ARTICLE
Faktor yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Hosting

Beberapa Faktor Keamanan yang Perlu Dipikirkan dalam Memilih Vendor Cloud

22 September 2020 by Marketing Cloudraya

Faktor keamanan yang perlu dipikirkan dalam memilih vendor cloud adalah hal penting bagi setiap pengguna teknologi awan. Bagaimanapun juga teknologi ini dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia. Sehingga faktor keamanannya harus benar-benar diperhatikan. Meskipun sekarang ini sudah banyak platform yang bisa langsung dipakai tanpa lisensi.

Namun karena teknologi ini diterapkan untuk menyimpan semua data penting, sehingga diharapkan tidak ada kebocoran rahasia tersebut. Maka dari itu setiap perusahaan harus memperhatikan cloud security dalam menggunakan teknologi ini untuk bisnisnya. Karena keamanan data sangat penting dan bisa berisiko buruk terhadap perkembangan bisnis Anda.

Untuk itulah supaya tidak terjadi kerugian dan pemanfaatan teknologi cloud ini tetap berjalan dengan lancar dan aman, kami akan berikan penjelasan tentang keamanan data dalam menggunakannya. Salah satunya akan kami jelaskan tentang faktor keamanan yang perlu dipikirkan dalam memilih vendor cloud.

Pentingnya Keamanan dalam Memilih Cloud Provider

Dalam memanfaatkan teknologi cloud untuk menyimpan data informasi penting perusahaan terkadang membuat pengguna merasa khawatir. Karena mereka tidak percaya dengan layanan provider tersebut. Tentunya akan ada banyak pertanyaan yang muncul dibenaknya. Misalnya seperti apakah data perusahaan pasti aman? Apakah semuanya ditanggung orang yang tepat?

Karena dalam menggunakan teknologi ini pemilik bisnis harus percaya terhadap penyedia layanan. Jadi pemilik bisnis harus menyerahkan data informasi rahasia yang penting kepada mereka untuk disimpan ke dalam cloud. Maka memperhatikan faktor keamanan yang perlu dipikirkan dalam memilih vendor cloud itu sangat penting sekali.

Anda tidak boleh asal memilih penyedia layanan cloud. Saat terjadi masalah pada sistem keamanannya, hal ini bisa menimbulkan privasi Anda tidak aman. Jadi perhatikan banyak hal dulu sebelum memilih mereka. Seperti yang diketahui bahwa teknologi cloud selalu berhubungan dengan keamanan data dan privasi.

Keduanya termasuk hal yang sangat penting. Mengingat cloud adalah media penyimpanan secara online. Sehingga resiko pencurian data dan hacking selalu ada. Namun meskipun begitu, teknologi ini bisa memudahkan pekerjaan manusia. Salah satunya bisa diakses dari mana saja jadi sangat fleksibel.

Meskipun kekurangannya disini bisa berisiko besar mengalami pencurian data dan cyber crime yang merugikan. Namun hal tersebut bisa diminimalisir dengan meningkatkan keamanan jaringan, mengupdate anti virus, SSD, dll. Dengan memperhatikan faktor keamanan dalam memilih vendor cloudakan membuat data tetap aman.

Faktor Keamanan yang Perlu Dipikirkan dalam Memilih Vendor Cloud 

Dalam hal ini, setiap pelanggan seharusnya selalu memperhatikan soal transparansi. Jangan pernah menggunakan vendor yang tidak mau menjelaskan program keamanannya secara terperinci. Jadi pastikan mereka bisa menyikapi segala kemungkinan terburuk yang tidak terduga. Berikut ini adalah faktor keamanan yang perlu dipikirkan saat memilih vendor cloud:

  1. Privileged user access, ini adalah salah satu faktor keamanan yang perlu dipikirkan dalam memilih vendor cloud. Pengguna layanan harus tahu siapa saja yang bertanggung jawab mengelola datanya. Jadi setiap administrator yang bertugas harus bisa dikontrol dan diawasi penuh atas hak aksesnya. Karena hal ini berkaitan dengan data sensitif perusahaan sehingga bisa berisiko besar jika tidak diperhatikan sejak dini.
  2. Data Location. Anda harus bertanya kepada vendor untuk memproses data dan menyimpannya dalam yurisdiksi. Jadi pastikan ada kontraktual yang sesuai privasi lokal pelanggan sebelum menggunakan jasanya. Karena Anda tidak mungkin tahu di mana data disimpan saat memakai layanannya.
  3. Regulatory Compliance. Ini adalah salah satu faktor keamanan yang perlu dipikirkan dalam memilih vendor cloud. Karena pelanggan sendiri yang harus bertanggung jawab atas integritas datanya sendiri saat dipegang vendor cloud. Maka dari itu sebaiknya jangan pernah memakai jasanya untuk memegang layanan kritis.
  4. Recovery. Anda harus tahu apa yang terjadi ketika ada bencana pada data dan layanannya. Jadi pastikan menanyakan soal total recovery ketika terjadi hal-hal yang tidak terduga. Selain itu tanyakan juga berapa lama total recovery dilakukan untuk menghindari kerugian total.
  5. Data segregation. Umumnya setiap data yang disimpan ke dalam cloud akan dihubungkan dengan pelanggan lainnya. Sehingga enkripsi tidak sepenuhnya efektif digunakan. Jadi Anda harus bertanya pada vendor bahwa skema enkripsi harus sudah diuji. Karena kegagalan enkripsi bisa menyebabkan hal yang fatal.

Cara Menjaga Data Pengguna Tetap Aman

Selain harus memahami beberapa faktor keamanan yang perlu dipikirkan dalam memilih vendor cloud di atas, saatnya untuk menjaga agar data pengguna tetap aman. Karena meskipun pihak penyedia layanan sudah berusaha memberikan jasa sebaik mungkin, namun hal ini tidak berarti pemilik datanya akan aman.

Karena berdasarkan pengalaman dari Sky High Network menyebutkan pada buku putihnya ada 1 ancaman dari pihak dalam setiap bulan disebabkan oleh tindakan kriminal terselubung. Ini bisa terjadi karena data sensitif disampaikan pihak yang salah. Untuk itu Anda harus memperhatikan faktor keamanan yang perlu dipikirkan ketika memilih vendor cloud.

Selain itu, faktor keamanan yang perlu dipikirkan dalam memilih vendor cloud adalah platform. Tujuannya agar platform mengeluarkan pengaksesnya langsung dari sistem ketika tidak dipakai. Bila perlu gunakan sebuah enkripsi tingkat militer. Jadi izin pengguna terbatas dan terdapat sebuah cadangan reguler. Sehingga data yang tersimpan bisa selalu dalam keadaan aman.

Umumnya data akuntansi yang disimpan ke dalam cloud sangat rentan terjadi pencurian. Itulah sebabnya vendor seharusnya selalu mengenkripsi datanya dengan membuat sandi. Sehingga data bisa tetap aman karena tidak dapat dibaca kecuali oleh pemilik kuncinya saja. Biasanya cloud yang sudah modern dilengkapi dengan fitur tersebut.

Di samping itu ada juga cara menjaga keamanan data menggunakan otentikasi multi faktor. Yaitu sebuah tips melindungi data pelanggan dengan melakukan verifikasi identitas melebihi dari 1 cara. Sehingga hal ini bisa mencegah terjadinya akses sistem dari orang asing. Sistem yang ketat akan membuat masalah keamanan terselesaikan.

Cara Memilih Cloud Service Provider yang Tepat

Dari segi biaya, cloud lebih terjangkau dibandingkan menggunakan media penyimpanan offline. Itulah sebabnya cloud disebut sebagai layanan yang sangat mengerti kebutuhan pengguna. Teknologi ini memberikan keuntungan pada pebisnis supaya tidak memikirkan lagi soal biaya. Sehingga mereka bisa fokus terhadap bisnisnya.

Untuk bisa mendapatkan layanan yang tepat, usahakan jangan terburu-buru. Sehingga provider pilihan Anda bisa mendukung kebutuhan perusahaan. Di bawah ini adalah cara memilih cloud service provider supaya data tetap berada di tangan yang tepat, antara lain:

  1. Perhatikan dari segi harga dan performa servernya. Anda harus memastikan harganya telah tertulis secara transparan supaya tidak ada biaya yang membengkak di kemudian hari. Sedangkan dari segi performa server disini pastikan mereka bisa memberikan akses yang cepat sesuai kebutuhan.
  2. Hal lainnya adalah dari segi keamanan datanya. Pihak provider harus mampu memberikan standar keamanan yang selalu diupdate secara berkala. Keamanannya meliputi enkripsi data, firewalls, multi factor user authentication, anti virus, dan audit keamanan rutin. Pastikan pihak adminnya harus jelas untuk menghindari pencurian data.

Yang pasti teknologi cloud sebenarnya bisa dijadikan sebagai solusi terbaik untuk menggantikan media penyimpanan tradisional. Sehingga tenaga, biaya, dan waktu yang dibutuhkan bisa diminimalisir berkat teknologi cloud. Maka dari itu perhatikan faktor keamanan dalam memilih vendor cloud supaya hasilnya sesuai harapan.

Cloud Raya menyediakan layanan cloud hosting dengan tingkat keamanan yang tinggi. Tentunya layanan ini didukung layanan managed service oleh tim IT profesional selama 24/7. Konsultasikan kebutuhan Anda dan hubungi kami. Buka website www.cloudraya.com dan dapatkan informasi dan penjelasan lebih lengkap mengenai layanan Cloud Raya.

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya