ARTICLE


Cara Membuat Google Form – Platform Mudah untuk Riset, Polling dan Kuesioner

13 August 2020 by Marketing Cloudraya

Google Form merupakan sebuah platform yang cukup populer dari Google yang digunakan untuk melakukan riset atau survey, membuat kuesioner, polling, dan formulir online kepada para pengunjung website atau event online yang sedang dikerjakan. Google Form tidak hanya bisa digunakan untuk individu, namun juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan sebuah perusahaan. Sebagai seorang individu, Google Form bisa digunakan untuk mengisi formulir penelitian tugas akhir atau skripsi, sedangkan untuk perusahaan bisa digunakan sebagai survey feedback kepuasan customer, dan lain sebagainya.

Apa Itu Google Form?
Google Form adalah salah satu layanan platform open source dari Google yang digunakan untuk mengumpulkan informasi secara online dengan mudah. Google Form sangat mudah digunakan namun sangat bermanfaat dalam mengumpulkan data dan menganalisis survey. Google Form dapat diakses dari berbagai macam gadget dan laptop dan tidak perlu install apps terlebih dahulu jika ingin mengakses platform ini. Anda cukup membuka link Google Form dari browser, dan Anda sudah dapat memberikan feedback survey di Google Form.

Kelebihan lain dari Google Form adalah hasilnya yang real time, serta dapat dibuat ke dalam versi diagram dan grafik untuk mempermudah analisis. Google Form ini telah terintegrasi dengan Documents, Sheets Spreadsheet dan Slide dari Google sehingga mempermudah pengoperasian dan pengolahan datanya. 

Manfaat Google Form
Manfaat Google Form sangat beragam, salah satunya adalah mampu mengumpulkan data secara cepat, mudah, dan real time. Selain itu, Google Form juga telah terintegrasi dengan Google Drive secara otomatis, sehingga data kuesioner yang tersimpan lebih aman, tidak akan hilang dan corrupt

Menggunakan Google Form sangat mudah karena Anda bisa menentukan sendiri daftar pertanyaan yang ingin dibuat. Bisa berupa opsi jawaban singkat, paragraf, pilihan ganda, kotak centang, drop-down, dan sebagainya. Platform ini juga dilengkapi pilihan untuk upload file jika Anda ingin menambahkan gambar dalam kuesioner tersebut serta keterangan tanggal dan waktu. Juga tidak ada batasan jumlah pertanyaan yang akan dituangkan dalam Google Form, jadi Anda bisa menentukan kuesioner sesuai dengan yang dibutuhkan. 

Cara Membuat Google Form
Google Form merupakan platform gratis dari Google yang ready to use. Membuat kuesioner di Google Form cukup mudah. Hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk membuat Google Form. Berikut adalah cara membuat Google Form yang simple dan cepat untuk Anda :

  1. Memiliki akun Gmail
    Cukup penting untuk memiliki akun Gmail, mengingat platform ini adalah milik Google, jadi Anda harus memiliki akun Google untuk register Google Form. 
  2. Buka laman Google Formulir dan pilih formulir untuk pribadi atau bisnis . Jika memilih untuk pribadi, Anda akan dibawa ke halaman untuk memilih template formulir. Namun jika memilih bisnis, Anda akan diarahkan ke laman G Suite dan bisa mulai uji coba secara gratis
  3. Contoh disini adalah formulir untuk pribadi. Di laman memulai formulir baru, Anda akan diminta memilih template formulir, apakah blank atau kosong atau pilihan template formulir yang disediakan oleh Google
  4. Misalkan memilih ‘blank’ Anda bisa langsung mengedit dan mengisi form kuesioner yang ada dengan daftar pertanyaan yang Anda miliki.

Namun ada cara pintas jika Anda ingin membuat form ini secara cepat, yaitu :

  1. Login ke Gmail dan membuka akun Google Drive
  2. Pada dashboard Google Drive, klik ‘tambah baru’, kemudian pilih ‘lainnya’ dan klik ‘Google Formulir’
  3. Disitu juga ada opsi apakah Anda ingin membuat form dari blank form maupun dari template Google 

Bagaimana, cukup mudah bukan membuat formulir di Google Form? Ketika membuat form di Google Form, jangan lupa untuk mengisi judul dan deskripsi. Anda juga bisa mengatur dengan penanda apakah pertanyaan tersebut wajib diisi atau tidak. Anda dapat mulai menyusun daftar pertanyaan satu per satu. Setiap pertanyaan juga bisa diatur apakah akan menjadi model jawaban singkat, paragraf, pilihan ganda, kotak centang, drop-down, dan lain sebagainya. 

Cara Menambahkan Pertanyaan ke Google Form
Setelah selesai membuat daftar pertanyaan, namun ada pertanyaan yang lupa ditambahkan, maka Anda dapat menambahkan pertanyaan tersebut. Google Form memiliki beberapa opsi pengaturan, salah satunya toolbar di sebelah kanan yang berfungsi untuk menambahkan lebih banyak bidang formulir. Dalam toolbar ini Anda dapat mengubah skema warna form, melihat preview formulir, menginstall add-ons, serta opsi tambahan lainnya. Untuk menambah pertanyaan, klik ‘untitled question’. Anda juga dapat mengubah jenis pertanyaan dengan mengklik tombol panah ke bawah. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan opsi ‘respons’, atau menambahkan detail seperti pertanyaan yang ‘wajib diisi’ atau bersifat opsional. 

Mengirim Google Form
Gunakan tombol ‘send’ atau ‘kirim’ yang ada di pojok kanan atas untuk membagikan formulir. Anda dapat mengumpulkan alamat email responden dengan menambahkan opsi alamat email pada form. Kirim Google Form Anda dan sebarkan formulir dengan cara menyebarkan link Google Form tersebut, bisa melalui email, message broadcast, maupun social media. Hasil dari Google Form juga akan langsung tersimpan secara real time ke Google Drive Anda. Pada halaman Form Editor, akan terlihat jawaban responden dalam beberapa kolom atas pertanyaan dari form. Klik masing-masing kolom tersebut untuk mengedit atau mengolah jawaban pertanyaan tersebut. 

Cloud Raya menyediakan layanan public cloud yang handal untuk mendukung bisnis Anda. Kami menyediakan layanan cloud hosting, cloud backup, SSL, dan beragam layanan lainnya untuk menunjang kebutuhan perusahaan Anda. Tentunya layanan ini didukung layanan managed service oleh tim IT profesional selama 24/7. Konsultasikan kebutuhan Anda dan hubungi kami. Buka website www.cloudraya.com dan dapatkan informasi dan penjelasan lebih lengkap mengenai layanan Cloud Raya.

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya