Ingin Meningkatkan Performa Website? CDN (Content Delivery Network) Solusinya!

CDN

Cara terbaik untuk meningkatkan kecepatan dan mengurangi penggunaan sumber daya situs web adalah dengan menggunakan jaringan pengiriman konten.

CDN atau Content Delivery Network adalah teknologi yang memastikan konten statis Anda (seperti gambar, CSS, JavaScript, video, dll.) dapat diakses lebih cepat dengan menayangkannya dari lokasi yang lebih dekat dengan pengunjung Anda, sehingga meningkatkan waktu respon server.

Jaringan Distribusi Konten sangat berguna untuk situs web besar dengan banyak konten. Terlepas dari ukuran situs Anda, bagaimanapun, Anda harus menggunakan CDN untuk meningkatkan kinerja website Anda.

Apa itu CDN?

Jaringan Pengiriman Konten / CDN adalah grup server global, yang terletak di beberapa pusat data di seluruh dunia, bertanggung jawab atas distribusi situs web dan hal-hal lain yang terkait dengan konten website.

Apakah CDN Dapat Digunakan pada Semua Layanan Hosting?

Caranya adalah mempercepat CDN dengan menggunakan jaringan server terdistribusi yang meneruskan file ke pengunjung dari lokasi terdekat.  Anda mungkin berpikir jika Anda memiliki layanan hosting yang kuat seperti VPS atau server khusus, menggunakan CDN tidak akan banyak berpengaruh.

 Tapi tidak peduli berapa banyak sumber daya yang Anda miliki, lokasi server juga merupakan salah satu faktor terbesar yang meningkatkan kecepatan akses website dari sisi pengunjung.

Jika berasumsi bahwa pengunjung Anda berasal dari India sedangkan server situs web Anda berada di Amerika. Sebab, jarak yang sangat jauh antara lokasi pengunjung dan server, mungkin diperlukan beberapa waktu untuk mengirimkan konten. Server CDN biasanya terletak di beberapa lokasi, misalnya Server CDN di India, Amerika, Singapura, dll. Jika pengunjung dari Indonesia, maka CDN akan menyajikan file dari lokasi yang terdekat dengan pengunjung (dalam hal ini mungkin CDN India).

Jadi, walaupun Anda menggunakan hosting gratis atau bersama atau hosting web VPS, CDN tetap membantu meningkatkan kecepatan situs web Anda, mengurangi ruang disk dan penggunaan bandwidth, serta memastikan bahwa konten Anda didistribusikan dengan cepat, terlepas dari jarak antara situs web Anda.

Jika Anda menggunakan layanan hosting bersama atau layanan hosting gratis, CDN akan membantu Anda menghemat sumber daya penggunaan, yang nantinya akan berdampak signifikan, karena sumber daya biasanya terbatas pada layanan tersebut.

Jika website Anda pernah mengalami lonjakan lalu lintas, CDN akan memastikan bahwa batas sumber daya tidak habis. Menggunakan CDN dapat meningkatkan kinerja dan kecepatan pada layanan hosting apa pun.

Sumber foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/komputer-laptop-perak-di-samping-smartphone-putih-di-atas-meja-kayu-coklat-69432/

Manfaat CDN

Berikut adalah beberapa manfaat Jaringan Pengiriman Konten (CDN):

  • CDN sangat bagus untuk situs web dengan banyak lalu lintas
  • CDN memastikan bahwa situs web ditampilkan dengan benar di mana pun di dunia
  • Dengan mengurangi jumlah permintaan (permintaan data) yang dikirim ke server, CDN mampu meminimalkan penggunaan sumber daya hosting (ruang disk/bandwidth, dll.).
  • Situs web menjadi lebih cepat secara signifikan, terutama ketika pengunjung dekat dengan server
  • Peringkat website di Google bisa meningkat karena Google menganggap faktor kecepatan akses sangat penting
  • CDN dapat menguntungkan berbagai situs web dan layanan online
Sumber foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/komputer-laptop-abu-abu-109371/

Yang Anda Perlukan

Sebelum mulai, yang Anda perlukan adalah Akses setting DNS domain Anda

Langkah 1 – Menganalisa Website Anda

Ada beberapa opsi di bagian ini. Anda dapat menggunakan CDN gratis yang disediakan oleh CloudFlare atau layanan CDN berbayar lainnya.

Jika saat ini Anda memiliki situs web dengan lalu lintas sedang, menggunakan layanan CDN berbayar mungkin bukan keputusan terbaik, karena yang gratis pun sudah lebih dari cukup.

Namun, jika Anda sering mengalami lonjakan lalu lintas yang tiba-tiba dan penggunaan sumber daya yang tinggi, maka memilih layanan CDN berbayar lebih cocok untuk Anda.

Langkah 2 – Cara Menggunakan CDN

  • Opsi 1 – Mengaktifkan CDN CloudFlare Gratis

Untuk menggunakan CDN CloudFlare di website Anda, Anda hanya perlu menambahkan domain Anda ke CloudFlare

Setelah mengedit semua pengaturan DNS dan mengkonfigurasi domain Anda untuk menggunakan CloudFlare, tunggu beberapa jam hingga semua perubahan diterapkan dan kemudian halaman web Anda akan mengalami perubahan signifikan karena CDN.

  • Opsi 2 – Menggunakan CDN berbayar

Jika Anda ingin menggunakan solusi berbayar, berikut adalah beberapa opsi bagus:

MaxCDN dan Photon adalah opsi yang patut dipertimbangkan jika Anda memiliki situs CMS dengan banyak foto/gambar.

RackSpace dan CDN77 adalah CDN yang sangat andal untuk streaming dan konten video.

JsDeliver, CDN dipertimbangkan jika situs web Anda berisi banyak JavaScript.

Langkah 3 – Test Perubahan

Setelah CDN diinstal, Anda dapat menjalankan kembali analisis halaman dengan Webpage Test untuk memastikan semuanya berfungsi seperti yang diharapkan.

Conlusion

Dari artikel ini Anda telah mengenal apa itu CDN dan apa saja manfaatnya untuk website Anda, serta bagaimana cara menerapkan CDN dengan benar dan mudah.

Temukan artikel seputar IT lainnya di Blog Cloud Raya atau Knowledge Base kami. Bagi Anda yang suka live stream video tutorial seputar IT, kunjungi juga YouTube channel Cloud Raya.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud