Potensi Pasar Layanan Cloud Computing di Indonesia

layanan cloud computing

Indonesia memiliki potensi pasar layanan cloud computing. Hal ini dikarenakan, teknologi komputasi awan dianggap mampu memberikan solusi alternatif serta inovatif dalam perkembangan bisnis. Penggunaan cloud computing bagi perusahaan akan memperoleh banyak kemudahan dari sejumlah layanan yang tersedia.

Transformasi digital dan revolusi industri yang semakin berkembang membuat banyak perusahaan di Indonesia beralih menggunakan teknologi cloud. Dengan begitu, perusahaan akan dengan mudah mengakses data di mana saja dengan perangkat apa pun.

Tren Cloud Computing di Indonesia

Menurut Paul Chen, Head of Solutions Architect of ASEAN Amazon Web Service, mengatakan bahwa sudah banyak perusahaan digital di Indonesia yang mengadopsi teknologi komputasi awan ini.

Salah satunya adalah aplikasi kesehatan HaloDoc. Secara spesifik HaloDoc telah memanfaatkan layanan cloud untuk menghubungkan antara dokter dan pasien melalui aplikasi.

Selain itu, tren cloud computing di Indonesia juga mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun.  Pada 5 tahun terakhir, cloud computing meningkat sebesar 48% di Indonesia. Angka ini jauh di atas peningkatan di dunia.

Tidak hanya bisnis lokal yang dengan cepat migrasi menggunakan teknologi cloud. Melainkan juga pemerintah Indonesia mulai melakukan pengembangan teknologi komputasi awan dan virtualisasi ini.

Pentingnya Pebisnis Lokal Mengadopsi Teknologi Cloud Computing

source:https://pixabay.com//?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=1989339

 

Saat ini cloud computing menjadi kebutuhan penting bagi perusahaan dan pebisnis besar atau kecil. Persaingan ketat akan membuat perusahaan beralih ke cloud computing.

Bagi pebisnis lokal, teknologi komputasi awan ini sangat diperlukan di era digital. Terlebih lagi UMKM yang berperan penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Pertumbuhan komputasi awan yang cepat juga menjadi faktor pendorong setiap sektor industri agar dapat menyesuaikan kondisi.

Layanan berbasis cloud dapat membantu pebisnis lokal untuk menekan biaya operasional. Selain itu, bisa mengakses data dari mana saja menggunakan perangkat seluler apapun. Sehingga dapat meningkatkan produktivitas bisnis.

Jenis Layanan Cloud Computing

Penggunaan cloud computing semakin populer di kalangan pebisnis. Beberapa model dan strategi penerapannya muncul guna membantu kebutuhan spesifik dari pengguna.

Karena itulah, teknologi cloud computing memiliki beberapa jenis layanan yang tersedia. Di antaranya sebagai berikut ini:

  • Infrastructure as a Service (IaaS), yakni layanan komputasi awan yang lengkap mulai dari server, media penyimpanan, serta jaringan dalam bentuk mesin virtual, bahkan hingga pusat data.
  • Platform as a Service (Paas), yakni jenis layanan cloud dalam bentuk platform yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi. Komputasi awan ini menawarkan berbagai macam fitur, mulai dari sistem operasi, storage, jaringan, database engine, hingga framework.
  • Software as a Service (SaaS), yakni layanan komputasi awan yang menyediakan perangkat lunak berbasis cloud. Layanan ini dapat diakses dengan mudah melalui internet.

Baca juga: 10 Manfaat Layanan Cloud Computing 

Managed Cloud Service

Source: https://pixabay.com//?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=6517875

 

Bagi perusahaan dan pelaku bisnis, managed cloud service sangat penting jika ingin meningkatkan infrastruktur digital. Perusahaan dapat melakukan pembaruan secara otomatis melalui managed cloud service ini.

Managed cloud service merupakan layanan cloud yang membantu penggunanya dalam mengoptimalkan penggunaan komputasi awan. Perusahaan dapat menyesuaikan kebutuhannya, mengelola cloud, serta menjalankan fungsi cloud yang ingin digunakan oleh bisnis.

Beberapa provider cloud di Indonesia sendiri telah memiliki layanan managed cloud service ini. Salah satunya adalah Cloud Raya.

Cloud Raya memahami bahwa tidak semua usernya memiliki engineer yang mampu mengelola setiap kebutuhan infrastruktur IT-nya. Oleh karena itu, Cloud Raya menyediakan extended-hand atau layanan tambahan yang bisa direquestkan secara custom pada Cloud Raya.

Keuntungan dari managed service cloud ini tidak lain adalah efisiensi biaya dan tenaga. Untuk mengelola cloud dibutuhkan engineer yang mumpuni dan mempunyai sertifikasi khusus. Untuk hire engiineer-engineer ini tentunya akan membutuhkan budget yang lebih mahal, tidak hanya untuk payment tapi juga biaya pelatihan dan sertifikasinya.

Dengan memakai layanan managed service cloud, perusahaan dapat mengalokasikan keuangan, tenaga, dan fokus pada banya hal lainnya. itu karena, infrastruktur cloud perusahaan aman di tangan teknisi aman provider yang telah terbukti terpercaya dan bersertifikasi seperti halnya Cloud Raya.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud