa mendapatkan akses ke root, yang memungkinkan Anda melakukan pengaturan sesuai kebutuhan.
  • Anda juga dapat mengembangkan kapasitas VPS seiring berjalannya waktu, jika Anda memerlukannya.

Anda bisa memperoleh informasi lebih lengkap mengenai perbedaan antara VPS hosting dan cloud hosting melalui artikel yang berjudul Perbedaan VPS Hosting dan Cloud hosting.

Kapan Perlu Menggunakan Shared Hosting?

Layanan shared hosting memiliki sistem pengoperasian yang mudah. Penyedia layanan yang akan mengelola server dan membuat shared hosting yang cocok untuk pengguna awam yang ingin membangun website kecil sampai menengah seperti blog dan website pribadi.

Kapan Perlu Menggunakan VPS Hosting?

Bagi Anda yang menggunakan VPS hosting, Anda akan memiliki akses root dan fasilitas untuk mengembangkan kapasitas sesuai kebutuhan. VPS hosting ini akan sangat cocok bagi Anda yang sebelumnya pernah menggunakan shared hosting dan menginginkan sumber daya dedicated dan besar yang disertai dengan kustomisasi yang fleksibel.

Kapan Perlu Menggunakan Cloud Hosting?

Cloud hosting merupakan pilihan yang sangat tepat bagi Anda yang menginginkan layanan dengan performa VPS hosting namun memiliki kemudahan seperti shared hosting. Cloud hosting sangat cocok untuk digunakan oleh perusahaan atau pemilik website dengan trafik yang cukup tinggi, bahkan juga cocok dengan website baru yang sedang dalam proses pengembangan.

Kesimpulan

Anda tentunya dapat menarik kesimpulan melalui penjelasan mengenai perbandingan antara cloud hosting dengan layanan hosting lainnya, bahwa cloud hosting merupakan pilihan yang terbaik bagi website Anda. Namun, pilihan yang terbaik bagi Anda tersebut juga masih bergantung pada beberapa pertimbangan yang perlu Anda lakukan.

Semoga beragam penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda, dan bisa membuat Anda mampu menentukan layanan hosting mana yang paling tepat untuk kemajuan bisnis Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud