ARTICLE
Mengenal SSD Cloud Hosting dan Keunggulannya

Mengenal SSD Cloud Hosting dan Keunggulannya

31 Desember 2021 by Marketing Cloudraya

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah cloud hosting, tapi sudah tahukah tetang SSD cloud hosting? Cloud hosting merupakan salah satu jenis layanan web hosting yang performanya cukup baik dan dapat digunakan untuk website dengan trafik tinggi atau data yang banyak. Keunggulan dari cloud hosting adalah resource yang ada tidak dipengaruhi oleh pengguna lain.

Setelah membahas sekilas tentang cloud hosting, sekarang mari kita fokus untuk membahas lebih dalam tentang SSD cloud hosting.

Apa itu SSD Cloud Hosting?

SSD cloud hosting adalah layanan cloud hosting yang menggunakan server berbasis SDD (Solid State Drive).  SDD merupakan teknologi terkini yang berfungsi untuk tempat penyimpanan data user. Mungkin Anda pun cukup familiar dengan SSD yang digunakan pada laptop atau smartphone, kurang lebih fungsinya seperti itu. Namun, SSD cloud hosting ini digunakan dalam layanan web hosting.

Perbedaan SSD dan Hard Disk Biasa

Sama-sama digunakan sebagai media penyimpanan, tapi SSD dan hard disk mempunyai perbedaan. SSD memberikan performa yang lebih baik dan cepat daripada hard disk biasa. Hard disk biasa atau hard disk tradisional masih menggunakan piringan di dalamnya sedangkan SSD komponennya sudah lebih canggih tanpa menggunakan piringan seperti pada hard disk biasa.

Secara teknis SSD cloud hosting dapat menghasilkan 10 kali lebih cepar untuk kapasitas input, output dan latecy daripada hard disk biasa. Kecepatan SSD tentunya jauh lebih baik karena tidak dipengaruhi piringan hard disk seperti pada hard disk tradisional. Semua data yang ditulis dan diproses dalam SSD diolah secara elektronik sehingga lebih mudah terbaca.

Keunggulan SDD Cloud Hosting

Teknologi SDD dengan kecepatan dan performa baik ini mendukung layanan hosting yang juga lebih baik. Berikut ini beberapa keunggulan jika Anda menggunakan SDD cloud hosting.

1.      Kinerja lebih cepat

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, SDD cloud hosting lebih cepat karena semua komponennya elektronik dan tidak terpengaruh terhadap kecepatan putaran piringan seperti pada hard disk biasa. SSD menggunakan IC atau rangkaian integrated circuit sebagai memorinya.

2.      User Experience yang Lebih Baik

Pengguna tentu akan merasa lebih puas dan nyaman menggunakan SDD cloud hosting sebagai layanan web hostingnya. Hal ini dapat menaikkan trafik website karena memberikan kecepatan yang lebih baik untuk sebuah website. Pengunjung website akan lebih nyaman berada di website tersebut.

3.      Mendukung Optimasi SEO

Teknik SEO digunakan untuk meningkatkan performa suatu website di internet. Website yang mudah dan cepat diakses akan mendapat poin plus dari mesin pencari Google. Dengan begitu, website tersebut lebih mudah dalam melakukan optimasi SEO.

4.      Meningkatkan Efisiensi

Khususnya bagi perusahaan yang membutuhkan layanan web hosting untuk website dengan trafik tinggi dan data banyak maka direkomendasikan mencoba SSD cloud hosting ini. SDD cloud hosting sangat efisien dan mampu meningkatkan produktivitas perusahaan. Sebab, kecepatan yang baik dan daya tampung data yang cukup besar dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

SSD cloud hosting saat ini sudah cukup mudah ditemukan. Sebagian besar perusahaan penyedia layanan hosting sudah menyediakannya untuk user. Hal yang perlu diperhatikan jika Anda tertarik menggunakan SSD cloud hosting adalah dari sisi budget. Harga yang ditawarkan cenderung lebih mahal. Namun, mengingat performanya yang lebih baik maka hal ini cukup efisien.

0 0 votes
Article Rating

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x