10 Manfaat Layanan Cloud Computing

Tahukah Anda manfaat cloud computing? Cloud computing atau juga biasa disebut sebagai komputasi awan merupakan rangkaian proses komputerisasi teknologi yang berbasis internet. Teknologi cloud computing bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Jadi jika Anda menggunakan layanan teknologi ini, Anda dapat menyimpan serta mengolah data secara virtual atau online, berkolaborasi dengan banyak orang di waktu bersamaan, bekerja secara real time, dan lain sebagainya.

Teknologi cloud telah menyediakan platform yang ready to use, sehingga Anda tidak perlu menyiapkan infrastruktur pendukung seperti perangkat keras mulai dari server dan media penyimpanan/storage, server serta perangkat lunak seperti aplikasi yang berlisensi. Platform cloud sebagian besar merupakan open source namun juga ada yang berbayar. Jika Anda berlangganan layanan cloud berbayar, maka Anda dapat menikmati fitur-fitur tambahan yang lebih lengkap dan premium jika dibandingkan dengan versi free nya. 

10 Manfaat Cloud Computing

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa keunggulan dan keuntungan dalam menggunakan teknologi cloud computing menurut beberapa kegunaan dan fitur-fiturnya. Berikut merupakan penjelasan beberapa diantaranya :

1. Cloud Computing

Cloud Computing

Seperti yang sempat disinggung di atas, cloud computing mengedepankan kemudahan serta kenyamanan bagi para penggunanya. Dengan cara pengoperasian yang sederhana, fitur serta teknologi terbaru yang canggih, teknologi cloud memastikan pengguna dapat bekerja secara fleksibel dimana saja dan kapan saja. 

2. Cloud Storage

Cloud storage

Jika menggunakan layanan cloud computing, maka Anda tidak perlu menyiapkan storage tambahan berupa hardware eksternal (local harddisk) dengan kapasitas besar untuk menyimpan data-data serta file Anda. Dengan teknologi cloud, semua data dapat disimpan pada server storage cloud yang tidak terbatas kapasitasnya, namun sangat mudah diakses kapanpun dan dimanapun asalkan terkoneksi dengan internet. Cloud storage beroperasi secara online, sehingga lebih mudah dalam pengambilan, pengelolaan, serta pengolahan data-datanya. Jika membutuhkan storage yang lebih besar untuk menyimpan file, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda cukup melakukan upgrade storage ke provider layanan cloud pilihan Anda. 


3. Cloud Hosting

Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan layanan cloud yang digunakan untuk web hosting. Cloud hosting dapat digunakan untuk menyimpan file dan data-data pada website Anda di server cloud. Selain itu, cloud hosting juga dapat menjaga waktu uptime sebuah website dan menyeimbangkan beban distribusi servernya. Metode ini juga disebut sebagai shared hosting. Sistem cloud hosting menggunakan berbagai macam server dengan resource  dari sumber yang terpusat, sehingga jika ada server yang error, maka server lain tidak akan terpengaruh melainkan tetap berjalan dengan normal. Cloud hosting memiliki keunggulan waktu uptime yang tinggi, mudah dalam scaling, serta memiliki dedicated alamat IP dan resource

4. Cloud Backup

cloud backup

Cloud backup merupakan metode pencadangan data dengan storage penyimpanan di server cloud. Cloud backup menggunakan storage virtual, bukan fisik berbentuk hardware. Keunggulan cloud backup adalah kemudahan dalam upgrade kapasitas cloud storage, mudah dalam proses pemindahan dan pengcopyan data, backup yang dapat dijadwalkan dan diotomatisasi, serta data yang dapat diakses kapan saja, dimana saja, dan melalui media apa saja. Cloud backup juga lebih aman karena selain dilengkapi aplikasi anti-virus yang canggih dan terbaru, backup data di cloud akan menjauhkan Anda dari resiko kerusakan data dikarenakan hardware yang rusak, proses pencadangan data yang lama dan rawan corrupt atau tidak sukses, tidak dilengkapi dengan aplikasi anti-virus terbaru, serta backup yang tidak dapat otomatis rutin dijadwalkan dan dilakukan. 

