4 Langkah Agar Membuat Bisnis Online Anda Sukses

Sebagian besar bisnis di era digital seperti saat ini telah beralih ke metode digital atau memasarkan produk dengan cara online. Selain sebagai bisnis utama, bisnis online juga banyak dijalankan oleh para pelaku bisnis sebagai sebuah bisnis sampingan. Bisnis online dapat memberikan banyak kelebihan baik bagi pelaku bisnis maupun customernya. Selain itu, bisnis online yang sukses dapat memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan bagi orang yang menjalankannya. Bisnis online lebih menguntungkan karena dapat dikerjakan dimana saja, kapan saja, serta dengan waktu kerja yang lebih fleksibel.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan mulai membangun bisnis online. Jadi sangat tidak disarankan untuk secara otodidak menjalankan bisnis online tanpa terlebih dahulu melakukan riset, serta mengumpulkan informasi seputar membangun bisnis online yang sukses dan menjanjikan. Ada berbagai motivasi atau alasan mengapa orang memulai bisnis online, seperti misalnya ingin menyalurkan hobi, passion, dan lain sebagainya. Namun perlu diingat bahwa bisnis online memerlukan inovasi yang harus dilakukan secara terus menerus agar tidak kalah bersaing dengan kompetitor yang memiliki bisnis serupa, serta selalu mengikuti trend pasar yang dinamis dan cepat terhadap perubahan.

Bisnis online saat ini saat populer dan bahkan telah ‘mengalahkan’ bisnis offline. Atau setidaknya, saat ini setiap bisnis offline pasti memiliki sisi penjualan online dalam bisnisnya. Baik dalam pengenalan produk, promo, branding, penjualan langsung / direct selling, dan lain sebagainya. Penjualan secara online memiliki berbagai keunggulan. Disaat masyarakat modern menghargai efisiensi waktu dengan cukup tinggi, solusi berbelanja secara online menjadi salah satu pilihan terbaik bagi masyarakat era digital. Selain itu, bisnis online juga lebih menguntungkan karena dapat lebih menekan budget, kemungkinan kerjasama dengan partner lebih besar, misalnya saja dengan e-commerce tertentu, dan keunggulan lainnya. 

Hal yang harus Dipersiapkan dalam Membangun Bisnis Online 

Dalam memulai sebuah bisnis online, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Beberapa diantaranya adalah bisnis online harus mengutamakan kebutuhan dan kepuasan pelanggan/customer atau biasa disebut sebagai customer oriented.

Selain dari segi infrastruktur dan juga hal-hal teknis lain yang perlu dipersiapkan, ada beberapa faktor lain yang perlu dipersiapkan dalam membangun bisnis online seperti mental/sisi psikologis, bisnis plan, modal bisnis, menyiapkan produk/layanan/jasa, membuat katalog produk, menentukan target market yang tepat dan sesuai, memilih strategi marketing yang akan dijalankan, media promosi, reseller dan partnership, dan lain sebagainya. 

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk melakukan strategi marketing bisnis secara online atau biasa dikenal sebagai digital marketing, beberapa diantaranya adalah memanfaatkan email marketing, optimasi website dan social media, serta berbagai platform digital marketing lainnya.

Langkah 1: Membuat Website / Toko Online 

Bisnis online bekerja dengan prinsip memperhatikan kebutuhan pasar atau konsumen. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mendukung kelancaran bisnis online. Semua marketing material yang perlu dipersiapkan tentunya harus dapat berfungsi secara digital. Salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan ketika membangun bisnis online adalah membuat website. 

Sebuah website bisa disebut juga sebagai ‘rumah virtual’ bagi bisnis yang bergerak secara online. Website bisa digunakan untuk memasarkan produk, melakukan penjualan secara langsung, memberikan informasi kepada customer, branding produk atau perusahaan, menawarkan promo-promo menarik, memberikan artikel menarik dan product related melalui ulasan blog, membuat forum atau komunitas, dan lain sebagainya. 

Keberadaan website menjadi begitu penting karena fungsinya yang sangat krusial. Namun Anda juga harus berhati-hati dalam menjaga keamanan website perusahaan Anda. Apalagi jika website tersebut memiliki akses untuk transaksi keuangan di dalamnya, seperti misalnya website e-commerce. Website-website jenis seperti ini sangat rawan kejahatan cyber atau paling sering diincar oleh para hacker. Oleh karena itu, sebagai pemilik website harus benar-benar memperhatikan keamanan websitenya, serta mengutamakan kerahasiaan data-data finansial para customernya. 

Keamanan data website dapat diperoleh dengan menambahkan layer-layer keamanan, seperti misalnya menggunakan SSL, sehingga data customer dapat dienkripsi, melakukan cloud backup dengan rutin, menambahkan ekstensi atau plugin anti virus keamanan, memperkuat password, membatasi akses pengguna, dan lain sebagainya. Selain mengutamakan keamanan data dengan menambah beberapa detail tersebut, faktor penting lainnya adalah memiliki jaringan server yang aman dan serta network connection yang aman. Keamanan web hosting atau media penyimpanan data-data website akan lebih aman jika disimpan dalam storage cloud / cloud web hosting. Tentunya kerahasiaan dan keamanan data-data customer adalah hal yang utama. Itulah sebabnya sangat penting bagi pemilik website untuk mempercayakan kebutuhan layanan cloud hosting kepada perusahaan yang terpercaya dan dapat diandalkan serta didukung dengan layanan managed service dan support 24/7 seperti Cloud Raya.  

Langkah 2: Melakukan Pemasaran Online (Social Media / WhatsApp)
Selain website, platform lain yang perlu dipersiapkan dalam membuat bisnis online adalah social media. Social media dibuat dengan tujuan untuk mengenalkan produk, memberikan tips, memberikan informasi terupdate mengenai update produk dan layanan, branding perusahaan, informasi promo, dan lain sebagainya. 

Jenis social media ada bermacam-macam. Sebetulnya Anda tidak perlu membuat semua akun social media untuk mengenalkan atau memviralkan produk Anda, melainkan memilih platform social media yang benar-benar sesuai dengan bidang bisnis yang Anda jalankan. Kita ambil contoh seseorang yang membuka usaha potong rambut dan ingin mengenalkan serta memarketingkan bisnisnya secara online. Maka selain website, orang tersebut perlu membuat akun-akun social media seperti Instagram, Twitter, dan mungkin saja YouTube. Jadi pemilik bisnis bisa memposting hasil jasanya dalam bentuk video dan mengunggahnya. 

Ada banyak cara mempromosikan produk melalui social media, misalnya saja Instagram. Anda juga bisa menggunakan jasa iklan atau paid promote dari Instagram, atau bekerja sama dengan buzzer atau influencer untuk membuat testimoni produk. Social media yang akan ‘menuntun’ customer Anda menemukan bisnis Anda (website) untuk kemudian dapat terkonversi menjadi potential buyer customer. 

Langkah 3: Memasang Analytics di Website
Sangat penting untuk melakukan track atau analisis trafik pengunjung website Anda. Saat ini Anda dapat menggunakan berbagai platform open source gratis, misalnya saja dari Google yang bernama Google Analytics. Anda hanya perlu memasukkan formula Google Analytics ke dalam website, dan Anda sudah dapat data  record history visitor website Anda. 

Baca juga : Cara Memasang Google Analytics di Website Anda 

Data analisis ini sangat penting karena dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi apakah website sudah sesuai dengan target pasar, layanan apakah sudah sesuai harapan customer, data-data dan demografi dari mana customer berasal, apa yang paling sering dan banyak dicari dalam website, dan lain sebagainya. Data analisis akan membantu pemilik bisnis online menentukan strategi bisnis berikutnya. 

Langkah 4: Melakukan Monitoring dan Pengembangan 

Monitoring tidak kalah penting saat memiliki bisnis online. Disaat trend dan permintaan pasar yang sering berubah-ubah, maka sangat penting bagi pemilik bisnis untuk secara fleksibel mengubah strategi bisnis mengikuti permintaan pasar dan kebutuhan customer. Monitoring ini bisa dilakukan melalui analytics website, komentar di social media, maupun kuesioner atau testimoni yang diperoleh dari customer. 

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang terus berkembang dan tidak stagnan. Itulah mengapa pentingnya bisnis untuk selalu bergerak maju, mengalami perubahan, dan berkembang. Jika misal didapatkan hasil yang kurang maksimal, maka Anda perlu evaluasi, hal mana yang perlu diperbaiki, sehingga bisnis dapat terus berkembang dengan baik. Tidak lupa, bisnis yang baik adalah bisnis yang selalu visioner dan mampu memandang ke depan, selalu melakukan inovasi, menjalin dan memperluas relasi dan partner, serta melakukan pengembangan bisnis. 

Cloud Raya menyediakan layanan cloud hosting yang handal, aman, dan terpercaya untuk mendukung keamanan website dan bisnis Anda. Kami menyediakan layanan cloud hosting, cloud backup, SSL, dan beragam layanan lainnya untuk menunjang kebutuhan bisnis online Anda. Tentunya layanan ini didukung layanan managed service oleh tim IT profesional selama 24/7. Konsultasikan kebutuhan Anda dan hubungi kami. Buka website www.cloudraya.com dan dapatkan informasi dan penjelasan lebih lengkap mengenai layanan Cloud Raya.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud