Mengenal Apa Itu Bandwidth. Definisi, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja

Apa itu bandwidth

Kebutuhan internet semakin meningkat seiring kecanggihan teknologi, yang mengharuskan setiap orang wajib handal dalam pengoperasiannya. Dewasa ini, kadang kita mendengar istilah-istilah baru dan awam terkait teknologi, salah satunya apa itu bandwidth.

Bandwidth banyak dikenal berkaitan dengan kapasitas volume sebuah informasi per satuan unit waktu sebagai media transmisi. Umumnya menyangkut data transfer rate atau waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer data ke satu lokasi ke lokasi lain. Jika Anda bergelut dengan teknologi informatika tentu tak asing, bukan? Namun, bagi Anda yang belum paham, berikut akan dijelaskan mengenai apa itu bandwidth berdasarkan definisi, fungsi, manfaat hingga cara kerjanya.

Pengertian Bandwidth

Bandwidth merujuk pada kapasitas maksimal atau lebar pita suatu jalur komunikasi atau saluran data. Secara khusus, dalam konteks teknologi informasi dan jaringan, kapasitas ini mengukur sejauh mana data dapat dikirim atau diterima dalam suatu jaringan dalam periode waktu tertentu. Unit ukurannya biasanya dinyatakan dalam bit per detik (bps), kilobit per detik (kbps), megabit per detik (Mbps), atau gigabit per detik (Gbps).

bandwidth

Bandwidth Internet 

Bandwidth internet mengacu pada kapasitas maksimum untuk mentransfer data antara perangkat pengguna dan internet dalam suatu periode waktu tertentu. Konsep ini sangat penting dalam menilai seberapa cepat dan efisien suatu koneksi internet dapat mengirim dan menerima data. Hal ini diukur dalam bit per detik (bps), kilobit per detik (kbps), megabit per detik (Mbps), atau gigabit per detik (Gbps), tergantung pada tingkat kecepatan koneksi.

Kabel ethernet akan dilewatkan trafik paket data dengan nilai maksimum tertentu. Sehingga, jumlah kapasitas tersebut berpengaruh pada kemampuan akses. Jika bernilai besar, maka kemampuan transmisi data menjadi ikut bernilai besar, seperti audio file, gambar atau video.

Satuan pita diukur menggunakan Mbps (megabit per second). Contohnya, jika pengguna mempunyai bandwidth 100 Mbps, maka sejalan dengan jumlah kata maksimum hanya dapat dilewati 100 Mbps per second pada sebuah saluran komunikasi. Sehingga, keduanya saling bergantung dan memiliki nilai yang sama.

Bandwidth Hosting

Penjelasan tentang bandwidth hosting yaitu jumlah besaran trafik keluar atau masuk dari suatu network ke hosting anda. Misalkan Anda membuka website penyedia hosting dan menemukan kata. Kapasitas yang ada di website hosting tersebut biasanya digunakan untuk menentukan seberapa banyak besaran pertukaran data yang terjadi pada suatu akun hosting.

Misal pada produk kami, Cloud Raya salah satu fitur yaitu menyediakan Simple Bandwidth dimana fitur yang ditawarkan yaitu penggunaannya yang fleksibel tanpa membedakan egress dan ingress. Pelajari hal ini dalam artikel Kubernetes Ingress Controller using SSL in CloudRaya berikut.

Bandwidth Komputer

Bandwidth komputer merujuk pada kapasitas maksimum untuk mentransfer data dalam suatu sistem komputer. Secara umum, istilah ini digunakan untuk mengukur seberapa cepat data dapat dipindahkan antara perangkat keras komputer, seperti RAM, prosesor, dan komponen lainnya. Yang jadi pembeda adalah jenis pada komputer yang dibagi menjadi 2 beserta satuannya yaitu: 

  • Digital adalah satuan hitung yang dikirim dalam bit per second dalam sebuah jaringan yang bisa dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa hambatan. Pada jenis ini berguna untuk mengirimkan informasi, baik melalui saluran kabel atau tanpa kabel (nirkabel).
  • Analog memiliki penjelasan yang sama namun yang membedakan adalah satuan yang dipakai. Satuan analog yaitu Hertz.

Bandwidth Test

Bandwidth test adalah cara untuk mengetahui seberapa cepat atau seberapa besar kapasitas koneksi internet Anda. Cara ini seperti memeriksa seberapa lancar arus air mengalir dari keran. Mengapa ini penting? Karena kecepatan internet yang baik sangat penting untuk kelancaran proses transfer.

Fungsi dari tes ini adalah untuk mengetahui kecepatan Unduh dan Unggah

  • Kecepatan unduh berkaitan dengan seberapa cepat Anda bisa mengunduh data, seperti menonton video atau membuka situs web.
  • Kecepatan unggah menentukan seberapa cepat Anda bisa mengirim data, misalnya mengunggah foto atau mengirim email.

Bandwidth WiFi

Bandwidth WiFi adalah sejumlah kapasitas maksimum yang tersedia untuk mentransfer data melalui jaringan WiFi. Istilah ini mengacu pada seberapa banyak data yang dapat dikirimkan dan diterima oleh perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi dalam satu waktu. Proses transfer diukur dalam bit per detik (bps), kilobit per detik (kbps), megabit per detik (Mbps), atau gigabit per detik (Gbps), tergantung pada kecepatan koneksi yang dimiliki.

Pita ini berperan penting dalam menentukan seberapa cepat perangkat dapat mengakses internet, mentransfer file, dan menjalankan berbagai aplikasi online. Jika semakin besar, maka akan semakin tinggi kecepatan transfer data, yang dapat mempercepat aktivitas online dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi bandwidth WiFi meliputi jumlah perangkat yang terhubung ke jaringan, jarak antara perangkat dengan router WiFi, interferensi sinyal dari perangkat elektronik lainnya, serta kualitas perangkat keras dan konfigurasi jaringan. 

pengertian bandwidth wify

Fungsi Bandwidth

Setelah paham mengenai apa itu kapasitas ini, selanjutnya memahami fungsi penggunaannya secara ringkas dan jelas, berikut penjelasan lengkapnya:

Media Pengirim Data

Fungsi dari pita ini adalah mampu menghubungkan jalannya proses transfer data. Jika diibaratkan kabel fisik LAN sebagai konektor LAN dengan perangkat komputer, maka menjadi “jembatan” penghubung atau media untuk proses pertukaran data dan informasi.

Membatasi Kecepatan Transfer

Walaupun fungsi utamanya sebagai penghubung, rupanya bandwidth mampu menjadi pembatas kecepatan transfer data, hal ini dimaksudkan agar terhindar dari tindak pencurian data oleh hacker.

Membatasi Kecepatan Pengiriman Data

Serupa dengan pembatasan kecepatan transfer, pita transfer dapat membatasi kecepatan pengiriman data dalam satuan waktu tertentu. Tujuannya mengurangi trafik yang tinggi, sebab mengakibatkan gangguan stabilitas jaringan karena melebihi kapasitas bandwidth yang tersedia.

Baca juga Ingin kurangi penggunaan Bandwidth? Pakai CDN aja. Cek Caranya di sini

Berapa banyak yang dibutuhkan website

Besarnya kebutuhan kapasitas ini untuk sebuah website dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk ukuran dan kompleksitas halaman web, jumlah pengunjung yang diharapkan, dan jenis konten yang disajikan. Situs web sederhana dengan konten statis dan sedikit gambar mungkin memerlukan pita yang relatif kecil, sementara situs web dinamis dengan banyak konten multimedia seperti gambar, video, dan animasi akan membutuhkan pita yang lebih besar. 

Jumlah pengunjung secara langsung mempengaruhi kebutuhan bandwidth, terutama pada saat-saat puncak kunjungan. Jika suatu website diakses oleh ribuan atau jutaan pengunjung secara bersamaan, dibutuhkan pita yang cukup besar untuk menangani permintaan dan memastikan ketersediaan konten tanpa lag atau penurunan kualitas. 

