ARTICLE
Pengertian Server, Jenis, Fungsi, Beserta Cara Kerjanya, Lengkap!

Pengertian Server, Jenis, Fungsi, Beserta Cara Kerjanya, Lengkap!

29 November 2021 by Marketing Cloudraya

Istilah server mungkin tak terasa asing kita dengar, pasti dikaitkan dengan jaringan. Nyatanya, banyak dari pengguna internet belum mengetahui dengan pasti pengertian server, jenis, fungsi, hingga cara kerjanya. Anda salah satunya? Mari bersama kita ulas pemahamannya dalam artikel ini.

Mengenal Pengertian Server

Jika ditelaah secara umum, server ialah platform penyimpanan data dan informasi untuk memberikan service kepada client yang terhubung melalui jaringan internet. Server menyediakan sumber daya storage data yang selanjutnya dapat digunakan untuk melakukan beragam layanan. Seperti menmpilkan website, menerima, mengirim email, dan lainnya.

Server terdiri atas beberapa jenis, untuk memenuhi kebutuhan banyak client, dari email, DNS hingga website. Itulah alasan sebuah server dapat menghubungkan beberapa client, bahkan saling back-up. Dalam segi bentuk, server terbagi menjadi tiga, yakni bentuk software, hardware dan virtual machine.

Jenis-jenis Server

Selain memahami pengertian server, berikut jenis-jenisnya:

1. Mail Server

Mail server ialah penyedia fasilitas pengeolaan dan penyimpanan data email user yang mempunyai protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) layaknya HTTP. Kemudian, POP3 (Post Office Protokol) berfungsi menerima dan menyimpan email.

Ketika Anda akan mengirimkan email kepada client lain, maka mail server akan mengidentifikasi alamat penerima sebelum mengirim pesan tersebut. Sehingga lebih aman dan menghalau email spam. Mail server banyak digunakan email marketing karena jangkauan penerima lebih luas.

2. Web Server

Web server berupa perangkat lunak berfungsi menjalankan website atau laman. Server jeni ini banyak digunakan sebagai pusat pengaturan ketika akan memproses website dan disimpan dalam berbagai data, seperti HTML, file CSS dan JavaScript.

Sebelum memunculkan tampilan website, web server akan menerima dan memproses permintaan browser. Barulah hasil dikirimkan kembali beserta tampilan laman. Performa web browser dapat terpengaruh akibat traffic akses yang melonjak tajam, Anda perlu memaksimalkan dengan load balancer.

3. Application Server

Hampir serupa dengan web server, application server memberikan layanan memproses setiap permintaan akses dari client yang terhubung dengan jaringan stabil. Komunikasi ini dapat menggunakan protokol HTTP.

Umumnya digunakan mengeksekusi suatu prosedur, berupa program script agar dapat berjalan optimal. Hal yang membedakan application dengan website server terletak pada tampilan konten. Application server lebih ringkas dan dinamis, seperti terdapat object pooling, layanan pesan, aplikasi transaksi, dan sebagainya.

Fungsi Server

Berikut beberapa fungsi dari server yang wajib diketahui guna memaksimalkan pengertian server:

  • Melayani permintaan komputer client untuk diolah bersama sistem operasi agar lebih cepat dan aman.
  • Menyimpan data atau informasi client agar dapat diakses kembali di kemudian hari.
  • Menyediakan database untuk dijalankan dan sdiolah oleh pengguna.
  • Mengatur lalu lintas transfer data atau file agar tetap aman dan sesuai tujuan penggunaan.
  • Mengamankan dari serangan kejahatan siber dengan melakukan enkripsi data.

Cara Kerja Server

Pada dasarnya, secara pengertian server, cara kerjanya sangat sederhana. Server sebagai media penyedia data dan informasi sesuai perimintaan client/pengguna. Setelah permintaan diterima oleh server, maka akan langsung diproses dan hasilnya dikirim kembali kepada komputer client/pengguna.

MIsalnya, proses permintaan client pada web server dengan mengetikkan alamat IP di browser. Pada saat itu, browser akan meminta informasi mengenai website terkait pada web server. Kemudian, web server bertugas mencari data pada server DNS dan dikirmkan kembali untuk ditampilkan dalam bentuk website.

Sekarang Anda sudah memahami pengertian server, cara kerja, serta jenis-jenisnya. Temukan lebih banyak artikel seputar teknologi di blog dan knowledge base Cloud Raya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image