ARTICLE
Apa itu Ecommerce? Berikut Pengertian, Jenis, serta Manfaatnya!

Apa itu Ecommerce? Berikut Pengertian, Jenis, serta Manfaatnya!

26 Oktober 2021 by Marketing Cloudraya

Sejak kemunculan internet, kemudahan dalam mengakses sesuatu hanya dari layar ponsel semakin meningkat dan canggih. Kecanggihan teknologi telah berhasil mengubah tatanan kehidupan manusia. Karenanya, Peluang bagi para pebisnis kian menarik, pun para pengguna mendapatkan kemudahan akses berbelanja secara online.

Namun, belum banyak pengguna dan pebisnis memahami apa itu Ecommerce berdasarkan pengertian, jenis dan manfaat sesungguhnya. Padahal, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memahami detail mengenai Ecommerce.

Mengenal Apa itu Ecommerce

Ecommerce merupakan singkatan dari electronic commerce atau perdagangan elektronik. Ecommerce berdasarkan para ahli yaitu suatu proses yang dilakukan konsumen dalam melakukan jual-beli berbagai produk secara elektronik dari satu perusahaan ke perusahaan lain menggunakan media komputer sebagai transaksi bisnis. Lebih singkatnya Ecommerce merupakan kegiatan transaksi jual beli via elektronik menggunakan media jaringan internet.

Jenis-Jenis Ecommerce

Setelah memahami Apa itu Ecommerce sesungguhnya, saatnya mengetahui jenis-jenisnya berikut ini:

1. Business to Business (B2B)

Pertama ialah jenis B2B, merupakan ecommerce yang terjadi saat transaksi elektronik dilakukan oleh suatu perusahaan penjual jasa/produk dengan perusahaan lainnya. Umumnya dilakukan sebagai upaya sinergisme atau saling berkepentingan dalam menjalankan bisnis.

2. Business to Customer (B2C)

B2C berbeda sedikit dengan B2B, merupakan jenis ecommerce ketika terjadi transaksi antara produsen barang atau jasa dengan konsumen langsung. Jenis B2C paling banyak diminati, terutama saat Anda bertransaksi di sebuah toko online.

3. Consumer to Consumer (C2C)

Jenis C2C terjadi saat adanya transaksi secara elektronik antar individua tau dari konsumen kepada konsumen lainnya. Umumnya seperti transaksi melalui pihak ketiga penyedia platform online untuk transaksi tersebut, Seperti jika Anda menjual barang bekas milik pribadi kepada orang lain secara online.

4. Consumer to Bussines (C2B)

Kebalikan dari jenis B2B, transaksi terjadi ketika individu menyediakan layanan jasa/barang kepada perusahaan yang tengah mencari layanan tersebut. Contoh, seorang desainer grafis menawarkan jasa profesionalnya kepada perusahaan.

5. Consumer to Public Administration (C2A)

Jenis ini terbilang unik karena terjadi jika transaksi via elektronik melibatkan antara individu atau perseorangan dengan lembaga pemerintah. Seperti pembayaran pajak, iuran asuransi kesehatan, dan lainnya dari individu kepada pemerintah.

6. Business to Public Administration (B2A)

Serupa dengan C2A, yang membedakan hanya instansi yang dilibatkan, yaitu terjadi ketika adanya transaksi via elektronik antara perusahaan dengan lembaga pemerintahan atau administrasi publik. Pihak bisnis menawarkan berbagai jenis produknya yang dibutuhkan demi mendukung operasional dan proyek pemerintahan.

Manfaat Ecommerce

Keuntungan bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan Ecommerce untuk menjangkau pasar global tanpa direpotkan investasi besar-besaran. Manfaat lebih lanjut simak penjelasan berikut ini:

Jangkauan Pasar Luas dan Hemat Biaya

Calon customer dari berbagai daerah bisa melakukan transaksi via toko online. Tentunya hal ini menjadi keuntungan bagi kedua belah pihak, penjual menekan biaya promosi, sedangkan customer mendapatkan harga lebih murah dibandingkan distributor offline.

Tidak Terbatas Waktu

Berbeda dengan toko fisik dengan jam operasional tertentu, ecommerce menyediakan layanan 24 jam nonstop bagi customer kapanpun ingin mengakses dan membeli barang atau jasa tersebut. Karenanya, konsumen dan produsen sama-sama diuntungkan lewat memanfaatkan dan mempelajari apa itu Ecommerce.

Permudah Transaksi

Metode pembayaran semakin mudah dilakukan kapanpun dimanapun hanya via elektronik, sehingga transaksi semakin mudah dibanding komersial. Jasa pengiriman barang pun kian beragam dengan estimasi waktu lebih cepat. Sehingga, menguntungkan bagi bisnis kecil atau rintisan untuk berkembang.

0 0 votes
Article Rating

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x