Perbedaan VPS Hosting dan Cloud Hosting

VPS Hosting vs Cloud Hosting

Banyak orang seringkali bingung saat dihadapkan 2 pilihan antara vps hosting vs cloud hosting. Karena mereka tidak tahu letak perbedaan di antara keduanya sehingga sulit baginya untuk menemukan layanan yang sesuai kebutuhan. Misalnya saja saat melihat layanan seperti cloud yang medium hingga high level.

Biasanya harganya seperti hosting VPS. Padahal jika berbicara tentang kelebihannya, sudah jelas VPS dilengkapi dengan banyak keunggulan. Baik dari fitur dan performanya. Lalu apa perbedaan dari keduanya? Terlebih saat mencari layanan hosting secara online, sekarang ini banyak tersedia provider yang menawarkan harga bervariasi.

Anda bisa menemukan yang paling murah hingga termahal sesuai kebutuhan. Semuanya mempunyai kelebihan tersendiri. Jadi beda fungsi, harganya juga akan berbeda. Diantara layanan hosting saat ini, cloud dan VPS itu fiturnya hampir mirip. Maka dari itu kami jelaskan perbedaan antara vps hosting vs cloud hosting.

Apa itu Virtual Private Server?

Sesuai dengan namanya, ini adalah server virtual yang dibuat secara khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis di sebuah lembaga. Jadi cara kerjanya memanfaatkan teknologi virtualisasi. Sehingga dalam 1 server fisik yang ada akan terbagi menjadi beberapa bagian berbentuk virtual untuk satu user saja.

Itu artinya dalam 1 akun virtual private server tidak akan digabung dengan user lainnya seperti yang terjadi pada shared hosting. Bila mencari perbedaan dari vps hosting vs cloud hosting, dalam hal ini virtual private server memungkinkan Anda bebas memakai space sesuai kebutuhan. 

Baik dari sistem operasinya, panel hosting, dan juga aplikasi yang mau diinstal. Itulah sebabnya hasil layanannya lebih optimal karena tidak ada batasan kustomisasi oleh pihak provider. Hanya saja bila ingin menggunakannya dengan baik, Anda harus tahu tekniknya dulu tentang cara kerja server sehingga hasilnya maksimal.

Untuk cara kerjanya sendiri sebenarnya bekerja ke dalam server fisik yang kapasitasnya sangat besar. Setelah itu, kapasitas ukurannya tersebut dibagi ke dalam beberapa server berbentuk virtual menjadi lebih kecil. Meskipun ada dalam 1 server fisik yang sama, namun setiap bagiannya tidak saling terhubung.

Itu artinya dalam akses data vps hosting vs cloud hosting ini, virtual private server cukup aman. Karena hanya Anda yang bisa mengakses data pribadi sendiri. Anda bisa menggambarkan virtual private server sebagai rumah kontrakan. Jadi bebas mendekorasi rumahnya atau menambahkan aneka furniturenya.

Apa itu Cloud Hosting?

Ini adalah contoh dari server virtual yang menawarkan 1 set berdedikasi untuk pengguna dan sudah terlindung oleh sumber daya mesin. Dalam setiap infrastrukturnya, masing-masing awan selalu memberikan kemampuan berskala sumber daya server yang on demand. 

Jadi setiap cloud server selalu memiliki ruang CPU yang sudah dialokasikan, disk, memory, dll. Itu karena sifatnya tidak dapat oversold. Sehingga hal ini memungkinkan teknologinya bisa dijadikan menjadi 1 untuk storage (tambahan disk secara virtual). 

Dalam vps hosting vs cloud hosting ini, awan bisa menjadikan satu beberapa server lainnya menjadi CPU virtual atau computing node. Artinya setiap platformnya dapat menjalankan beberapa server virtual sekaligus. Melihat hal tersebut, teknologi cloud sangat berbeda dengan vps bila dilihat dari jumlah servernya.

Cloud memanfaatkan beberapa server yang kemudian digabung menjadi 1. Sehingga dalam 1 server bisa dipakai oleh beberapa pengguna sekaligus. Bentuk perumpamaan yang paling tepat untuk teknologi ini adalah seperti tinggal di sebuah apartemen. Umumnya apartemen dibuat dengan desain dan fitur yang sudah lengkap dari awal.

Jadi saat disewa, pengguna tinggal memakainya langsung. Hal ini sama seperti teknologi cloud. Jadi Anda tidak harus memiliki keahlian khusus saat menyewanya. Karena dalam hal ini hostingnya telah di manage langsung oleh penyedia hostingnya. Itu artinya pengguna tinggal bayar dan pakai langsung.

Intinya teknologi awan itu cara kerjanya seperti virtual private server. Teknologi ini bergantung pada 1 server fisik saja, namun cloud bekerja pada beberapa server secara nyata sekaligus. Itulah kenapa disebut teknologi cloud karena cara kerjanya seperti awan yang saling bertumpuk menjadi besar.

Perbedaan VPS Hosting dan Cloud Hosting

Tentunya ada perbedaan yang mendasar di antara keduanya. Di mana perbedaan tersebut harus benar-benar Anda perhatikan ketika ingin menggunakan layanan web tersebut. Untuk itu setelah memahami masing-masing web di atas, saatnya mencari tahu perbedaannya dengan melihat penjelasannya di bawah ini:

  1. Jika ditinjau dari segi harga, teknologi cloud itu lebih terjangkau daripada menggunakan layanan virtual private server. Namun bila Anda menggunakan layanan cloud yang tertinggi, harganya bisa dipakai untuk menyewa VPS lengkap dengan berbagai kelebihannya. Jadi sebaiknya sesuaikan kebutuhan saat memilih salah satu dari keduanya.
  2. Berbicara tentang performanya, VPS lebih baik daripada teknologi cloud. Saat menggunakannya, pengguna bebas melakukan kustomisasi server secara virtual. Hanya saja Anda harus bisa mengaturnya dengan benar karena bersifat unmanaged. Artinya segala konfigurasinya harus dilakukan sendiri. Maka bila tidak ingin repot mengaturnya, cloud bisa menjadi solusinya!
  3. Untuk perbedaan vps hosting vs cloud hosting dilihat dari kapasitasnya sebenarnya hampir sama. Perbedaannya hanya terlihat dari spesifikasi hardwarenya. Bila ada yang menggunakan RAID SSD artinya kecepatannya lebih baik dari kapasitas biasa. Jadi meskipun kapasitasnya sama, sebaiknya cek hardwarenya karena bisa mempengaruhi kecepatan akses websitenya.
  4. Untuk kustomisasi di sini, VPS itu jauh lebih bebas dipakai. Anda bisa menginstal sistem operasi, mengatur panel web, dan aplikasinya dengan bebas. Sehingga Anda bisa menggunakan aplikasi yang penting saja agar servernya tidak berat. Sedangkan cloud tidak bisa melakukan kustomisasi karena semuanya sudah ada tinggal dipakai.

Mana yang Terbaik? VPS Hosting Vs Cloud Hosting

Masing-masing hosting mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Semuanya tergantung dari pemakaian layanannya masing-masing. Misalnya saja bila Anda menginginkan server yang aman, maka VPS pilihannya karena hanya dipakai 1 akun saja. Sedangkan teknologi cloud itu telah dimanage oleh providernya sendiri.

Sehingga meskipun aman, namun ingat bahwa 1 servernya saling terhubung dengan yang lain. Jadi tingkat keamanannya masih perlu diperhatikan lagi. Selanjutnya bila melihat dari segi performanya, keduanya sama-sama bagus. Yang membedakan hanya dari segi pemakaian kustomisasi datanya saja.

Jika Anda mencari kebebasan kustomisasi, maka virtual private server bisa dipilih. Karena setiap konfigurasi sistemnya bisa diatur secara manual. Jadi pengguna bisa menggunakan aplikasi sesuai kebutuhannya saja. Namun dalam pemakaiannya biasanya hanya dapat dilakukan oleh orang yang ahli.

Untuk orang awam sangat tidak disarankan menggunakan layanan ini. Karena tanpa pengetahuan seputar masalah teknik, Anda tidak bisa memanfaatkan fiturnya dengan baik. Sementara bila masih awam sebaiknya gunakan cloud karena sudah ada tool yang bisa dimanfaatkan langsung.

Setiap konfigurasi servernya akan dibantu penyedia layanannya langsung. Jadi pengguna bisa tinggal pakai saja. Melihat hal tersebut, saatnya Anda untuk menentukan pilihan. Karena dilihat dari manapun sebenarnya vps hosting vs cloud hosting merupakan layanan yang sama-sama menguntungkan.

Cloud Raya menyediakan layanan hosting bagi berbagai keperluan website Anda, mulai dari shared hosting, VPS, hingga dedicated cloud hosting. Tentunya layanan ini didukung layanan managed service oleh tim IT profesional selama 24/7. Konsultasikan kebutuhan Anda dan hubungi kami. Buka website www.cloudraya.com dan dapatkan informasi dan penjelasan lebih lengkap mengenai layanan Cloud Raya.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud