ARTICLE
Kenali Jenis Hosting Shared Hosting vs Cloud Hosting

Kenali Jenis Hosting Shared Hosting vs Cloud Hosting

31 Desember 2021 by Marketing Cloudraya

Website membutuhkan web hosting supaya untuk menyimpan file dan data. File tersebut berupa video, gambar, script dan lain-lain. Web hosting fungsinya untuk membuat suatu situs dapat diakses di internet.  Setelah membahas sekilas tentang web hosting, selanjutnya kita masuk ke topik utama yaitu jenis hosting.

Ada dua jenis hosting yang populer yaitu shared hosting dan cloud hosting. Bagaimana perbedaan keduanya dan mana yang lebih baik? Simak penjelasannya!

Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis hosting yang harganya relatif terjangkau sehingga cocok untuk Anda yang ingin membeli hosting dengan budget terbatas. Harga shared hosting yang ditawarkan penyedia layanan hosting berbeda, harganya ada yang mulai dari Rp 10.000 per bulan.

Jenis shared hosting cocok untuk Anda yang masih pemula atau untuk kebutuhan website yang tidak memerlukan kapasitas penyimpanan besar. Shared hosting kurang cocok jika digunakan untuk website yang punya data banyak dan trafik tinggi.

Cloud Hosting

Cloud hosting adalah jenis hosting yang dapat menampung trafik sangat tinggi. Jika Anda menggunakan jenis hosting ini data website pengguna akan ditempatkan dalam satu server khusus yang berlaku untuk jumlah resource pengguna. Dibandingkan dengan shared hosting harga could hosting memang relatif lebih mahal. 

Keunggulan cloud hosting adalah kecil risiko untuk downtime. Jadi, ketika ada masalah dalam satu server atau server sibuk, website menggunakan server lain dan tetap beraktivitas dengan normal. Pengguna juga bisa menambah jumlah server sesuai kebutuhannya.

Shared Hosting vs Cloud Hosting

Setelah tahu pengertian dari dua jenis hosting ini, Anda mungkin mulai bertanya-tanya, hosting mana yang cocok untuk Anda? Kedua hosting ini, baik shared maupun cloud sama-sama punya keunggulan dan kekurangan seperti yang sudah kita bahas di atas.

Jika bertanya mana yang lebih baik, maka jawabannya adalah tergantung kebutuhan dan budget Anda. Sebagai pertimbangan mari kita bahas perbandingan shared hosting dan cloud hosting.

Kelebihan Shared Hosting

  • Harga relatif murah
  • Penyedia hosting mengelola dan merawat (full managed) server hosting tersebut
  • Pilihan yang cocok untuk pemula
  • Fasilitas cukup lengkap yaitu disk space, bandwidth, database dan SSL

Kekurangan Shared Hosting

  • Kurang cocok untuk toko online atau website perusahaan
  • Kapasitas, penyimpanan, RAM dan bandwidth dalam satu server digunakan oleh semua user  
  • Jika ada pengguna lain yang menggunakan fasilitas server berlebihan maka akan berpengaruh pada user lain.
  • Ada batas atau limit penyimpanan dan batas fasilitas server yang dapat diakses.

Kelebihan Cloud Hosting

  • Resource yang tersedia banyak
  • Fasilitas full manage dari penyedia layanan hosting
  • Cocok digunakan untuk website dengan trafik sangat tinggi
  • Cocok untuk berbagai kebutuhan hosting dan tidak perlu pengetahuan teknis mendalam
  • Jarang mengalami downtime

Kekurangan Cloud Hosting

  • Harga relatif mahal

Kesimpulan

Shared hosting maupun cloud hosting sama-sama baik digunakan sesuai kebutuhan Anda. Jadi, sebelum memilih jenis hosting Anda perlu tahu kebutuhan website Anda. Tidak perlu khawatir jika Anda bukan orang yang sangat paham teknis IT, sebab shared hosting maupun cloud hosting dapat digunakan oleh siapa pun.

Pengelolaan dan pemeliharaan server hosting dilakukan oleh penyedia layanan sehingga Anda tidak perlu repot memikirkan hal teknisnya. Hal penting yang perlu Anda ketahui ketika memilih jenis hosting yang tepat adalah kapasitas dan kebutuhan website Anda.

Cloud Raya menyediakan layanan Cloud Hosting yang cepat dan efisien untuk mensupport kebutuhan digital bisnis Anda melalui panelnya yang user-friendly. Sehingga, Anda dapat kapanpun mencukupi kebutuhan Anda. Untuk cari tahu apa saja yang bisa dilakukan oleh Cloud Raya, Anda bisa langsung sign up atau menghubungi tim kami melalui live chat untuk informasi lebih detail.

0 0 votes
Article Rating

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x