ARTICLE


10 Manfaat Layanan Cloud Computing

3 August 2020 by Marketing Cloudraya

Cloud computing atau juga biasa disebut sebagai komputasi awan merupakan rangkaian proses komputerisasi teknologi yang berbasis internet. Teknologi cloud computing bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Jadi jika Anda menggunakan layanan teknologi ini, Anda dapat menyimpan serta mengolah data secara virtual atau online, berkolaborasi dengan banyak orang di waktu bersamaan, bekerja secara real time, dan lain sebagainya.

Teknologi cloud telah menyediakan platform yang ready to use, sehingga Anda tidak perlu menyiapkan infrastruktur pendukung seperti perangkat keras mulai dari server dan media penyimpanan/storage, server serta perangkat lunak seperti aplikasi yang berlisensi. Platform cloud sebagian besar merupakan open source namun juga ada yang berbayar. Jika Anda berlangganan layanan cloud berbayar, maka Anda dapat menikmati fitur-fitur tambahan yang lebih lengkap dan premium jika dibandingkan dengan versi free nya. 

Manfaat Layanan Cloud Computing

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa keunggulan dan keuntungan dalam menggunakan teknologi cloud computing menurut beberapa kegunaan dan fitur-fiturnya. Berikut merupakan penjelasan beberapa diantaranya :

  1. Cloud Computing
    Seperti yang sempat disinggung di atas, cloud computing mengedepankan kemudahan serta kenyamanan bagi para penggunanya. Dengan cara pengoperasian yang sederhana, fitur serta teknologi terbaru yang canggih, teknologi cloud memastikan pengguna dapat bekerja secara fleksibel dimana saja dan kapan saja. 
  2. Cloud Storage
    Jika menggunakan layanan cloud computing, maka Anda tidak perlu menyiapkan storage tambahan berupa hardware eksternal (local harddisk) dengan kapasitas besar untuk menyimpan data-data serta file Anda. Dengan teknologi cloud, semua data dapat disimpan pada server storage cloud yang tidak terbatas kapasitasnya, namun sangat mudah diakses kapanpun dan dimanapun asalkan terkoneksi dengan internet. Cloud storage beroperasi secara online, sehingga lebih mudah dalam pengambilan, pengelolaan, serta pengolahan data-datanya. Jika membutuhkan storage yang lebih besar untuk menyimpan file, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda cukup melakukan upgrade storage ke provider layanan cloud pilihan Anda. 

  3. Cloud Hosting
    Cloud hosting merupakan layanan cloud yang digunakan untuk web hosting. Cloud hosting dapat digunakan untuk menyimpan file dan data-data pada website Anda di server cloud. Selain itu, cloud hosting juga dapat menjaga waktu uptime sebuah website dan menyeimbangkan beban distribusi servernya. Metode ini juga disebut sebagai shared hosting. Sistem cloud hosting menggunakan berbagai macam server dengan resource  dari sumber yang terpusat, sehingga jika ada server yang error, maka server lain tidak akan terpengaruh melainkan tetap berjalan dengan normal. Cloud hosting memiliki keunggulan waktu uptime yang tinggi, mudah dalam scaling, serta memiliki dedicated alamat IP dan resource

  4. Cloud Backup
    Cloud backup merupakan metode pencadangan data dengan storage penyimpanan di server cloud. Cloud backup menggunakan storage virtual, bukan fisik berbentuk hardware. Keunggulan cloud backup adalah kemudahan dalam upgrade kapasitas cloud storage, mudah dalam proses pemindahan dan pengcopyan data, backup yang dapat dijadwalkan dan diotomatisasi, serta data yang dapat diakses kapan saja, dimana saja, dan melalui media apa saja. Cloud backup juga lebih aman karena selain dilengkapi aplikasi anti-virus yang canggih dan terbaru, backup data di cloud akan menjauhkan Anda dari resiko kerusakan data dikarenakan hardware yang rusak, proses pencadangan data yang lama dan rawan corrupt atau tidak sukses, tidak dilengkapi dengan aplikasi anti-virus terbaru, serta backup yang tidak dapat otomatis rutin dijadwalkan dan dilakukan. 

  5. Cloud Database
    Data yang tersimpan dan terkumpul dalam server cloud disebut sebagai cloud database. Jadi cloud database merupakan tempat dimana data dikumpulkan, disimpan, serta diolah pada platform cloud. Cloud database ini dapat diolah secara pribadi atau independen, maupun diserahkan pada provider penyedia layanan cloud. Anda dapat mengakses database pada cloud secara pribadi maupun melalui cloud provider. Dalam cloud database, data disimpan secara sistematis sehingga ketika setiap saat user ingin mengambil data untuk diolahnya, data akan selalu siap dan mudah diakses. 

  6. Cloud Routing
    Cloud routing merupakan layanan yang dapat berfungsi melalui koneksi Cloud VPN maupun Cloud Interconnect menggunakan Border Gateway Protocol (BGP) untuk jaringan VPS Anda. Cloud routing adalah jaringan yang terdistribusi dan terkelola menggunakan program rute yang dinamis dan dapat disesuaikan dengan traffic jaringan miliki Anda. Cloud router dapat berfungsi pada jaringan lama dan VPN pengguna. Cloud router ini bisa dibilang bukanlah perangkat fisik yang dapat menyebabkan kemacetan.

  7. Internet of Things
    Internet of Things (IoT) merupakan teknologi pemanfaatan internet untuk segala keperluan hidup masyarakat sehari-hari. Sesuai dengan namanya, hal utama yang dibutuhkan oleh teknologi ini adalah internet. Dengan adanya internet, Anda dapat melakukan berbagai konfigurasi penyederhanaan pekerjaan dan lain sebagainya. Misalnya saja untuk keperluan smart home, smart car, healthcare, transportasi, food and beverages, hospitality, pekerjaan-shared data, remote control, dan lain sebagainya. Semua hal bisa dilakukan oleh sistem secara sistematis. Salah satu yang paling populer adalah pemanfaatan IoT untuk smart home. Semua pengaturan dan pemanfaatan IoT dapat dilakukan melalui cloud. Selain itu, IoT memiliki kemampuan untuk melakukan transfer data melalui jaringan tanpa bantuan sesama pengguna, maupun perangkat gadgetnya.

  8. Cloud Networking
    Cloud networking merupakan salah satu infrastruktur IT dimana sebagian maupun semua sumber daya jaringan yang mencakup virtual router, firewall, bandwidth, serta software manajemen networking yang di hosting pada platform public cloud maupun private cloud. Cloud networking dapat dikelola secara in-house atau independen maupun diserahkan kepada pihak cloud provider. Cloud networking dapat diminta sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pengguna. Cloud networking bermanfaat dalam menangani kebutuhan infrastruktur yang berkembang, serta planning untuk redundancy. 

  9. Cloud API
    Cloud Applications Programming Interfaces (APIs) digunakan infrastruktur cloud dalam mengalokasikan sistem komputasi, penyimpanan, serta sumber daya jaringan untuk layanan aplikasi maupun jenis layanan cloud yang diinginkan. Ada tiga jenis variasi cloud API berdasarkan solusi yang ditawarkannya, yaitu IaaS dimana API menyediakan komputasi dan penyimpanan ‘mentah’, SaaS dimana API berinteraksi dengan konektivitas serta penyediaan software untuk aplikasi, serta  PaaS dimana platform API menyediakan arsitektur backend untuk membuat aplikasi yang memiliki banyak fitur.

  10. Cloud Security
    Keamanan cloud computing yang biasa disebut sebagai cloud security merupakan langkah preventif dalam melindungi data-data dalam cloud. Cloud security terdiri dari berbagai macam lapisan seperti kebijakan, kontrol, dan prosedur. Semua hal ini digunakan dalam melindungi sistem dan data dalam infrastruktur berbasis cloud. Cloud security dibutuhkan dalam melindungi privasi pengguna, menetapkan pengaturan autentikasi akses pengguna, ‘memfilter arus lalu-lintas’ jaringan data, dan lain sebagainya. Cloud security dapat dikonfigurasi di satu tempat oleh provider penyedia cloud, sehingga lebih menghemat budget untuk monitoring, maintain, serta managed service nya, sedangkan pengguna dapat fokus pada bidang bisnis yang lainnya. 

Kembangkan bisnis Anda dengan kemudahan layanan cloud computing. Implikasikan dengan perusahaan Anda, dan dapatkan manfaat yang besar bagi bisnis Anda. Cloud Raya menawarkan layanan public cloud yang telah mencakup storage, security, backup, hosting, API, networking, routing, dll bagi bisnis Anda. Hubungi Cloud Raya dan konsultasikan dengan tim ahli kami mengenai kebutuhan cloud Anda. Tim kami didukung oleh tim IT profesional yang fast respon dan mudah dihubungi selama 24/7 penuh. Buka website www.cloudraya.com untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk dan layanan Cloud Raya. Anda juga bisa menghubungi kami selama 24/7.

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya