ARTICLE
Apa Itu DNS? Pahami Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Apa Itu DNS? Pahami Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

16 November 2021 by Marketing Cloudraya

Penggunaan jaringan internet tak ayal membuat pengguna wajib mengetahui seluk-beluk pemrogaman. Tujuannya agar semakin optimal ketika mengoperasikan hardware, software maupun jaringan. Begitu pula dengan apa itu DNS yang selalu dikaitkan dengan IP Adress.

Mengenal Apa Itu DNS

Domain Name Server atau disingkat DNS, merupakan interaksi antar komputer yang terhubung lewat server dengan saling mengenali IP Address (tanda pengenal). Sistem pada Domain Name Server akan mengubah URL website menjadi IP Address secara ringkas, sehingga pengguna tidak direpotkan untuk mengetik IP Address manual ketika ingin mengujungi suatu laman.

Gambarannya, seperti jika Anda ingin mengakses laman Google, tanpa DNS, Anda perlu mengetikkan 172.217.0.142 ke dalam address bar. Domain Name Server akan mempersingkat dengan hanya mengetikkan alamat Google.com.

Fungsi DNS

Secara garis besar Domain Name Server memiliki fungsi selayaknya pengertian itu sendiri. Tetapi agar lebih jelas, berikut fungsinya secara rinci:

  • Sebagai penampang data IP berdasarkan nama domain, dengan cara meminta informasi IP Address suatu website.
  • Memudahkan user mengirim email yang terpusat pada satu server, sehingga sangat meningkatkan mobilitas pengguna dimanapun untuk terhubung.
  • Dapat mengatur portal hak akses domain khusus oleh user komputer, sehingga keamanan selalu dipantau.
  • Mengatur laju traffic aktivitas komputer melalui IP Address sebagai identitasnya.
  • Bisa mengatur hak akses informasi atas jaringan beberapa komputer dalam satu server. Jika komputer ingin mengakses informasi, maka secara otomatis Domain Name Server meminta IP Address.

Cara Kerja Domain Name Server

Seperti halnya piramida, jaringan Domain Name Server memiliki sistem serupa. Pusat server terdiri atas server pembantu yang berfungsi sebagai agen komputer dalam lingkup jaringannya. Istilah Domain.com pun termasuk dalam bagian DNS server, fungsinya sebagai agen server yang kemudian dihubungkan pada server utama.

Agen server Authoritative name Server akan memberikan sinyal dan menyampaikan pesan kepada server pusat. Selanjutnya, server pusat akan menerima pesan dari agen untuk menyebarkan informasi dengan memasukkan nomor IP Address, dengan demikian informasi dapat diakses lebih ringkas.

Tahap mekanisme kerja DNS lebih rinci sebagai berikut:

Domain Name Server Query

DNS Query dimaksudkan untuk meminta informasi perihal IP Address. Pada tahap ini terjadi ketika Anda mengetikkan URL ke dalam Address bar. Kemudian, DNS server akan mencari informasi di filehosts. Jika informasi yang sedang dicari tidak ditemukan, maka server berusaha mencari kepingan informasi atau rekam jejak informasi yang tercatat di sistem (cache).

DNQ Query merupakan tahap awal, terbagi atas tiga jenis yakni recursive query, iterative query dan non-recursive query. Berikut penjelasan singkatnya:

  • Recursive query: merupakan tahan dimana user memberikan hostname dan perlu jawaban oleh DNS resolver. Terdapat dua kemungkinan jawaban. Pertama, DNS server menyediakan informasi relevan di Root Server/ Authoritative Name Server. Kedua, browser menampilkan pesan error akibat informasi tidak ditemukan.
  • Iterative query: jenis ini user memasukkan hostname, kemudian DNS resolver mencari cache relevan dalam memori. Jika belum berhasil, DNS resolver segera mencari informasi di Root Server dan Authoritative Name Server terdekat dengan DNS zone.
  • Non-recursive query: jenis ini tidak memerlukan pencarian di Root Server/ Authoritative Name Server karena informasi yang dicari telah tersimpan di cache.

Domain Name Server Recursor/ Recursive Resolver

Apa itu DNS recursor, yakni tahap pertama pencarian informasi. Saat user memasukkan URL dan tidak mendapatkan hasil valid dalam cache, maka sistem segera mencari informasi cache penyedia internet atau ISP (Internet Service Provider).

Domain Name Server mempunyai peran penting pada performa website atau aplikasi yang sedang dikembangkan perusahaan maupun developer. Infrastruktur Cloud Raya telah dilengkapi oleh DNS reliabel. Sign up sekarang juga secara gratis untuk mencoba fitur-fitur Cloud Raya, atau diskusi dengan kami melalui fitur live chat untuk menentukan solusi kebutuhan Anda.

0 0 votes
Article Rating

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x