ARTICLE
5 Jenis Layanan Web Hosting yang Paling Banyak Digunakan

5 Jenis Layanan Web Hosting yang Paling Banyak Digunakan

31 Desember 2021 by Marketing Cloudraya

Website memerlukan layanan web hosting agar bisa diakses melalui internet. Ada beberapa jenis hosting berdasarkan kapasitas dan kriteria tertentu. Setiap jenis hosting tersebut mempunyai fitur dan harga berbeda. Fungsi hosting yaitu untuk menyimpan data web, membuat website punya performa baik, melindungi dari hacker dan mendukung SEO untuk optimasi website.

Jika Anda sedang membutuhkan layanan hosting yang tepat, mari simak 5 jenis layanan web hosting yang paling banyak digunakan berikut ini!

1.     Shared Hosting

Shared hosting seperti namanya “shared” berarti jenis layanan web hosting ini menyediakan hosting yang servernya digunakan oleh banyak user sekaligus. Dari sisi keunggulan jenis shared hosting mempunyai harga yang ekonomis. Shared hosting sangat cocok untuk pemula atau seseorang yang sedang belajar dalam pengembangan website. 

Lebih dari satu user akan menggunakan server yang sama. Jika Anda menggunakan shared hosting berarti Anda berbagi fasilitas seperti kapasitas penyimpanan, kecepatan server dengan user lain. Jika ada kerusakan di satu server maka semua user bisa terkena dampak yang sama.  

2.     Cloud Hosting

Cloud hosting termasuk salah satu hosting yang populer dengan fitur yang oke tapi harganya relatif mahal. Harga cloud hosting di tiap layanan penyedia jasa hosting dapat berbeda-beda, juga dipengaruhi oleh fitur apa saja yang didapatkan oleh user.

Cloud hosting cocok untuk website dengan trafik tinggi atau butuh kapasitas penyimpanan besar. Setiap user akan mendapatkan server dan resource sendiri. Cloud hosting memberikan kemudahan untuk user tidak perlu paham teknis server karena pengelolaan server dilakukan oleh penyedia layanan tersebut.

3.     VPS Hosting

VPS hosting singkatan dari Virtual Private Server Hosting, yaitu jenis layanan web hosting dimana resource hanya digunakan oleh satu user. VPS hosting memberikan kebebasan untuk setiap user dalam mengatur dan mengelola resource yang ada. Dengan kata lain, user yang menggunakan VPS hosting sebaiknya paham dengan teknis dalam mengelola server secara mandiri.

Keunggulan dari VPS hosting adalah adanya fitur private resource, user bebas untuk mengelola banyak akun hosting lainnya sendiri, bebas pilih sistem operasi dan tidak terpengaruh user lain. Harga yang ditawarkan untuk VPS hosting relatif mahal dibanding jenis layanan web hosting lainnya.

4.     Dedicated Hosting

Dedicated hosting berarti satu server disediakan khusus untuk satu user. Keunggulan dari jenis hosting ini yaitu punya resource sangat besar, mampu menyimpan big data, ada akses root untuk mengatur server. Namun, dari segi harga jenis hosting dedicated hosting ini sangat mahal.

5.     WordPress Hosting

WordPress adalah salah satu platform untuk membuat website dan blog yang sangat populer di Indonesia. Beberapa penyedia layanan web hosting menyediakan pilihan khusus untuk wordpress hosting. Hosting jenis ini khusus untuk pengguna WordPress saja.

User diberi kemudahan untuk membangun website hanya dengan beberapa langkah saja. Jenisnya mirip dengan shared hosting di mana user harus berbagi fasilitas hosting dengan user lainnya. Harganya relatif terjangakau dan cocok untuk pemula dalam pembuatan website.

Itulah 5 jenis layanan web hosting yang populer saat ini. Semoga dengan penjelasan ini Anda bisa lebih mudah menentukan jenis hosting yang cocok untuk kebutuhan Anda. Jika Anda masih bingung menentukan jenis hosting yang tepat, Anda bisa berkonsultasi dahulu kepada penyedia layanan hosting tersebut.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image