Catat! Inilah Manfaat Object Storage di Storage Raya yang Perlu Diketahui

Object Storage: Storage Raya

Kenang-kenangan berupa foto dan video akan sirna begitu saja jika tidak disimpan dengan baik. Selain foto dan video dokumen penting lainnya perlu disimpan dengan baik agar tidak mudah rusak.  

Proses penyimpanan pun terus berinovasi. Jika zaman dahulu tepatnya tahun 1990-an, data disimpan dengan cara dicetak, kemudian berganti menjadi penyimpanan secara digital lewat CD, DVD, Disket dan seterusnya.

Alih-alih lebih praktis, menyimpan dokumen di perangkat keras berukuran besar dinilai tidak cukup praktis. Inovasi media penyimpanan dokumen kemudian terus berinovasi hingga menjadi sebuah perangkat lunak yang kecil seperti flashdisk.  

Variasi ukuran penyimpanan dan harga yang relatif murah, cukup menyita perhatian masyarakat. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu masyarakat menyadari bahwa keamanan data yang tersimpan di dalamnya tidak terjamin. Karena berukuran kecil, flashdisk jadi rentan rusak maupun hilang.  

Tidak itu saja, data yang tersimpan juga rentan terkena virus sehingga data rusak dan tidak dapat diakses. Oleh karena itu, kini banyak orang yang beralih menyimpan data di jenis penyimpanan cloud storage, salah satunya adalah object storage.

Yang mana berarti pengguna menyimpan data di satu server yang disediakan oleh sebuah perusahaan tertentu. Sehingga, pengguna tdak perlu membeli hardwarenya sendiri. Salah satu penyedia jasa object storage adalah Storage Raya. 

Manfaat Menggunakan Storage Raya sebagai Object Storage

Object storage punya banyak manfaat untuk penggunanya. Media penyimpanan ini memiliki banyak manfaat yang mudah dijangkau para penggunanya.

Selain itu, object storageyang berkualitas adalah yang didukung dengan software unggulan yang mampu menjaga data agar terhindar dari virus yang berasal dari luar atau dari dalam perusahaan.

Berikut ini kita membahas lebih jelas tentang apa saja manfaat object storage.  

Kesesuaian dengan S3 

Storage Raya diformulasikan untuk menyimpan project programming berkapasitas besar karena terintegrasi dengan S3 API. 

CDN 

CDN adalah singkatan dari Content Delivery Network. Dengan adanya CDN ini membuat Anda dengan mudah dan cepat mengakses data dari manapun. Selain itu, CDN juga membantu keamanan data lebih terjamin dan simpel. 

Protokol HTTPS 

Protokol ini berfungsi menjaga keamanan agar akses di Storage Raya semakin terjaga. 

Metadata

Fitur metadata sangat berguna agar dapat dapat dikelola dengan mudah. Metadata juga dapat disesuaikan dengan pengurutan nama yang diinginkan. 

Skalabilitas

Object storage pada Storage Raya memungkinkan Anda untuk mengatur ukuran storage sesuai keinginan sesuai kebutuhan. 

Cocok untuk Segala Jenis File

Tidak hanya foto dan video, object storage juga cocok untuk berkas fisik yang sudah di-scan. 

Redundansi Tinggi 

Jika menyimpan data di sini, Anda tidak perlu khawatir akan rusak atau hilang karena Storage Raya terbuat dari Ceph sehingga seluruh data disalin ke banyak server.  

Apa Saja yang Bisa Anda Lakukan dengan Storage Raya? 

Storage Raya memiliki banyak kegunaan yang membantu kinerja penyimpanan data agar lebih maksimal. Selain menyimpan data ada banyak manfaat Storage Raya yang patut Anda coba.

Simpan Fixed Data 

Yang dimaksud dengan fixed data adalah data yang sudah tetap atau yang tidak memerlukan perubahan lagi dalam kurun waktu yang lama. Dalam hal ini fixed data bisa berupa mp3, mp4, video, gambar, dan lainnya.

Backup dan Archive Data 

Menyediakan kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas, membuat Storage Raya sangat baik untuk dijadikan platform backup maupun archive data. Hal ini juga didukung dengan kemampuan Storage Raya untuk menyimpan berbagai jenis file dan data. Dengan Storage Raya, pengguna bisa melakukan backup serta archive dan merestore data tersebut kapan saja.

Disaster Recovery

Pengguna juga bisa memanfaatkan Storage Raya sebagai solusi disaster recovery. Pengguna hanya perlu menyimpan semua data pada Storage Raya dan biarkan Storage Raya mengamankannya dalam waktu yang lama hingga Anda membutuhkannya kembali.

Cara Kerja Storage Raya 

Cara kerja Storage Raya sebagai Object Storage sangat sederhana, sehingga memudahkan penggunanya untuk menyimpan dan mengakses datanya kembali kapan saja.

Storage Raya menyediakan ruang penyimpanan yang bisa digambarkan sebagai dataran yang sangat luas. Pada dataran tersebut, pengguna bisa membuat ember atau bucket di mana mereka menyimpan semua file dan data yang nantinya akan dianggap sebagai sebuah object.

Object Storage tidak memiliki sistem hirarki penyimpanan data. Data yang hendak disimpan bisa langsung diletakkan di bucket tanpa harus mengklasifikasikannya berdasarkan jenis data seperti media penyimpanan tradisional.

Namun, Anda tidak perlu khawatir kesulitan dalam mengakses atau memanggil kembali data yang tersimpan karena Storage Raya telah menggunakan metadata. Dengan metadata yang merupakan label setiap data tersimpan berisikan informasi tiap data, data akan lebih mudah diakses kembali.

Layanan yang diberikan Cloud Raya 

Cloud Raya yang merupakan provider dari Cloud Raya memiliki fitur layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Fitur-fitur yang akan menguntungkan tiap pengguna di antaranya:

Pay-per-use

Storage Raya memberikan tarif yang terjangkau. Hal tersebut dibuktikan dengan Anda dapat membayar sesuai dengan kapasitas storage yang Anda pakai 

Data Center Lokal

Pemilihan data center lokal menjadi faktor terpenting untuk Anda karena server yang berpusat di Indonesia dapat mempercepat akses data Anda.

Support 24/7 

Cloud Raya menyediakan layanan teknis 24/7 untuk siaga memenuhi kebutuhan tiap customer kapanpun, yang mana tiap aduan akan dihandle oleh tim engineer tersertifikasi dan berpengalaman..  

Panel Sederhana

Tampilan panel yang multifungsi namun tetap sederhana membuat pengguna Storage Raya tidak perlu bingung saat mencoba untuk mengakses data. 

Kesimpulan

Demikian manfaat object storage dengan Storage Raya yang perlu Anda ketahui. Kini Anda dapat menyimpan berbagai data, baik data pribadi atau data perusahaan secara praktis, aman, mudah dan harga terjangkau. 

Menyimpan data di object storage juga dapat meningkatkan kinerja perusahaan secara signifikan. Misalnya, jika Anda kehilangan berkas yang telah dicetak berbentuk lembaran kertas, Anda masih punya salinannya yang berada di object storage.

Ingin mendapat bacaan seputar teknologi lainnya? Silakan mengunjungi blog Cloud Raya, karena Anda akan menemukan segudang bacaam berisikan informasi-informasi aktual teknologi yang akan menambah wawasan Anda. Jika Anda membutuhkan tutorial yang bisa membantu pekerjaan Anda dalam dunia Cloud, silakan mengunjungi halaman knowledge base atau channel youtube kami.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud