ARTICLE
Apa Itu Cloud Storage dan Cara Kerja Cloud Storage

Apa Itu Cloud Storage dan Cara Kerja Cloud Storage

16 Maret 2021 by Marketing Cloudraya

Cara kerja cloud storage sangat penting untuk diketahui. Itu karena, keberadaannya menjadi sangat vital di tengah kondisi masyarakat yang terus berkembang. Sebenarnya, keberadaan hal baru ini berhubungan dengan proses penyimpanan dan pengiriman file. Sebelumnya, pengiriman dan penyimpanan file terkesan rumit.

Itu karena, dibutuhkan perangkat keras sebagai medianya. Perangkat kerasnya sendiri seperti flashdisk dan hard disk. Keberadaan keduanya dapat dikatakan sudah cukup mempermudah beberapa aktivitas. Namun tanpa flashdisk dan hard disk, penyimpanan dan pengiriman file tersebut tidak bisa dilakukan.

Pada zaman sekarang, fungsi keduanya sudah sangat menurun. Itu karena, penyimpanan dan pengiriman file bisa dilakukan tanpa keberadaan perangkat keras. Bisa dibilang, cara kerja cloud storage memang sangat memudahkan aktivitas ini. Untuk memahaminya, mari membahas secara detail dari pengertiannya terlebih dahulu.

Berikut Pengertian dari Cloud Storage

Pengertian adalah hal pertama yang perlu dipahami. Tanpa memahami pengertiannya, sulit untuk mengetahui cara kerja secara menyeluruh. Jika perlu dijabarkan, cloud storage sendiri sebenarnya merupakan media penyimpanan berbasis online. Dengan itu, koneksi internet dibutuhkan ketika hendak melakukan akses pada file di dalamnya.

Sebenarnya, keberadaan media ini masih sangat baru. Namun karena kemudahan yang ditimbulkan, jumlah peminatnya berkembang pesat. Sebenarnya untuk memahami kemudahan tersebut, cara kerja cloud storage perlu diketahui secara detail. Namun untuk mempermudah, mari membuat sebuah perbandingan.

Sebelumnya, proses penyimpanan file dilakukan secara offline. Karena dilakukan secara offline, perangkat keras sangat dibutuhkan untuk menyimpannya. Ketahanan perangkat keras tentu memiliki batas waktu. Oleh sebab itu, file akan ikut mengalami kerusakan apabila perangkatnya juga rusak. Kondisi berbeda akan terlihat apabila cloud storage digunakan.

File tidak akan disimpan pada perangkat pribadi. Namun, file tersebut akan disimpan pada komputer server. Komputer server sendiri akan dikelola oleh pihak provider. Tentu, provider sudah memahami secara detail tentang cara melakukan perawatan pada perangkat keras. Dengan itu, keamanan file menjadi lebih terjamin.

Kelebihan yang Dimilikinya Terbilang Luar Biasa

Keamanan ini bukan satu-satunya alasan mengapa media ini banyak diminati. Terdapat kelebihan lain yang dimilikinya. Salah satu yang paling penting berhubungan dengan keberadaan virus. Virus menjadi masalah besar yang sering dihadapi orang-orang. Ketika virus menyerang, file akan mengalami korup dan tidak bisa digunakan.

Ketika menggunakan flashdisk, kemungkinan terkena virus menjadi lebih besar. Itu karena, flashdisk akan digunakan pada banyak komputer dengan tingkat keamanan yang berbeda-beda. Kondisi berbeda jelas akan tampak apabila menggunakan cloud storage. Ketika disimpan disana, masalah virus bisa dihindari seluruhnya.

Itu karena, provider pasti memberikan keamanan tingkat tinggi dari masalah-masalah tersebut. Kelebihan lain juga akan terlihat pada kemudahan dalam melakukan akses. Penyimpanan menggunakan perangkat keras memiliki akses terbatas. Itu karena, perangkat yang bisa digunakan hanya beberapa jenis.

Sebagai contoh, mari lihat ketika memakai flashdisk. Apabila flashdisk dipakai, file tersebut hanya bisa dibuka pada perangkat yang memiliki kemampuan untuk mengakses flashdisk tersebut. Apabila perangkatnya tidak kompatibel, akses tidak bisa dilakukan. Cara kerja cloud storage jauh berbeda.

Ketika digunakan, jenis perangkat tidak perlu diperhatikan. Itu karena, aksesnya dilakukan memakai internet secara penuh. Selama sebuah perangkat memiliki koneksi internet, maka perangkat tersebut bisa mengakses file tersebut. Contoh paling jelas dari kondisi ini adalah situs Google.

Berikut Cara Kerja Cloud Secara Detail

Untuk memahaminya lebih lanjut, akan lebih baik apabila memahami cara kerjanya secara detail. Jika dilihat, cara kerja cloud storage sendiri tidak serumit yang dibayangkan. Inti dari cara kerja ini sebenarnya berhubungan dengan copy file. Ketika melakukan penyimpanan file pada cloud storage, anda seperti sedang melakukan copy pada servernya.

Namun ketika sudah dicopy pada server, provider akan memberikan anda akses secara penuh. Akses ini sepenuhnya berada di tangan anda. Proses download maupun perubahan pada file tersebut bisa dilakukan sesuai keinginan. Bahkan, akses dari file tersebut juga bisa diperluas. Kondisi ini biasanya dilakukan pebisnis.

Dengan akses yang diperluas, pihak di luar pengunggah bisa juga melakukan akses. Dengan itu, optimasi file tersebut bisa dilakukan oleh beberapa orang. Demi keamanan, media ini pasti tidak hanya memakai satu buah server. Terdapat beberapa server yang digunakan sebagai tempat penyimpanan.

Banyaknya server tersebut membuat kemungkinan hal buruk seperti hilangnya file menjadi lebih kecil. Kebanyakan aplikasinya sendiri tidak membutuhkan instalasi pada tahap awal. Itu karena, kebanyakan aplikasinya bisa diakses menggunakan internet. Cara kerja cloud storage Ini jelas akan semakin menguntungkan pengguna.

Tidak adanya proses instalasi akan membuat space yang dibutuhkan menjadi semakin kecil. Bentuk aplikasi paling sempurna mungkin bisa dilihat pada google drive. Aplikasi ini memungkinkan seseorang melakukan akses penuh pada file yang diuploadnya dan bahkan memberikan akses pada orang lain. Jika sudah memahami manfaat dan pengertiannya, pastikan untuk menggunakannya dalam aktivitas. Dengan menggunakannya, anda tentu akan sangat dimudahkan. Biaya untuk membeli media penyimpanan juga bisa diminimalisir. Biaya murah dan cara kerja cloud storage yang sangat simpel pasti akan sangat memudahkan.

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image