ARTICLE
Manfaat Cache dan Cara Menghapusnya Agar Perangkat Tak Lemot

Manfaat Cache dan Cara Menghapusnya Agar Perangkat Tak Lemot

23 Maret 2022 by Marketing Cloudraya

Cache merupakan salah satu sarana untuk mengakses website maupun aplikasi dengan lebih cepat. Meskipun begitu, chace juga perlu dihapus jika perangkat komputer maupun smartphone menjadi lambat.

Nah, jika Anda bingung mengenai chace, simak ulasannya berikut ini!

Apa Itu Cache?

Cache adalah tempat penyimpanan data sementara pada sebuah sistem, baik perangkat komputer, website, maupun berbagai aplikasi.

Nah, karena adanya cache, akan lebih efektif jika ingin mengakses informasi yang sama di waktu berikutnya. Hal ini karena chace sudah mengambil data yang tersebut dan menyimpannya.

Manfaat Cache

Berikut ini beberapa manfaat dari cache:

1.    Membuat Sistem Menjadi Cepat

Salah satu manfaat chace yakni dapat meningkatkan performa pada sistem di perangkat Kamu. Chace juga akan membuat proses kerja browser menjadi lebih ringan. 

2.    Menghemat Data

Berkat adanya chace, sistem tak perlu meminta informasi yang sama terhadap server secara berulang. Hal ini tentu saja akan berimbas pada penggunaan data internet menjadi lebih hemat.

3.    Memudahkan Akses

Bagi beberapa aplikasi yang harus diakses secara online, cache dapat membantu mempermudah aksesnya. Sehingga ketika koneksi internet tiba-tiba terputus, Beberapa aplikasi tersebut yang datanya sudah tersimpan di cache ternyata masih bisa digunakan meskipun internet dalam keadaan offline. Salah satunya aplikasi Twitter dan OLX.

Kekurangan Cache

Terlepas dari beberapa manfaatnya, namun cache juga memiliki kekurangan seperti berikut ini:

1.    Membuat Aplikasi Error

Kesalahan dalam penyimpanan data cache kadang terjadi hingga mengakibatkan datanya menjadi corrupt atau rusak. Tentu saja hal tersebut berimbas pada aplikasi yang dapat berhenti secara tiba-tiba atau menjadi error.

2.     Storage Penuh

Data yang tersimpan dalam cache pada komputer atau smartphone dalam keadaan menumpuk tentu akan mengakibatkan storage penuh, sehingga Kamu perlu menghapusnya agar mendapatkan ruang untuk menyimpan data penting lainnya.

3. Menghambat Akses Terhadap Informasi Terbaru

Mengingat bahwa Cache akan menyimpan data website yang pertama diakses, maka bisa jadi pada saat Kamu mengakses website serupa, Kamu akan diberikan data cache oleh browser, meskipun sebenarnya informasi yang kamu butuhkan berbeda. Hal ini tentu saja akan sedikit menghambat proses akses informasi yang Kamu lakukan.

 

Cara Hapus Cache di Berbagai Platform

Menghapus Data Cache di Komputer:

  • Klik logo Windows di pojok kiri bawah, lalu klik Settings > System
  • Pilih Storage > Temporary Files
  • Centang file yang ingin dihapus, klik Remove Files

Menghapus Data Cache di Android:

  • Pilih menu Settings
  • Lalu pilih Apps > Manage Apps
  • Pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya, klik opsi Clear Data > Clear Cache

Membersihkan Cache pada Browser

Berikut ini cara menghapus cache pada browser, salah satunya Google Chrome.

  • tombol Ctrl + H pada keyboard saat Kamu membuka Google Chrome, untuk membuka history browsing.
  • Klik opsi Clear browsing data
  • Pilih rentang waktu yang ingin dihapus, Centang opsi Cached images and files, Pilih data browsing yang ingin dihapus > Clear Data

Tingkatkan Performa Website dengan Cache!

Cache merupakan tempat penyimpanan data pada semua sistem platform baik itu komputer, Android dan iOS, dan browser yang sebenarnya bertujuan memudahkan para pengguna.

Meskipun kerap dianggap sebagai sampah karena dapat memenuhi ruang penyimpanan, namun Cache juga berfungsi menghemat data hingga meningkatkan performa pada website.

Itu dia pembahasan mengenai cache pada artikel kali ini. Simak terus informasi-informasi seputar IT lainnya di blog Cloud Raya. Atau, temukan juga artikel tutorial seputar IT pada knowledge base Cloud Raya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image