ARTICLE


Cara Mendaftar Google AdSense

27 July 2020 by Marketing Cloudraya

Google AdSense telah banyak digunakan para pelaku bisnis untuk monetisasi atau menghasilkan uang dari website. Google AdSense sendiri merupakan program periklanan yang bersifat partnership antara pemilik website dengan Google. Telah banyak influencer maupun blogger yang telah menggunakan dan mengimplementasikan AdSense pada website, blog, maupun akun YouTube channel mereka. 

Jadi pada dasarnya Anda dapat melakukan monetisasi pada website dan YouTube yang Anda kelola dengan menggunakan Google AdSense. Selain proses dan penggunaannya yang cukup mudah, AdSense tentunya juga dapat menawarkan keuntungan komisi yang cukup besar. Selain website dan YouTube yang lebih menghasilkan dari segi finansial, iklan yang dipasang pada website dan YouTube juga dapat disesuaikan dengan konten website dan YouTube yang Anda miliki. 

Monetisasi dari AdSense tergantung dari beberapa faktor diantaranya tingkat popularitas website/YouTube, kata kunci yang ditargetkan, serta besarnya nilai iklan yang ditawarkan oleh pemilik akun. Selain itu, keuntungan lain menggunakan AdSense ini adalah Anda bisa mendapatkan laporan serta analisis lengkap tentang statistik pengunjung website dan hasil monetisasi yang dapat diakses pada fitur dashboard secara mendetail, mulai dari jumlah klik, popularitas website, popularitas halaman yang memuat iklan, hingga total penghasilan. AdSense tentunya juga telah dilengkapi fitur keamanan dari Google yang bisa digunakan untuk memblokir iklan yang tidak diinginkan. Bagaimana, sudah tertarik mencoba menggunakan AdSense pada website Anda? Ternyata untuk mendaftar AdSense ini cukup mudah! Cukup ikuti langkah berikut ini untuk membuat dan mengimplementasikan AdSense pada website Anda. 

Mendaftar Akun AdSense
Pada tahap ini, yang perlu Anda persiapkan adalah akun Google yang dimiliki (bisa email dari Gmail atau akun Google lainnya), nomor telepon dan alamat surat, serta website yang aktif (untuk nantinya ditautkan ke AdSense). Kemudian tahapan setelah itu adalah :

  1. Membuka laman Google AdSense 
  2. Kemudian klik “mulai”, dan Anda akan dibawa ke laman sign up AdSense 
  3. Isi data dengan benar dan sesuai, seperti alamat website/YouTube yang Anda ingin kaitkan dengan AdSense, dan email yang Anda miliki
  4. Akan ada pilihan apakah sebaiknya Anda mengijinkan Google mengirimkan rekomendasi performa dan bantuan yang disesuaikan, pada tahap ini sebaiknya Anda memilih “ya” untuk memaksimalkan fitur dan personalisasi AdSense
  5. Klik simpan dan lanjutkan
  6. Pilih negara tempat tinggal Anda – Indonesia
  7. Klik “saya menyetujui” pada pilihan tinjau dan setujui persyaratan dan ketentuan AdSense
  8. Klik “buat akun”

Selamat! Akun AdSense Anda telah berhasil dibuat. Setelah selesai mendaftar, jangan lupa untuk melakukan tahap selanjutnya yaitu mengaktifkan akun AdSense agar website Anda dapat menampilkan iklan di situs Anda. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memasukkan detail alamat pembayaran Anda. Anda cukup memasukkan detail alamat pada profil Anda. Setelah selesai mengisi, klik “kirim”. Setelah verifikasi dan aktivasi akun AdSense telah selesai, maka saatnya beranjak ke langkah selanjutnya yaitu membuat iklan AdSense.

Membuat Iklan AdSense

Pada AdSense, ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menyiapkan iklan pada situs Anda yaitu Iklan Otomatis dan Unit Iklan. Iklan otomatis adalah pengaturan iklan yang dikerjakan oleh Google, jadi Anda hanya fokus pada pembuatan konten situs yang Anda miliki saja. Google akan mengatur iklan mana yang akan ditampilkan serta lokasi atau tempat iklan tersebut. Keuntungannya, Anda dapat mengontrol semua iklan hanya dengan sebuah tombol, iklan juga akan otomatis berada pada lokasi yang strategis bahkan jika diakses secara mobile version

Sedangkan unit iklan adalah penempatan iklan yang lebih customize dari pemilik situs. Anda bebas mengatur jenis, ukuran, dan posisi iklan yang Anda kehendaki pada situs Anda. Pengaturan iklan ini bersifat manual, jadi perlu ditempatkan pada satu per satu halaman website yang dikehendaki secara manual. Namun tentunya iklan ini juga harus sesuai dengan kebijakan dari AdSense.

Cara membuat iklan otomatis adalah sebagai berikut :

  1. Login ke akun AdSense
  2. Klik Iklan > Ringkasan
  3. Klik “edit” di samping situs yang ingin diedit pada fitur tabel situs Anda
  4. Aktifkan “otomatis” pada fitur “pengaturan situs”
  5. Mengaktifkan fitur ini berarti Anda mengizinkan Google mengoptimalkan unit iklan berikutnya
  6. Klik terapkan ke situs
  7. Pilih opsi penyimpanan, “terapkan sekarang” atau “jalankan eksperimen terlebih dahulu”  

Cara membuat unit iklan adalah sebagai berikut :

  1. Login ke akun AdSense
  2. Klik iklan > ringkasan
  3. Klik “menurut unit iklan”
  4. Klik “display iklan”, kemudian beri nama unit iklan Anda
  5. Pilih ukuran iklan yang ingin ditampilkan, disarankan menggunakan pilihan responsif. Namun Anda juga dapat mengkustomize ukuran iklan yang diinginkan
  6. Klik “simpan” dan dapatkan kode
  7. Copy dan paste code tersebut di antara halaman yang ingin menampilkan iklan
  8. Klik “selesai”

Menambahkan Iklan AdSense pada Website
Setelah membuat iklan, tahap selanjutnya adalah menautkan iklan AdSense pada website, berikut langkah-langkahnya :

  1. Login ke akun AdSense
  2. Copy kode yang ada pada halaman beranda AdSense
  3. Paste code ke HTML halaman situs Anda diantara tag <head> dan </head> (jika website Anda adalah WordPress). 
  4. Jangan khawatir, ada tombol ‘edit’ jika Anda salah memasukkan URL situs, dan Anda dapat mencoba memperbaikinya lagi
  5. Konfirmasi telah selesai menempelkan kode tersebut, kemudian klik “selesai”

Salah satu cara untuk memastikan anda bisa memperoleh komisi semaksimal mungkin adalah dengan memastikan bahwa website anda solid dan cepat dimuat. Gunakan layanan jasa cloud hosting Cloud Raya agar website anda bisa stabil dan cepat.

Cloud Raya menyediakan layanan public cloud serta cloud hosting yang didukung layanan managed service oleh tim IT profesional selama 24/7 penuh. Konsultasikan kebutuhan Anda dan hubungi kami. Tim kami akan menemukan solusi layanan cloud terbaik bagi bisnis Anda. Buka website www.cloudraya.com dan dapatkan informasi dan penjelasan lebih lengkap mengenai layanan Cloud Raya. 

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya