Penyebab Server Down, Yuk, Cari Tahu di Sini Ini

Penyebab Server Down

Sebelum berbicara mengenai penyebab server down, kamu harus tahu seperti apa server down itu. Ketika kamu melakukan kunjungan terhadap sebuah website, layaknya e-commerce atau website pendidikan, dan lain sebagainya, kamu mengalami masalah. Masalah yang dimaksut seperti waktu loading yang lama atau malah tidak bisa dibuka sama sekali.

Berbagai situs web yang telah berada dalam skala besar ataupun kecil umumnya tidak luput mengalami problematika ini, yang mana umumnya lebih sering dikatakan sebagai server down. Bagaimana apakah kamu sering mendengar istilah server down ini? Masih merasa asing? Yuk, kita ulas pembahasan mengenai server down ini bersama-sama.

Pengertian Server

Apa sih yang dimaksud dengan server? Server merupakan sistem komputer yang menyuguhkan berbagai bentuk layanan yang terdapat pada jaringan sebuah komputer. Server menjalankan peranannya sebagai pengontrol jaringan dan memberikan akses workstation kepada sub jaringan.

Nah, istilah kegagalan dalam server dapat disebut sebagai server down, yang mana pada server down ini server mengalahkan bentuk kegagalan sehingga tidak lagi bisa diakses dengan baik.

Mengenali Serba-serbi Faktor Server Menjadi Down

1.   Membludaknya Jumlah Traffic Atau Pengunjung

Faktor pertama yang dapat menjadi penyebab server down adalah membludaknya jumlah traffic membludak, dapat berakibat pada server down yang kemudian website pun tidak lagi dapat diakses.

Nah, untuk menyiasati hal ini, kamu dapat menerapkan peninggian kapasitas web hosting. Atau melakukan filterisasi terhadap sejumlah IP yang dicurigai menjadi faktor membludaknya traffic.

2.   Munculnya Masalah Pada DNS

Apa sih, yang dimaksud dengan DNS? Nah, untuk kamu yang masih asing istilah yang satu ini, singkatnya DNS dapat disebut sebagai stas sistem yang dapat mengubah URL website ke bentuk IP Address.

Adanya masalah pada DNS ini dapat menyebabkan server down, maka dari itu penting bagi kamu untuk memastikan apakah DNS telah terpasang di hosting dengan tepat atau belum, karena masalah pada DNS ini dapat menyebabkan website mu tidak dapat ditemukan sama sekali, lho.

3.   Terblokirnya IP Address

Bisa saja permasalahan yang menyebabkan website server down terletak pada terblokirnya IP address. Nah, untuk mengatasi website masalah yang satu ini, kamu dapat melakukan reset terhadap TCP/IP Address. Yang mana cara ini diberlakukan agar kemungkinan terjadinya konflik IP atau IP terblokir dapat diatasi dengan tepat.

4.   Hacker Attack

Penyebab website down yang berikutnya adalah munculnya hacker attack atau serangan hacker. Berbagai serangan dapat mengganggu dan menyebabkan kendala pada website seperti malware, XSS, SQL Injection dan DDoS.

Peretas atau hacker ini meluncurkan aksinya dengan membanjiri website menggunakan traffic palsu, yang pada akhirnya traffic pun membludak dan problematika pada server mulai bermunculan. Maka dari itu, serangan hacker ini perlu kamu hindari dengan meningkatkan proteksi atau keamanan terhadap website.

5.   Pemberlakuan Pemadaman Listrik (Power Outage)

Adanya pemasangan listrik juga menjadi Salah satu faktor penyebab server down. Yup, ini bisa terjadi karena, saat data center mengalami bentuk masalah seperti server mati, tentu saja website milik kamu pun ikut terkena dampaknya.

Nah, gangguan outage ini dapat pula terjadi tanpa diduga. Seperti halnya, karena tersambar petir yang dapat menyebabkan berbagai gangguan, serta rusaknya infrastruktur suatu server.

6.   Natural Disaster

Faktor yang satu ini merupakan faktor yang tidak dapat diprediksi atau diperhitungkan, cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk  mengantisipasi natural disaster atau bencana alam ini adalah, dengan melakukan perencanaan terhadap recovery.

7.   Penggunaan Aplikasi Ilegal (Bajakan)

Penggunaan aplikasi bajakan alias ilegal ini juga dapat mempengaruhi kinerja hosting yang terdapat pada website milik kamu, yang tentunya dapat menimbulkan server down.

Oleh karenanya, pengunduhan aplikasi perlu untuk kamu perhatikan dengan tepat dan pastikan sudah memiliki kejelasan yang baik.

8.   Kelemahan Pada Sistem/Single Point Of Failure

SPOF dapat disebut sebagai sebuah kelemahan yang terdapat dalam suatu sistem. Berbagai masalah layaknya failed, error dan gagal berjalan, bisa membuat seluruh sistem menghentikan kinerjanya.

Perancangan desain yang baik, pemilihan hardware yang tepat, serta monitoring sistem yang disiplin, dapat menjadi cara terbaik untuk menghindari permasalahan SPOF ini.

9.   Maintenance Server

Faktor selanjutnya adalah maintenance server. Nah, maintenance server ini sangat umum dilakukan, karena maintenance server merupakan kegiatan yang diberlakukan oleh penyedia layanan hosting secara rutin dan berkala. Dimana dengan adanya Maintenance server ini, performa website dapat ditingkatkan dan berbagai permasalahan pun  juga mampu untuk ditinjau kembali.

Meskipun menghadirkan berbagai kendala terhadap server, umumnya proses maintenance server ini dilakukan di luar jam-jam sibuk.

Sebagai pemilik website. Maka dari itu, sebagai pemilik website yang perlu kamu lakukan lakukan cukup dengan menunggu.

10.  Kesalahan Pada Struktur Kode Website

Faktor yang juga bisa menjadi penyebab website down adalah kesalahan pada struktur kode website. Yup, bisa saja terdapat berbagai penulisan yang typo dan simbol yang belum komplit. Kesalahan pada struktur kode ini dapat memporak-porandakan keseluruhan website.

Untuk menyiasati problematika ini, terlebih dahulu kamu harus mengetahui kesalahan mana yang terdapat pada coding. Dan setelahnya, perbaikan terhadap file error tersebut pun dapat dilakukan.

Dari penjelasan di atas kita sudah bisa mengetahui apa-apa saja yang bisa menyebabkan sebuah server atau website down. Semoga artikel ini bisa membantu Anda mempunyai server yang lancar.

Bagi Anda yang kerap mengalami masalah dengan server ada baiknya Anda menemukan provider Cloud yang bisa memberikan performa lancar, pengoprasian yang simpel, serta support kapan saja. Coba sign up di Cloud Raya sekarang untuk merasakan kemudahan yang ditawarkan Cloud Raya.

Facebook
Twitter
LinkedIn

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud