ARTICLE
Mengenal Pengertian Aplikasi API, Fungsi dan Cara Kerjanya

Mengenal Pengertian Aplikasi API, Fungsi dan Cara Kerjanya

29 November 2021 by Marketing Cloudraya

Pekerjaan seorang developer kini bisa dilakukan lebih cepat. Dengan adanya aplikasi API, pengembangan suatu aplikasi dapat dilakukan lebih efisien. API sendiri rupanya banyak digunakan oleh perusahaan besar seperti Google dan Facebook.

Mungkin beberapa dari kita yang awam dengan istilah API, perlu belajar mengenal keberadaan API agar dapat memaksimalkan fungsinya.

Mengenal Aplikasi API

Application Programming Interface atau disingkat API merupakan suatu interface menghubungkan aplikasi satu dengan lainnya. Aplikasi API berperan sebagai jembatan antar berbagai aplikasi berbeda, baik dalam satu platform sama atau lintas platform.

Perumpamaan sederhananya seperti seorang pelayan di rumah makan, bertugas menghubungkan tamu dengan juru masak. Tamu cukup memesan makanan berdasarkan menu dan memberitahukan kepada pelayan, kemudian diteruskan kepada juru masak untuk mengolah makanan. Jika makanan siap, pelayan akan kembali kepada tamu dan diberikan sesuai pesanan.

Sama halnya dengan aplikasi API digunakan sebagai media komunikasi dengan bahasa pemrogaman yang berbeda agar terbaca oleh developer. Sehingga, proses pengembangan aplikasi lebih cepat terselesaikan, karena developer tidak perlu menyediakan data manual.

Fungsi Application Programming Interface (API)

Lantas, sebenarnya apa saja fungsi dari API dalam pengembangan suatu website atau aplikasi?

1. Membangun Aplikasi Fungsional

Lewat aplikasi API, pembuatan aplikasi fungsional dan komleks akan lebih mudah dilakukan oleh developer. Data dapat langsung diolah tanpa proses input manual, contohnya aplikasi Gojek yang tak perlu mengembangkan aplikasi peta sendiri, cukup memanfaatkan data dari Google Maps.

Penggunaan API sangat membantu platform tersebut menjadi lebih besar dan dikenal hingga saat ini. Developer cukup mengembangkan layanan bagian lain, karena peta telah tersedia dan dipastikan akan berjalan baik.

2. Mengembangkan Aplikasi Lebih Efisien

Komunikasi melalui aplikasi Application Programming Interface dapat memudahkan Anda untuk terhubung dengan aplikasi lain. Sangat menguntungkan bila Anda tengah ingin membangun aplikasi lintas platform dengan banyak layanan sekaligus.

Contohnya, Anda berniat membangun website pemesanan tiket online di berbagai maskapai. Aplikasi API dapat melakukan integrasi pada masing-masing layanan maskapai tersebut. Sehingga, pengguna tidak perlu melakukan komunikasi manual, cukup menggunakan website Anda.

3. Mencegah Beban Berlebih Pada Server

Anda tidka perlu direpotkan menyimpan seluruh data yang dibutuhkan server, API akan bertugas memperbarui data sesuai permintaan Anda. Sehingga, server milik Anda tidak terbebani dan mengurangi risiko server down yang berdampak pada mobilitas.

Cara Kerja Application Programming Interface (API)

Setelah memahami pengertian dan ragam jenis dari aplikasi API, selanjutnya mempelajari cara kerja sesungguhnya berikut ini:

  • Aplikasi Mengakses API: pada tahap ini, ketika pengguna mengakses sebuah aplikasi, maka secara otomatis API menyediakan layanan yang dituju pengguna.
  • API Melakukan Request ke Server: Jika telah berhasil mengakses alamat API, permintaan diteruskan menuju server layanan tujuan. API bertuas memberitahukan aplikasi/ website bahwa pengguna membutuhkan data layanan tertentu sesuai dengan permintaan yang telah diinput.
  • Server Memberikan Respon Ke API: Saat data permintaan telah ditemukan, server menghubungi API untuk memberikan informasi rincian layanan.
  • API Meneruskan Respon Ke Aplikasi: API melanjutkan informasi dari server menuju aplikasi/website Anda. Pengguna pun dapat langsung menerima informasi dan rincian layanan yang dicari. Proses ini dapat terjadi bersamaan dengan layanan-layanan serupa lainnya. Pengguna semakin diuntungkan dengan kemudahan akses dalam satu platform berkat aplikasi API.

Itu dia pengertian, jenis, dan cara kerja API. Temukan artikel seputar teknologi pada blog dan Knowledge Base Cloud Raya. Atau, untuk memulai bisnis digital dengan segera, Anda bisa langsung sign up ke Cloud Raya dan mulai bangun infrastruktur cloud Anda sendiri.

0 0 votes
Article Rating

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x