ARTICLE
Mengenal Apa Itu Bandwidth: Definisi, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja

Mengenal Apa Itu Bandwidth: Definisi, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja

31 Oktober 2021 by Marketing Cloudraya

Kebutuhan internet semakin meningkat seiring kecanggihan teknologi, yang mengharuskan setiap orang wajib andal dalam pengoperasiannya. Dewasa kini, kadang kita mendengar istilah-istilah baru dan awam terkait teknologi, salah satunya apa itu bandwidth.

Bandwidth banyak dikenal berkaitan dengan kapasitas volume sebuah informasi per satuan unit waktu sebagai media transmisi. Umumnya menyangkut data transfer rate atau waktu yang dibutuhkan untuk men-transfer data ke satu lokasi ke lokasi lain. Jika Anda bergelut dengan teknologi informatika tentu tak asing, bukan? Namun, bagi Anda yang belum paham, berikut akan dijelaskan mengenai apa itu bandwidth berdasarkan definisi, fungsi, manfaat hingga cara kerjanya.

Mengenal Apa Itu Bandwidth

Bandwitdh ialah besar kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi, fungsinya mengirimkan data dari server menuju client pada hitungan bit per second (bps). Kabel ethernet akan dilewatkan trafik paket data dengan nilai maksimum tertentu. Sehingga, jumlah kapasitas tersebut berpengaruh pada kemampuan akses. Jika bandwidth bernilai besar, maka kemampuan transmisi data menjadi ikut bernilai besar, seperti audio file, gambar atau video.

Satuan badwitdh diukur menggunakan Mbps (megabit per second). Contohnya, jika pengguna mempunyai badwitdh 100Mbps, maka sejalan dengan jumlah kata maksimum hanya dapat dilewati 100Mbps per second pada sebuah saluran komunikasi. Sehingga, keduanya saling bergantung dan memiliki nilai yang sama.

Fungsi Penting Bandwitdh

Setelah paham mengenai apa itu bandwidth, selanjutnya memahami fungsi penggunaannya secara ringkas dan jelas, berikut ini:

Media Pengirim Data

Bandwitdh mampu menghubungkan jalannya proses transfer data. Jika diibaratkan kabel fisik LAN sebagai konektor LAN dengan perangkat komputer, maka bandwidth menjadi “jembatan” penghubung atau media untuk proses pertukaran data dan informasi.

Membatasi Kecepatan Transfer

Walaupun fungsi utamanya sebagai penghubung, rupanya bandwidth mampu menjadi pembatas kecepatan transfer data, hal ini dimaksudkan agar terhindar dari tindak pencurian data oleh hacker.

Membatasi Kecepatan Pengiriman Data

Serupa dengan pembatasan kecepatan transfer, bandwidth dapat membatasi kecepatan pengiriman data dalam satuan waktu tertentu. Tujuannya mengurangi trafik yang tinggi, sebab mengakibatkan gangguan stabilitas jaringan karena melebihi kapasitas badwitdh yang tersedia.

Manfaat Bandwitdh

Kini, Anda telah mengerti apa itu bandwidth serta fungsinya, selanjutnya memahami manfaatnya berikut ini:

  • Mempercepat proses transfer data dari satu server ke server lainnya dalam waktu singkat.
  • Memberikan sistem keamanan ganda agar data dan informasi terlindung dari incaran malware.
  • Mencegah gangguan stabilitas jaringan ketika proses transfer data berlangsung.

Cara Kerja Sistem Bandwidth

Aktivitas pengiriman data maupun transfer berkaitan erat dengan kehadiran badwitdh sebagai media penghubung. Itulah alasan mengapa bandwith sangat dibutuhkan demi kelancaran dan keamanan pertukaran data. Berikut mekanisme kerja sesungguhnya dari bandwidth:

Pada dasarnya cara kerja tak jauh berbeda dari ketiga fungsi utamanya, besar kapasitas bandwidth dalam jaringan komunikasi mempengaruhi kinerja jaringan tersebut. Jika saat proses pengiriman terjadi kendala dan gangguan, maka penyebab utama bisa dipicu dari packet loss, latency, bahkan komponen dalam badwitdh sendiri.

User dapat mengoptimalkan pengunaan badwitdh dengan menggunakan beberapa aplikasi berikut ini:

  • Gunakan Aplikasi QoS: setelah QoS mampu memerintahkan sistem jalur pada ponsel untuk membuka aplikasi atau layanan tertentu, sehingga aplikasi yang tidak dibutuhkan bisa ditutup sementara.
  • Gunakan cloud: sebagian jaringan publik atau pribadi bisa dialihkan sementara ke dalam cloud, sehingga mengurangi beban dan kinerja aplikasi.

Temukan informasi bermanfaat lainnya di blog dan Knowledge Base Cloud Raya. Atau jika Anda juga bisa coba cari tahu apa saja yang Cloud Raya bisa lakukan untuk kelancaran cloud Anda di panel Cloud Raya dengan melakukan sign up di sini.

0 0 votes
Article Rating

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x