ARTICLE
Mengenal Definisi dan Cara Kerja Gateway dengan Mudah

Mengenal Definisi dan Cara Kerja Gateway dengan Mudah

29 September 2021 by Marketing Cloudraya

Definisi Gateway dan Fungsinya

Definisi Gateway adalah perangkat penghubung jaringan yang dapat digunakan untuk menghubungkan dua perangkat dalam dua jaringan berbeda. Pada dasarnya, fungsi dari gateway ialah sebagai “gerbang (gate)” antara dua jaringan.

Hal tersebut dapat berupa server, firewall, router, atau perangkat lain yang menggunakan traffic untuk mengalirkannya melalui jaringan. Gateway berfungsi sebagai titik keluar dan masuk untuk jaringan karena semua data harus melalui gateway komunikasi sebelum dirutekan.

Gateway adalah perangkat paling cerdas di antara perangkat penghubung jaringan. Cerdas dalam hal kerjanya, kontrol kesalahan, perutean paket data, kecepatan transmisi, dan sebagainya. Selain itu, jugamerupakan kombinasi dari komponen perangkat keras maupun perangkat lunak.

Salah satu fitur utama menggunakan gateway adalah Anda dapat memiliki kontrol perutean untuk jaringan yang berbeda melalui gateway. Dengan cara ini, arus traffic di saluran transmisi untuk jaringan yang berbeda dapat dengan mudah dikontrol oleh gateway.

Manfaat Gateway

Dikutip dari After Academy, adapun beberapa keuntungan dari menggunakan Gateway ialah:

  • Dapat menghubungkan perangkat dari dua jaringan berbeda yang memiliki struktur berbeda
  • Perangkat cerdas dengan kemampuan filter
  • Dapat meningkatkan keamanan daripada perangkat penghubung jaringan lainnya
  • Menggunakan mode komunikasi dupleks penuh
  • Dapat merangkum dan mendekapsulasi paket data
  • Memiliki kecepatan transmisi data tercepat di antara semua perangkat penghubung jaringan
  • Dapat menerjemahkan data dan mengkonversi protokol paket data sesuai kebutuhan jaringan tujuan

Cara Kerja Gateway

Tidak jauh definisi gateway yang telah dijelaskan diatas, secara umum cara kerja dari gateway merupakan sebuah proses jaringan yang bisa terhubung sampai ke jaringan yang berbeda. Di perusahaan besar, komputer yang menangani traffic antara jaringan perusahaan diberi nama node gateway. Misalnya, komputer yang digunakan oleh penyedia layanan Internet untuk menghubungkan pengguna ke web adalah node gateway.

Gateway dapat dihubungkan langsung ke router karena router secara tepat dapat menyalurkan jalur perutean paket data yang muncul di gateway. Kemudian, switch memilih jalan masuk dan keluar dari gateway untuk paket data yang telah ditetapkan.

Perbedaan Definisi Gateway, Router, dan Switch

Gateway sering dikaitkan dengan router dan switch. Router berfungsi untuk merutekan paket data (sampai di gateway) ke node yang benar di jaringan tujuan. Sementara itu, switch menentukan jalur sebenarnya dari data masuk dan keluar dari gateway.

Secara umum, gateway memperluas fungsi router dengan melakukan terjemahan data dan konversi protokol. Misalnya, router dapat bertindak sebagai gateway dalam satu jaringan. Dengan cara yang sama, switch, server, firewall, dll juga dapat digunakan sebagai gateway di tempat yang berbeda. Tentunya sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Jenis Gateway

Berdasarkan arah aliran data, gateway secara luas dibagi menjadi dua kategori:

  • Unindirectional Gateway (Gateway Searah)

Gateway jenis ini memungkinkan data mengalir hanya dalam satu arah. Perubahan yang dibuat di node sumber direplikasi di node tujuan, tetapi tidak sebaliknya. Gateway searah dapat digunakan sebagai alat penyimpanan.

  • Bidirectional Gateway (Gateway Dua Arah)

Sedangkan jenis gateway ini memungkinkan data mengalir di kedua arah. Gateway jenis ini dapat digunakan sebagai alat sinkronisasi.

Sedangkan, jika berdasarkan fungsinya ada berbagai jenis gateway. Yang paling umum untuk ditemui adalah:

  • Gateway Jaringan (Network Gateway)

Ini adalah jenis gateway paling umum yang menyediakan interface antara dua jaringan berbeda yang beroperasi dengan protokol berbeda. Setiap kali istilah gateway disebutkan tanpa menentukan jenisnya, biasanya hal tersebut merujuk pada gateway jaringan.

  • Cloud Storage Gateway

Node jaringan atau server yang menerjemahkan permintaan penyimpanan dengan panggilan API layanan penyimpanan cloud yang berbeda, seperti SOAP (Simple Object Access Protocol) atau REST (REpresentational State Transfer). Jenis gateway ini memfasilitasi integrasi penyimpanan cloud pribadi ke dalam aplikasi tanpa memerlukan transfer aplikasi ke public cloud apa pun, sehingga dapat menyederhanakan komunikasi data.

  • IoT Gateway

Gateway IoT menggabungkan data sensor dari perangkat IoT (Internet of Things) di lapangan dan menerjemahkan antar protokol sensor sebelum mengirimkannya ke jaringan cloud. Dengan begitu, gateway IoT dapat menghubungkan perangkat IoT, jaringan cloud, dan aplikasi pengguna.

Penjelasan di atas merupakan pengenalan umum seputar definisi gateway, cara kerja, dan macam-macamnya. Anda juga dapat melihat artikel selainnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang istilah-istilah dalam dunia teknologi.

Untuk mendapatkan informasi lebih mengenai teknologi silahkan mengunjungi blog Cloud Raya. Atau, jika Anda membutuhkan solusi teknologi untuk bisnis silahkan hubungi kami melalui live chat.

0 0 votes
Article Rating

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x