Baca juga: Definisi Backup Data dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

5. Cloud Database

Cloud database

Data yang tersimpan dan terkumpul dalam server cloud disebut sebagai cloud database. Jadi cloud database merupakan tempat dimana data dikumpulkan, disimpan, serta diolah pada platform cloud. Cloud database ini dapat diolah secara pribadi atau independen, maupun diserahkan pada provider penyedia layanan cloud. Anda dapat mengakses database pada cloud secara pribadi maupun melalui cloud provider. Dalam cloud database, data disimpan secara sistematis sehingga ketika setiap saat user ingin mengambil data untuk diolahnya, data akan selalu siap dan mudah diakses. 

Baca juga: Apa itu Cloud Native? Ketahui Karakteristik dan Kelebihannya

6. Routing

Routing

Cloud routing merupakan layanan yang dapat berfungsi melalui koneksi Cloud VPN maupun Cloud Interconnect menggunakan Border Gateway Protocol (BGP) untuk jaringan VPS Anda. Cloud routing adalah jaringan yang terdistribusi dan terkelola menggunakan program rute yang dinamis dan dapat disesuaikan dengan traffic jaringan miliki Anda. Cloud router dapat berfungsi pada jaringan lama dan VPN pengguna. Cloud router ini bisa dibilang bukanlah perangkat fisik yang dapat menyebabkan kemacetan.

7. Internet of Things

Intermet of things

Internet of Things (IoT) merupakan teknologi pemanfaatan internet untuk segala keperluan hidup masyarakat sehari-hari. Sesuai dengan namanya, hal utama yang dibutuhkan oleh teknologi ini adalah internet. Dengan adanya internet, Anda dapat melakukan berbagai konfigurasi penyederhanaan pekerjaan dan lain sebagainya. Misalnya saja untuk keperluan smart home, smart car, healthcare, transportasi, food and beverages, hospitality, pekerjaan-shared data, remote control, dan lain sebagainya. Semua hal bisa dilakukan oleh sistem secara sistematis. Salah satu yang paling populer adalah pemanfaatan IoT untuk smart home. Semua pengaturan dan pemanfaatan IoT dapat dilakukan melalui cloud. Selain itu, IoT memiliki kemampuan untuk melakukan transfer data melalui jaringan tanpa bantuan sesama pengguna, maupun perangkat gadgetnya.

8. Cloud Networking

Cloud network

Cloud networking merupakan salah satu infrastruktur IT dimana sebagian maupun semua sumber daya jaringan yang mencakup virtual router, firewall, bandwidth, serta software manajemen networking yang di hosting pada platform public cloud maupun private cloud. Cloud networking dapat dikelola secara in-house atau independen maupun diserahkan kepada pihak cloud provider. Cloud networking dapat diminta sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pengguna. Cloud networking bermanfaat dalam menangani kebutuhan infrastruktur yang berkembang, serta planning untuk redundancy. 

9. Cloud API

API

Cloud Applications Programming Interfaces (APIs) digunakan infrastruktur cloud dalam mengalokasikan sistem komputasi, penyimpanan, serta sumber daya jaringan untuk layanan aplikasi maupun jenis layanan cloud yang diinginkan. Ada tiga jenis variasi cloud API berdasarkan solusi yang ditawarkannya, yaitu IaaS dimana API menyediakan komputasi dan penyimpanan ‘mentah’, SaaS dimana API berinteraksi dengan konektivitas serta penyediaan software untuk aplikasi, serta  PaaS dimana platform API menyediakan arsitektur backend untuk membuat aplikasi yang memiliki banyak fitur.

10. Cloud Security

Cloud Security

Keamanan cloud computing yang biasa disebut sebagai cloud security merupakan langkah preventif dalam melindungi data-data dalam cloud. Cloud security terdiri dari berbagai macam lapisan seperti kebijakan, kontrol, dan prosedur. Semua hal ini digunakan dalam melindungi sistem dan data dalam infrastruktur berbasis cloud. Cloud security dibutuhkan dalam melindungi privasi pengguna, menetapkan pengaturan autentikasi akses pengguna, ‘memfilter arus lalu-lintas’ jaringan data, dan lain sebagainya. Cloud security dapat dikonfigurasi di satu tempat oleh provider penyedia cloud, sehingga lebih menghemat budget untuk monitoring, maintain, serta managed service nya, sedangkan pengguna dapat fokus pada bidang bisnis yang lainnya. 

Baca juga: Private Cloud Security, Apakah Termasuk Penyimpanan yang Aman?

Manfaat Cloud Computing bagi Perusahaan

Cloud computing merupakan teknologi yang semakin diminati oleh perusahaan besar maupun start-up karena berbagai keuntungan yang ditawarkannya. Berikut adalah manfaat utama dari penggunaan cloud computing bagi perusahaan Anda:

Fleksibilitas Tinggi

Cloud computing adalah teknologi berbasis internet yang memungkinkan akses data secara virtual. Karyawan dapat dengan mudah mengakses data
kapan saja dan di mana saja selama terhubung ke internet, tanpa perlu membawa perangkat penyimpanan fisik.

Pusat Data Terpusat

Semua data perusahaan disimpan dalam server cloud yang memiliki kapasitas penyimpanan besar. Ini memastikan akses terpusat dan terintegrasi
ke data perusahaan untuk karyawan.

Pengelolaan Data yang Efisien

Cloud computing menghilangkan kebutuhan untuk pengiriman data manual melalui email atau aplikasi perpesanan. Ini mempermudah akses data bagi karyawan, terutama jika jumlah dan ukuran file besar.

Skalabilitas yang Adaptif

Cloud computing dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, memungkinkan peningkatan atau penurunan kapasitas penyimpanan dan bandwidth. Ini dapat mengurangi biaya operasional perusahaan.

Keamanan Tinggi: Keamanan adalah prioritas dalam cloud computing, dengan sistem yang dirancang untuk melindungi data perusahaan dari serangan virus atau malware.

Kapasitas Besar

Vendor cloud computing biasanya menyediakan layanan dengan kapasitas penyimpanan besar, memungkinkan penggunaan jangka panjang dan
pencarian data yang mudah.

Efisiensi Biaya

Berinvestasi dalam cloud computing dapat menghemat biaya, terutama jika perusahaan menggunakan model langganan bulanan atau tahunan. Kolaborasi Efektif: Cloud computing memungkinkan akses data oleh banyak pengguna secara bersamaan, meningkatkan kolaborasi antara karyawan, mitra, dan klien, bahkan dalam lingkungan kerja jarak jauh.

Pemulihan Data yang Mudah 

Cloud computing menyediakan fitur backup dan recovery yang berguna untuk menjaga keamanan data perusahaan, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika terjadi kehilangan data atau kerusakan perangkat komputer. Dengan memanfaatkan cloud computing, perusahaan Anda dapat mengoptimalkan pengelolaan data, meningkatkan keamanan, dan mengurangi biaya operasional.

Baca juga: Manfaat Hybrid Cloud yang Perlu Anda Ketahui untuk Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan kemudahan layanan cloud computing. Implikasikan dengan perusahaan Anda, dan dapatkan manfaat yang besar bagi bisnis Anda. Cloud Raya menawarkan layanan public cloud yang telah mencakup storage, security, backup, hosting, API, networking, routing, dll bagi bisnis Anda. Hubungi Cloud Raya dan konsultasikan dengan tim ahli kami mengenai kebutuhan cloud Anda. Tim kami didukung oleh tim IT profesional yang fast respon dan mudah dihubungi selama 24/7 penuh. Buka website www.cloudraya.com untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk dan layanan Cloud Raya. Anda juga bisa menghubungi kami selama 24/7.

Facebook
Twitter
LinkedIn

6 Comments

  1. Hi there! I know this is kinda off topic however I’d figured I’d ask.

    Would you be interested in trading links or maybe guest authoring a
    blog post or vice-versa? My blog discusses a lot of the same subjects as yours and I believe
    we could greatly benefit from each other. If you’re interested feel free to send me an e-mail.
    I look forward to hearing from you! Fantastic blog by the
    way!

    Also visit my blog post – vpn special coupon code 2024

  2. I feel that is among the such a lot significant
    info for me. And i am happy studying your article. However
    want to observation on some common issues, The website style is wonderful,
    the articles is in reality nice : D. Good activity, cheers

    My site :: vpn code 2024

  3. My brother suggested I might like this blog. He was totally right.
    This post truly made my day. You can not imagine just how much
    time I had spent for this information! Thanks!

    my homepage – vpn 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud