ARTICLE


3 Website untuk Menguji Kecepatan Website Anda

23 July 2020 by Marketing Cloudraya

Performa sebuah website bisa menjadi kunci penting dalam meningkatkan target bisnis Anda. Pengguna internet pastilah setuju bahwa website yang mempunyai kecepatan loading yang tinggi akan menunjang banyaknya pengunjung pada website tersebut, begitu juga sebaliknya.

Menurut data lebih dari 73% pengguna internet mengalami masalah dengan kecepatan mengakses website, dan sebanyak 53% pengguna internet yang mengakses melalui mobile memilih untuk meninggalkan website yang membutuhkan lebih dari 3 detik untuk loading page. 3 detik bisa jadi bukan waktu yang lama, namun faktanya website yang lambat dapat mengurangi conversion rate hingga 7% setiap 1 detiknya.

Tentu tidak ada pemilik website yang menginginkan penurunan traffic pada websitenya. Oleh karena itu beberapa pemilik website akhirnya memilih langkah bijak dengan menggunakan cloud hosting untuk menjaga kinerja website mereka. Cara cepat yang dapat dilakukan untuk memantau kecepatan website Anda adalah dengan menguji kecepatan website secara berkala. Beruntungnya sekarang ini banyak website atau tools yang secara gratis menyediakan fasilitas untuk menguji kecepatan website mereka.

Berikut adalah 3 website yang dapat Anda gunakan untuk menguji kecepatan website Anda:

  1. Google PageSpeed Insight
    Google PageSpeed Insight adalah salah satu website untuk menguji kecepatan website yang cukup dikenal masyarakat. Seperti namanya Google PageSpeed Insight termasuk dalam family Googe Inc. Anda dapat menggunakan tools ini untuk untuk menguji kecepatan website Anda secara gratis dan mudah. Anda cukup membuka website mereka, paste URL website Anda pada kolom yang disediakan, dan tekan Analyze. Setelah itu Anda akan mendapatkan hasil kecepatan akses website anda berupa angka mulai dari 0 hingga 100. Tidak hanya itu, Anda akan diberikan beberapa saran yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja website.

  2. GTMetrix
    Sama hal nya dengan Google PageSpeed Insight, GTMetrix juga merupakan sebuah website yang menyediakan layanan untuk menguji kecepatan website tanpa biaya. Caranya pun tidak jauh berbeda, setelah masuk pada website GTMetrix, Anda hanya perlu memasukan URL website Anda pada kolom yang tersedia dan klik tombol Test Your Site. Fasilitas yang didapat juga tidak jauh berbeda dengan Google PageSpeed Insight, pada GTMetrix Anda juga akan diberikan penjelasan yang detail yang nantinya akan dibedakan menjadi 6 kategori yaitu, PageSpeed, Yslow, Waterfall, Timings, Video, dan History.

  3. Varvy
    Sama halnya dengan dua website di atas, Varvy juga menyediakan fitur untuk menguji kecepatan website Anda secara gratis. Caranya pun sama, Anda hanya perlu membuka website Varvy, mengisi kolom URL yang disediakan dengan URL website Anda, setelah itu klik Test dan Anda akan mendapatkan hasil dalam 15 sampai 45 detik.

Cara Meningkatkan Kecepatan Website
Menguji kecepatan website Anda secara berkala sangatlah penting untuk memastikan bahwa website Anda tidak mempunyai masalah dengan loading page yang lambat. Namun cara ini tidak membantu mengatasi masalah loading speed yang anda alami. Lalu bagaimana anda mengatasi masalah tentang loading website yang lambat?

Menggunakan Layanan Hosting yang Tepat

Cara yang sedang banyak dilirik oleh pemilik website, atau website developer adalah dengan menggunakan layanan cloud hosting. Cloud hosting sendiri adalah layanan hosting yang terintegrasi dengan cloud dan internet. Cloud hosting menyediakan kapasitas storage besar yang terhubung dengan internet, yang nantinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Artinya, jika Anda menggunakan layanan cloud hosting, Anda dapat menyimpan semua data dan file pada server virtual atau cloud yang telah disediakan dan tidak perlu lagi memerlukan storage eksternal yang sudah pasti akan membutuhkan budget lebih.

Simak juga: Kenali Cloud Hosting dan Computing Lebih Lagi

Cloud hosting mempunyai fitur yang disebut load balancer yang akan membagi beban yang diterima oleh website secara otomatis, sehingga akan menghindarkan website mengalami keadaan down ketika menerima traffic yang tinggi. Karena itu, cloud hosting akan sangat membantu kebutuhan teknologi bisnis Anda.

Penting juga untuk memilih cloud hosting provider terpercaya yang mempunyai fitur lengkap untuk mengoptimalkan kinerja website Anda, seperti halnya Cloud Raya. Cloud Raya merupakan penyedia layanan hosting yang menggunakan teknologi cloud computing. Selain menghindarkan loading page yang lambat dengan fitur-fiturnya seperti Virtual Machine, load balancer, Storage yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, collaboration tools dan lain sebagainya, Cloud Raya juga akan menjamin keamanan website Anda, karena Cloud Raya dilengkapi dengan fitur keamanan yang lengkap seperti security profile, firewall, VPN, SHH-Key dan Encrypted Authorized Access, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu Cloud Raya Juga memberikan layanan customer secara non-stop selama 24 jam dan IT expert yang siap membantu memenuhi kebutuhan IT bisnis Anda. Informasi lebih lanjut dan konsultasi tentang layanan cloud yang Anda butuhkan, dapat diakses melalui www.cloudraya.com atau hubungi tim kami.

Itulah 3 website yang menawarkan fitur untuk menguji kecepatan website Anda. Selain selalu memastikan kecepatan website Anda melalui situs tersebut, menjaga kestabilan website dengan menggunakan layanan cloud hosting juga dapat dimanfaatkan demi meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna website yang tentunya akan membantu untuk mengembangkan bisnis Anda.

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya