ARTICLE
Cloud Hosting vs Managed Hosting

Dedicated Server vs Cloud Hosting

28 September 2020 by Marketing Cloudraya

Dedicated server vs cloud hosting merupakan 2 hal yang sangat penting sekali dalam membangun bisnis. Keduanya baik sekali untuk pebisnis yang baru saja memulai usahanya. Tidak hanya untuk pebisnis baru saja, namun pengusaha juga membutuhkannya untuk mengembangkan bisnisnya.

Hanya saja untuk menggunakannya butuh orang yang kompeten di bidangnya. Salah satunya harus memilih web hosting terbaik. Bagi orang awam, tentunya Anda mungkin kesulitan memilih yang tepat untuk kebutuhan bisnis. Karena saat ini pilihannya ada banyak dan semuanya menawarkan kelebihannya tersendiri.

Untuk itu supaya lebih mudah memilih antara dedicated server vs cloud hosting, kali ini akan kami jelaskan perbedaan keduanya. Sehingga Anda tahu harus memilih yang mana sesuai dengan kebutuhan saat ini. Supaya pemanfaatannya bisa semakin lebih maksimal.

Deskripsi Dedicated Server

Ini adalah server fisik yang bisa dibeli atau disewa secara keseluruhan untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Sehingga Anda bebas melakukan kustomisasi kapan saja tanpa harus berbagi layanan dengan lain. Itu artinya servernya hanya akan digunakan oleh diri Anda sendiri.

Jenis ini cocok sekali digunakan untuk perusahaan besar yang selalu membutuhkan jaminan keamanan data tinggi. Di mana mereka selalu membutuhkan server yang siap berjalan selama 24 jam penuh setiap hari. Sementara itu, untuk menggunakannya sangat mudah! Karena tinggal pilih sistem operasinya saja.

Penyewaan atau pembeliannya bertujuan untuk mendukung kebutuhan bisnis perusahaan. Jadi bila ditanya di mana letak perbedaan dedicated server vs cloud hosting ini sudah jelas teknologinya sangat ampuh untuk membantu pemakaian aplikasi I/O yang berat. Misalnya saja seperti platform Big Data dan database.

Namun bila Anda memakai dedicated, artinya harus menyiapkan ruang penyimpanan dan keahlian IT yang memadai untuk mengelola jalannya pemeliharaan secara rutin. Dalam hal ini, teknologi ini bisa dipilih bila membutuhkan tingkat keamanan data yang tinggi. Sehingga cocok sekali untuk perusahaan yang menggunakan aplikasi berat.

Namun bila Anda memilih menggunakan layanannya, sebaiknya jangan lupa merekrut tenaga IT yang sudah ahli. Di mana mereka akan selalu siap menangani masalah pemeliharaan perangkat supaya berjalan dengan lancar. Karena tanpa tenaga IT yang profesional, teknologinya tidak bisa berjalan dengan lancar.

Deskripsi Cloud hosting

Sebelum membahas lebih jauh tentang dedicated server vs cloud hosting, saatnya memahami salah satunya terlebih dahulu. Yaitu cloud hosting di mana pengelolaannya dikontrol sepenuhnya oleh penyedianya langsung. Sehingga cocok sekali untuk mereka yang ingin melakukan modifikasi hardwarenya.

Misalnya saja untuk upgrade dan downgrade demi kebutuhan bisnis. Kelebihan dari teknologi cloud adalah bisa membuat kinerja sektor IT lebih maksimal tapi sangat hemat. Sehingga cocok juga untuk perusahaan kecil hingga menengah yang memiliki modal terbatas.

Anda hanya perlu menyiapkan biaya seperlunya saja untuk development system. Itupun bisa langsung digunakan selama 24 jam non stop bebas biaya bulanan. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melakukan modifikasi untuk membuatnya sebanding dengan layanan dedicated hosting. 

Hal ini berkaitan langsung dengan keamanan data dan performanya. Cukup beberapa klik saja, Anda bisa langsung melakukan konfigurasi hardware di lingkungan virtual yang disiapkan perusahaan cloud. Jadi prosedurnya sangat sederhana sekali. Hanya dengan beberapa prosedur saja Anda bisa mengaksesnya tanpa batas.

Selain itu, bila ditanya tentang dedicated server vs cloud hosting, tentunya tidak ada yang menolak dukungan load balancing. Teknologi ini hanya bisa ditemukan pada sistem cloud. Sehingga Anda bisa membagi traffic pada VM-nya. Ini cocok sekali untuk para blogger yang situs aplikasinya sudah populer.

Sehingga sudah menggunakan system high availability karena digunakan banyak orang. Namun meskipun begitu, Anda masih tetap bisa memulainya dari hal terkecil dulu. Barulah setelah situs mulai ramai pengunjung, spesifikasinya bisa lebih ditingkatkan supaya bisa beradaptasi dengan kondisi traffic.

Perbedaan Dedicated Server vs Cloud Hosting

Sebenarnya keduanya sama-sama bisa memberikan performa IT maksimal. Hanya saja bila berbicara tentang karakteristiknya, sudah pasti keduanya memiliki ciri-ciri berbeda. Maka dari itu kenali dulu karakteristiknya supaya tahu mana yang cocok untuk Anda. Berikut adalah perbedaan dari dedicated server dan cloud hosting:

  1. Perbedaan paling mencolok adalah dari segi kecepatannya saat menerima sumber daya online. Saat memakai teknologi cloud, maka Anda bisa mendapat sumber daya tersebut hanya dalam beberapa menit saja. Sedangkan bila dedicated hosting itu butuh waktu sampai berminggu-minggu lamanya.
  2. Dari segi kecepatan dalam memperbarui hardwarenya juga sangat berbeda. Jenis hardware yang dimaksud meliputi CPU, disk space, dan RAM. Dalam melakukan update hardware menggunakan cloud bisa dilakukan dalam beberapa klik saja. Sedangkan dedicated butuh waktu lama karena harus menggantikan hardware pada pusat data.
  3. Dari segi dana yang harus disiapkan sudah pasti cloud itu jauh lebih hemat. Karena Anda hanya perlu membayar biaya perlengkapannya saja, seperti RAM, storage, dan CPU. Sedangkan bila dedicated hosting itu biayanya lebih mahal karena harga hosting fisiknya juga demikian.
  4. Jika berbicara tentang keamanan datanya, dedicated adalah pilihan terbaik. Karena bila hanya mengandalkan cloud, maka keamanan datanya tidak bisa dijamin sepenuhnya. Jadi dalam hal ini untuk sistem keamanan datanya yang lebih unggul adalah dedicated hosting.
  5. Saat menggunakan cloud maka cara mengelolanya bisa dilakukan langsung dari perangkat mobile android dan iOS. Sedangkan pada layanan dedicated tidak demikian. Semuanya harus dikerjakan secara manual karena tidak didukung dengan fitur perangkat mobile. Itu artinya untuk sistemnya tidak mobile.

Cara Memilih Dedicated Server Vs Cloud Hosting

Setelah melihat dari segi perbedaannya, tentunya saatnya memilih mana yang terbaik diantara keduanya. Sebenarnya berbicara tentang yang terbaik itu jawabannya relatif. Karena semuanya harus disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang. Berikut ini adalah cara menentukan pilihan antara dedicated server vs cloud hosting sesuai kebutuhan:

  1. Jika Anda membutuhkan sumber daya cepat, sebaiknya pilih teknologi cloud saja. Karena cloud hosting itu bisa bekerja dengan cepat cukup beberapa menit saja. Sedangkan bila menggunakan dedicated hosting itu butuh waktu sampai berminggu-minggu hanya untuk mendapatkan sumber daya secara online.
  2. Baik dedicated ataupun cloud itu sama-sama bisa melakukan upgrade CPU, RAM, dan disk space. Hanya saja bila berbicara tentang prosedur yang sederhana, maka cloud adalah jawabannya. Karena bila menggunakan dedicated itu butuh waktu untuk mengganti hardware pada data centernya secara manual.
  3. Dari segi biaya, bila Anda memiliki dana terbatas sebaiknya pilih layanan cloud. Karena Anda hanya perlu membayar sesuai kebutuhan saja dari RAM, CPU, dan storage. Sedangkan bila memakai dedicated itu harus membeli hosting fisiknya yang mahal.

Selain melihat dari beberapa hal tersebut, cara menentukan pilihan di antara keduanya adalah lihatlah dari segi keamanannya. Jika Anda membutuhkan jaminan perlindungan keamanan yang tinggi, maka dedicated solusinya. Karena bila melihat dari keamanan antara dedicated server vs cloud hosting, sudah pasti itu yang terbaik.

Cloud Raya menyediakan layanan hosting bagi berbagai keperluan website Anda, mulai dari shared hosting, VPS, hingga dedicated cloud hosting. Tentunya layanan ini didukung layanan managed service oleh tim IT profesional selama 24/7. Konsultasikan kebutuhan Anda dan hubungi kami. Buka website www.cloudraya.com dan dapatkan informasi dan penjelasan lebih lengkap mengenai layanan Cloud Raya.

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya