ARTICLE



Cara Memasang Google Analytics di Website Anda

29 July 2020 by Marketing Cloudraya

Pada dasarnya Google Analytics digunakan untuk menganalisis traffic website yang Anda miliki. Data dan statistik sangat penting bagi orang yang menjalankan bisnis, karena berdasarkan data ini, Anda dapat menentukan strategi marketing berikutnya yang dapat bekerja lebih baik pada bisnis Anda, atau Anda hanya perlu melanjutkan strategi yang telah dilakukan karena insight dari data analytics sudah menunjukkan hasil yang baik. Inilah pentingnya data, semua dapat dilihat, ditelusuri, serta diolah. 

Google Analytics bisa mengumpulkan data-data pengunjung website Anda secara lengkap tentang demografi visitor, mulai dari jumlah pengunjung website, asal lokasi pengunjung, lama kunjungan, kata kunci yang dicari, website/link yang mengarah ke website Anda, halaman website yang paling populer dan paling sering dikunjungi visitor, konten-konten artikel atau blog yang paling disukai pengunjung, cara meningkatkan kecepatan website, dan masih banyak lagi. 

Analytic sangat penting bagi orang yang ingin mengembangkan bisnisnya secara online atau digital. Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara memasang Google Analytics pada website Anda. Namun sebelum beranjak ke penjelasan tersebut, perlu dipahami bahwa Analytics dapat diterapkan pada platform WordPress maupun Blogger. Jadi Anda tidak perlu khawatir, berikut langkah-langkah yang bisa Anda terapkan.

Cara Mendaftar Akun Google Analytics

Hal pertama yang harus Anda persiapkan tentunya adalah sebuah website aktif dengan platform dari WordPress. Website yang dimiliki bisa e-commerce, blog pribadi, company profile, government, personal, entertainment, news portal, dan lain sebagainya. Hal kedua yang perlu dipersiapkan adalah memiliki akun Google Analytics. Namun jika Anda belum memiliki akun ini, jangan khawatir karena caranya cukup mudah :

  1. Membuka laman Google Analytics kemudian pilih “sign in to Analytics”
  2. Di halaman login, masukkan alamat email Anda kemudian klik “next”
  3. Masukkan password dan klik “sign in”
  4. Klik “sign up” untuk proses membuat akun Analytics
  5. Masukkan informasi-informasi seperti ‘nama akun’, ‘nama website’, ‘URL website’, ‘kategori industri’, dan ‘zona waktu’
  6. Klik centang semua ‘data sharing setting’ yang direkomendasikan oleh Google
  7. Klik “Get Tracking ID” dan klik “I Accept” pada laman syarat dan layanan

Setelah itu, Anda akan mendapatkan tracking code Google Analytics berbentuk JavaScript yang harus dipasang kedalam HTML website Anda. Biasanya tracking code ini diawali dengan UA yang berarti Universal Analytics. Pada dasarnya, kode ini memang dapat digunakan secara universal untuk semua website. 

Cara Memasang Google Analytics pada platform WordPress

Langkah selanjutnya setelah memiliki akun Google Analytics dan tracking code Google Analytics adalah memasangnya pada website Anda. Kali ini platform yang akan digunakan adalah WordPress. Jadi yang pertama perlu Anda persiapkan tentunya adalah website berbasis platform WordPress, yang kedua adalah tracking code yang telah Anda miliki dari akun Google Analytics. Sebenarnya ada tiga cara untuk mengaplikasikan kode ini ke dalam website yaitu dengan cara menambahkan tracking code secara langsung ke file header.php, menambahkan baru di file functions.php, maupun menggunakan Plugins. 

  1. Menambahkan tracking code ke file header.php
    a. Login ke WordPress Administrator
    b. Pada dashboard, klik Appearance > Editor
    c. Buka header.php dan mulai edit
    d. Masukkan tracking code Google Analytics yang telah Anda miliki sebelumnya pada tag terakhir, kemudian klik “update file”
    e. Pastikan untuk tetap menambahkan kode ini ketika Anda mengubah tema website
  1. Menambahkan tracking code ke functions.php
    a. Login ke WordPress Administrator
    b. Pada dashboard, klik Appearance > Editor
    c. Buka functions.php dan mulai edit
    d. Terlebih dulu ubah tracking code, dan salin kode tersebut ke bagian bawah file functions.php pada tag sebelum tag terakhir pada HTML website
    e. Simpan dan klik “update file”
    f. Pastikan untuk tetap menambahkan kode ini ketika Anda mengubah tema website
  1. Menggunakan Plugins
    Cara ini adalah cara termudah dan yang paling sering dilakukan oleh para pemilik platform WordPress yang ingin memasukkan tracking code Google Analytics ke website mereka.

    a. Login ke WordPress Administrator
    b.Pada dashboard, klik Plugins, cari dan install Plugins “Google Analytics Dashboard for WP (GADWP)”
    c. Setelah Plugins aktif, klik “Google Analytics” dan klik tombol “Authorize Plugin”
    d. Klik “dapatkan kode akses” dan kemudian pilih akun Google yang digunakan untuk akses Google Analytics
    e. Klik “izinkan”
    f. Salin kode yang diberikan
    g. Tempel kode ke dashboard Google Analytics dan klik “simpan kode akses”

Cara Memasang Google Analytics pada Platform Blogger 

Google Analytics akan bekerja maksimal jika dipasang pada platform WordPress, namun bukan berarti tidak bisa diaplikasikan pada platform Blogger. Justru jika dipasang ke platform Blogger sangat mudah dan tidak serumit pemasangan pada WordPress. Namun pertama-tama yang harus Anda persiapkan adalah memiliki akun Google Analytics untuk mendapatkan tracking code, serta akun Blogger/Blogspot yang masih aktif. Cara Berikut adalah cara install Google Analytics untuk platform Blogger Anda. 

  1. Login ke Blogger Administrator
  2. Pada dashboard Blogger, klik menu “setting” dan pilih “other”
  3. Scroll hingga bawah dan temukan opsi “Google Analytics”
  4. Paste tracking code yang kita dapatkan dari Google Analytics, misalnya UA-12345678-9 pada kolom box “ID Properti Web Analytics”
  5. Klik tombol “simpan pengaturan”

Saat ini, akun Blogger Anda sudah terhubung dengan Google Analytics, namun perlu dipahami bahwa data traffic pada Google Analytics baru bisa Anda akses minimal 1×24 jam kemudian. Jadi data ini tidak instan dan tidak bisa mengambil data-data website yang telah lampau, sebelum Anda menginstall Google Analytics ke website tersebut.

Cara pertama install tracking code ke Blogger di atas adalah jika Anda menggunakan template bawaan asli dari Blogger. Nah, bagaimana jika Anda memiliki template Blogger custom? Begini langkah-langkahnya :

  1.  Login ke Blogger Administrator
  2. Pada dashboard Blogger, klik menu “tema” dan pilih “edit HTML”
  3. Copy dan paste tracking code Google Analytics setelah tag <head>  atau sebelum <head> 
  4. Klik “simpan” 

Blogger sendiri sebetulnya sudah menawarkan fitur analytics nya sendiri, namun jika dibandingkan dengan Google Analytics, masih kurang akurat. Hal ini dikarenakan analytic bawaan asli Blogger masih mencatat jumlah kunjungan bot dan spam, berbeda dengan Google Analytics yang benar-benar hanya mencatat kunjungan asli visitor. Selain itu, Google Analytics juga lebih lengkap dalam menyajikan demografi data-data website. 

Membuat Goal pada Google Analytics

Salah satu hal yang sangat penting pada Google Analytics adalah Anda harus menentukan goal pada Google Analytics. Opsi ini sangat penting, karena dapat mengirim informasi ke Google Analytics ketika Anda visitor website Anda berinteraksi dengan masuk ke form contact atau thank you page. Fitur ini ada pada dashboard Google Analytics.

  1. Klik link Admin pada bagian atas Google Analytics kemudian klik “Goals”
  2. Klik “New Goal” 
  3. Pilih opsi “custom” kemudian klik “next step”
  4. Rename goal baru Anda
  5. Klik “destination” kemudian klik “next step”
  6. Pada URL thank you page, ubah “drop-down” menjadi “begins with”
  7. Klik “create goal” untuk menyelesaikan pengaturan ini

Data dari laporan Google Analytics sangat penting dimiliki oleh pemilik website yang menjalankan bisnis secara online. Seperti yang kita ketahui, keberadaan website sendiri sangat diperlukan customer yang hendak mengetahui secara lebih detail mengenai info perusahaan, detail dan jenis produk dan layanan yang ditawarkan, mungkin paket harga dan promosi, event-event perusahaan, cara menghubungi perusahaan, blog-blog dan artikel yang terkait dengan produk dan layanan, join forum dan komunitas, serta masih banyak yang lainnya. Dengan bantuan Google Analytics, Anda akan mendapatkan report demografi yang detail, menyeluruh, dan akurat mengenai history visitor website Anda. 

Tingkatkan traffic website anda dan kurangi bounce rate anda dengan memilih jasa cloud hosting yang cepat, aman, dan stabil. Cloud Raya memiliki fitur cloud hosting serta VPS bagi website Anda. Hubungi Cloud Raya dan konsultasikan dengan tim ahli kami mengenai kebutuhan cloud Anda. Tim kami didukung oleh tim IT profesional yang fast respon dan mudah dihubungi selama 24/7 penuh. Buka website www.cloudraya.com untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk dan layanan Cloud Raya. Anda juga bisa menghubungi kami selama 24/7.

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya