ARTICLE
Mengenali Apa itu Cloud Hosting dan Keunggulannya

Mengenali Apa itu Cloud Hosting dan Keunggulannya

27 Juni 2022 by Marketing Cloudraya

Anda cukup sering mendengar istilah cloud hosting atau melihat berbagai iklan penyedia layanan hosting, bukan? Pada era digitalisasi sekarang ini, istilah hosting mungkin cukup sering untuk ditemui ataupun dijumpai. Di mana hosting dapat diartikan sebagai layanan yang dipergunakan untuk menyimpan berbagai data pada sebuah website. Jika diibaratkan, hosting ini dapat dikatakan sebagai ‘hunian’ untuk sebuah website.

Nah, berbagai data yang dimuat dalam hosting ini sebenarnya memiliki jenis yang beragam. Pentingnya, kehadiran hosting pada website, membuat penggunaan hosting tidak boleh diabaikan dan perlu mendapatkan pertimbangan.

Lantas, aspek apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakan layanan hosting? Berikut pembahasannya.

Apa itu Cloud Hosting dan Keunggulan Cloud Hosting untuk Website

Sumber : https://pixabay.com/id/illustrations/server-data-komputer-jaringan-5451985/

Jika diibaratkan, hosting sendiri dapat dikatakan sebagai ‘hunian’ untuk sebuah website.  Kemudian, untuk cloud hosting dapat didefinisikan sebagai sebuah jenis web hosting yang mempergunakan resource terhadap beberapa server untuk menyamaratakan load dan melakukan peninjauan terhadap keoptimalan uptime.

Namun, untuk menggunakan cloud hosting secara optimal. Anda perlu memahami terlebih dahulu serba-serbi cloud hosting mulai dari perbedaannya dengan jenis hosting lainnya, keunggulan cloud hosting, sampai jenis-jenis cloud hosting yang dapat digunakan.

1.     Perbedaan Hosting Tradisional & Cloud Hosting

Terdapat perbedaan yang cukup signifikan ditemui pada hosting tradisional dan cloud hosting. Yakni, dalam penggunaannya cloud hosting tidak memerlukan tempat penyimpanan fisik atau hardware layaknya hosting tradisional.

Hosting tradisional sendiri merupakan jenis layanan hosting yang memiliki peranan serupa, namun dikemas dengan pengelolaan berbeda. Dimana seperti yang telah disebutkan tadi, hosting tradisional memerlukan tempat penyimpanan fisik untuk melakukan aktivitas penyimpanan.

2.     Keunggulan Cloud Hosting

Sebagai bahan pertimbangan Anda berikutnya, berbagai keunggulan yang dimuat dalam hosting modern atau cloud hosting perlu Anda ketahui dan pahami terlebih dahulu. Dimana sebelumnya telah sempat disinggung bahwa sisi performa performa cloud hosting jika dibandingkan dengan hosting tradisional. Dapat dikatakan jauh lebih baik, dan memiliki kinerja yang lebih efisien.

Bahkan, jika dilihat dari segi biaya sekalipun. Cloud hosting tetap dinilai lebih unggul karena menyesuaikan dengan kapasitas penggunaan dan penyediaan layanan.

3.     Jenis-jenis Cloud Hosting

Setidaknya, ada empat jenis cloud hosting yang umumnya dikenal dan digunakan banyak orang. Diantaranya adalah shared hosting, Virtual Private Server (VPS), erta yang terakhir adalah Managed hosting.

4.     Tips Memilih Cloud Hosting yang Aman untuk Website

Ketika memutuskan untuk memilih cloud hosting yang hendak Anda pergunakan pada website, maka provider atau layanan hosting yang terpercaya dan aman perlu dijadikan pilihan. Terlebih, jasa hosting sendiri sebenarnya terfokus pada pemeliharaan website.

Jadi, bagaimana? Apakah pertimbangan Anda untuk menggunakan cloud hosting sudah mantap? Atau masih memerlukan referensi yang lebih dari ini? Cari tahu lebih lanjut mengenai keunggulan, jenis-jenis cloud hosting, sampai tips memilih cloud hosting yang aman pada artikel Apa itu Cloud Hosting dan Keunggulan Cloud Hosting untuk Website.

Berbagai Keuntungan Memakai Cloud Hosting

Sumber : https://pixabay.com/id/illustrations/bodoh-internet-untuk-segala-jaringan-3337536/

Apakah Anda sering menjumpai istilah cloud hosting saat berselancar di dunia maya? Atau bahkan, saat ini Anda tengah berkeinginan kuat untuk membentuk website dan hendak menggunakan jasa penyedia layanan cloud hosting yang tepat? Tentunya, sebagai seorang pemilik website Anda menginginkan berbagai data website Anda tersimpan dengan aman bukan? Maka dari itulah, cloud hosting hadir sebagai hunian website Anda, yang dilengkapi dengan metode penyimpanan cloud computing.

4 Keuntungan Memakai Cloud Hosting

Sumber : https://pixabay.com/id/illustrations/komputasi-awan-sistem-cloud-awan-2153286/

Cloud computing atau komputasi awan sendiri merupakan metode penyimpanan berbasis internet. Di mana cloud computing ini merupakan perangkat server kompatibel yang dapat diakses di mana saja, selama Anda terkoneksi dengan jaringan internet. Tentunya, hal ini dapat menghantarkan kemudahan terhadap berbagai kegiatan Anda, layaknya mengolah, menyimpan, dan mengakses data dapat Anda lakukan dengan mudah.

Keuntungan memakai cloud hosting ini tidak sebatas sampai dihadirkannya metode penyimpanan kompatibel berupa cloud computing. Karena nyatanya, ada berbagai keuntungan yang dapat diperoleh ketika Anda mengenakan cloud hosting. Lantas apa saja berbagai keuntungan tersebut? Berikut adalah pembahasannya!

1.     Menghadirkan Teknologi yang Membuat Website Selalu Online

Pengelolaan data yang ditransfer menggunakan server progresif, menghadirkan kecepatan performa yang baik terhadap aktivitas cloud hosting. Tentunya, hal ini merupakan salah satu keuntungan penggunaan cloud hosting. Di mana cloud hosting sendiri dapat dikatakan sebagai shared hosting yang disajikan dengan versi yang lebih lengkap, karena mampu digunakan untuk beberapa server sekaligus.

2.     Kemudahan dalam Mengelola Situs

Keuntungan lain yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan cloud hosting ialah kemudahan yang dihadirkan dalam melakukan pengelolaan situs. Mengapa demikian? Tentunya, hal ini disebabkan karena adanya berbagai pengaturan variatif yang mampu dioperasikan dengan mudah.

Maka dari itulah, pemilik website tidak merasakan kesulitan dalam meningkatkan metode penyimpanannya menjadi cloud computing.

3.     Pengamanan Tingkat Tinggi

Biasanya, penyedia layanan cloud hosting telah mengantongi sertifikat keamanan resmi yang telah diakui dunia, misalnya saja ISO 27001:2013 dan TIA-942 untuk keamanan Data Centernya.

Selain itu, provider cloud hosting juga akan melakukan update dan mainantance rutin pada hardware dan software yang digunakannya sehingga cloud Anda akan aman dari ancaman

4.     Layanan Bantuan Pada Cloud Hosting

Keuntungan berikutnya adalah layanan bantuan yang disajikan oleh cloud hosting. Layanan bantuan yang dapat dikatakan lengkap ini, juga menjadi salah satu keuntungan menggunakan cloud hosting. Sehingga, Anda tidak perlu bingung dan pusing untuk mencari tahu kiat pengelolaan website dan pemberlakuan update.

Itulah berbagai keuntungan yang dihadirkan ketika Anda memutuskan untuk menggunakan cloud hosting. Jadi, apakah Anda tertarik menggunakan jasa penyedia cloud hosting? Jika Anda masih memerlukan berbagai informasi penunjang, maka artikel 4 Keuntungan Memakai Cloud Hosting mungkin dapat membantu Anda untuk mencari informasi cloud hosting dalam lingkup yang lebih luas dan penyajian yang lebih menyeluruh.

Mengenali Peranan Layanan Cloud Hosting dan Berbagai Layanan Web Hosting yang Umum Digunakan

sumber : https://pixabay.com/id/photos/laptop-apel-papan-ketik-teknologi-2589420/

Usai mengenal definisi dan berbagai peranan hosting, untuk Anda yang tengah memerlukan layanan web hosting yang tepat, Anda juga perlu memahami betul serba-serbi hosting agar dapat merealisasikan penggunaan hosting secara optimal. Dimana sebelumnya, pembahasan mengenai cloud hosting telah lebih dahulu dijelaskan. Lantas, apa saja serba-serbi yang perlu dipertimbangkan? Berikut pembahasannya.

Memilih Layanan Web Hosting dengan Tepat

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/mengetik-kerja-macbook-laptop-2558213/

Pada pembahasan ini jenis-jenis web hosting menjadi topik yang akan ditinjau berikutnya. Dimana webhosting sendiri memiliki berbagai jenis yang dapat Anda perimbangkan dan tinjau terlebih dahulu.

Jadi, tidak hanya mempertimbangkan jenis hosting yang akan dipergunakan, Anda juga perlu melakukan peninjauan dan mempertimbangkan jenis web hosting seperti apa yang nantinya akan dikenakan. Lantas, apa saja jenis-jenis hosting yang penting untuk Anda ketahui?

1.     Shared Hosting

Shared Hosting merupakan jenis cloud hosting yang cocok untuk digunakan oleh pemula. Ketika menggunakan jenis hosting yang satu ini, maka Anda harus menggunakan satu server yang dikenakan oleh lebih dari satu pengguna. Yang artinya, Anda akan berbagi fasilitas dengan pengguna lain.

2.     Cloud Hosting

Cloud hosting sendiri juga dapat diartikan sebagai layanan hosting yang terintegrasi dengan cloud dan internet. Yang artinya, pada jenis hosting yang satu ini segala aktivitas penyimpanan data dan file di dalam sebuah website, disimpan dalam cloud atau server virtual, melalui adanya jaringan internet.

3.     VPS Hosting

Virtual Private Server (VPS) merupakan jenis web hosting dengan resource yang  hanya dapat digunakan untuk satu pengguna. Saat menggunakan jenis web hosting yang satu ini, Anda mampu memanfaatkan berbagai fasilitas tanpa terpengaruh dengan pengguna lain.

4.     Dedicated Hosting

Kemudian Dedicated Hosting, merupakan jenis web hosting yang memungkinkan pengguna dalam memanfaatkan keseluruhan server untuk websitenya sendiri. Dimana hosting yang satu ini memiliki resource yang cukup amat besar.

5.     WordPress Hosting

WordPress Hosting merupakan jenis hosting yang mirip dengan shared hosting, dimana jenis hosting ini tersedia dalam platform WordPress.

Jika Anda masih memerlukan berbagai informasi penunjang, maka artikel 5 Jenis Layanan Web Hosting yang Paling Banyak Digunakan mungkin dapat membantu Anda untuk mencari informasi web hosting dalam lingkup menyeluruh.

Keunggulan Cloud Hosting, dan Berbagai Peranan Layanan Hosting Lainnya

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/wanita-komputer-kantor-bekerja-5653501/

Setiap layanan hosting yang dihadirkan tentu memiliki definisi dan peranannya masing-masing. Maka dari itulah, muncul berbagai jenis dan perbedaan tersendiri terhadap layanan hosting web, dan berikut ini adalah pembahasannya.

Berbagai Jenis Hosting dan Perbedaannya

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/desktop-komputer-ruang-kerja-5636733/

Antara lain, ragam jenis hosting web dapat terbagi menjadi lima. Dimana keempat jenis ini memiliki peranan yang berbeda dan keunggulannya masing-masing.

  • Shared Hosting
  • Managed Hosting
  • VPS Hosting
  • Dedicated Hosting
  • Cloud Hosting

Dimana kelima jenis hosting ini memiliki berbagai perbedaan jika dilihat dari berbagai perspektif. Lantas, apa saja berbagai perbedaan yang dapat ditimbulkan? Berikut ini adalah pembahasannya.

1.     Perbedaan Segi Penggunaan

Dari segi penggunaan, kelima jenis web hosting ini memiliki perbedaan sebagai berikut.

  • Shared Hosting, pemanfaatan fasilitas digunakan bersama
  • Managed Hosting, memberlakukan tata kelola dengan sistem managed
  • VPS Hosting, memberlakukan penggunaan server fisik untuk kemudian terbagi dalam server kecil
  • Dedicated Hosting, penggunaan server utama secara utuh dan menyeluruh.
  • Cloud hosting, mengedepankan resource.

2.     Perbedaan Segi Pengertian

Dari segi pengertian, kelima jenis web hosting ini memiliki perbedaan sebagai berikut.

  • Shared Hosting, layanan bagi pengguna dengan server yang sama.
  • Managed Hosting, layanan pengembangan optimalisasi website.
  • VPS Hosting, layanan dari satu jenis server
  • Dedicated Hosting, layanan fasilitas server yang utuh
  • Cloud hosting, layanan yang terintegrasi dengan cloud internet.

3.     Perbedaan Segi Keunggulan

Dari segi keunggulan, kelima jenis web hosting ini memiliki perbedaan sebagai berikut.

  • Shared Hosting, harganya sangat terjangkau
  • Managed Server, tata kelola server yang mumpuni.
  • VPS Hosting, konfigurasi keamanan yang baik
  • Dedicated Hosting, pengoperasian dan pengaturan panel yang optimal.
  • Cloud Hosting, sistem penyimpanan fleksibel.

4.     Perbedaan Segi Harga

Dari segi keunggulan, kelima jenis web hosting ini memiliki perbedaan sebagai berikut.

  • Shared Hosting, harganya sangat terjangkau namun penyajian fitur kurang lengkap.
  • Managed Server, memiliki kisaran harga yang lebih mahal dari shared hosting namun menghadirkan tata kelola yang baik.
  • VPS Hosting, konfigurasi keamanan yang baik dengan harga yang cukup tinggi
  • Dedicated Hosting, layanan hosting untuk profesional dengan harga tinggi.
  • Cloud Hosting, sistem penyimpanan yang fleksibel dengan harga terjangkau.

Jika Anda masih memerlukan berbagai informasi penunjang, maka artikel Berbagai Jenis Hosting dan Perbedaannya mungkin dapat membantu Anda untuk mencari informasi web hosting dalam lingkup menyeluruh.

Temukan artikel seputar cloud lainnya di blog dan knowledge base Cloud Raya. Atay, Anda bisa cari tahu fitur apa saja yang ada di panel Cloud Raya dengan cara registrasi gratis, di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image