Selain itu, fitur tambahan seperti formulir interaktif, database, atau fitur e-commerce yang memerlukan transaksi online dapat meningkatkan kebutuhan pita ini. Penggunaan konten cache dan kompresi dapat membantu mengoptimalkan penggunaannya, mengurangi beban server, dan meningkatkan kecepatan akses bagi pengunjung.

Manfaat 

Kini, Anda telah  mengerti penjelasan tentang fungsi bandwidth, selanjutnya memahami manfaatnya berikut ini:

  • Memberikan sistem keamanan ganda agar data dan informasi terlindung dari incaran malware.
  • Mencegah gangguan stabilitas jaringan ketika proses transfer data berlangsung.
  • memberikan indikasi seberapa cepat data dapat ditransfer melalui jaringan. Semakin besar bandwidth, maka akan semakin cepat kecepatan koneksi.
  • Bisnis dapat meningkatkan produktivitas dengan menggunakan aplikasi berbasis cloud, menyimpan dan mengakses data secara real-time sebab Bandwidth yang cukup dapat memberikan kecepatan akses ke layanan cloud dan aplikasi bisnis.

Cara kerjanya sebagai media penghubung

Aktivitas pengiriman data maupun transfer berkaitan erat dengan kehadirannya sebagai media penghubung. Itulah alasan mengapa bandwidth sangat dibutuhkan demi kelancaran dan keamanan pertukaran data. 

Pada dasarnya cara kerja tak jauh berbeda dari ketiga fungsi utamanya, besar kapasitas pita ini dalam jaringan komunikasi mempengaruhi kinerja jaringan tersebut. Jika saat proses pengiriman terjadi kendala dan gangguan, maka penyebab utama bisa dipicu dari packet loss, latency, bahkan komponen dalam bandwidth sendiri.

User dapat mengoptimalkan penggunaan bandwidth dengan menggunakan beberapa aplikasi berikut ini:

  • Gunakan Aplikasi QoS: setelah QoS mampu memerintahkan sistem jalur pada ponsel untuk membuka aplikasi atau layanan tertentu, sehingga aplikasi yang tidak dibutuhkan bisa ditutup sementara.
  • Gunakan cloud: sebagian jaringan publik atau pribadi bisa dialihkan sementara ke dalam cloud, sehingga mengurangi beban dan kinerja aplikasi.

Baca juga Ketahui Apa itu Cloud agar bisa mengurangi beban bandwidth pada website dan aplikasi

Istilah dalam Bandwidth

Selain pengertian tentang bandwidth yang sudah dijelaskan di atas, di bawah ini ada istilah-istilah lain yang biasanya berhubungan dengan pengertian bandwidth: 

  • Egress bandwidth, dalam konteks jaringan komputer, merujuk pada kapasitas maksimum transfer data dari suatu jaringan atau sistem ke luar (internet atau jaringan eksternal). Egress ini mengukur seberapa cepat data dapat meninggalkan suatu sistem atau jaringan dan mencapai tujuan eksternal.
  • Bandwidth download bisa disebut Ingress. Ingress adalah kecepatan mengunduh (download) pada jaringan internet. 
  • Manajemen bandwidth adalah proses mengelola dan mengontrol penggunaan kapasitas jaringan dalam suatu sistem atau lingkungan. Tujuannya adalah untuk memastikan penggunaan yang efisien, merata, dan sesuai dengan kebutuhan, sehingga kinerja jaringan tetap optimal
  • Unmetered bandwidth adalah jumlah traffic, transfer data (upload dan download) untuk mengakses akun ataupun situs anda baik yang anda lakukan sendiri ataupun oleh pengunjung situs tidak dibatasi

Temukan informasi bermanfaat lainnya di blog dan Knowledge Base Cloud Raya. Atau jika Anda juga bisa coba cari tahu apa saja yang Cloud Raya bisa lakukan untuk kelancaran cloud Anda di panel Cloud Raya dengan melakukan sign up di sini.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud