ARTICLE
4 Komponen Penting Dalam Infrastruktur Teknologi Cloud

4 Komponen Penting Dalam Infrastruktur Teknologi Cloud

3 November 2020 by Marketing Cloudraya

Komponen komponen membangun infrastruktur cloud ada banyak. Beberapa komponen tersebut dibutuhkan untuk membantu mengoperasikan layanan dari cloud computing. Komponen yang dimaksud meliputi perangkat keras, alat virtualisasi, storage, dan juga sumber daya jaringan. Dalam membangun infrastrukturnya ini seperti membuat tembok.

Di mana Anda tidak hanya membutuhkan batu bata saja, namun juga butuh semen untuk membangun sebuah tembok. Hal ini berlaku sama untuk infrastruktur teknologi cloud. Dalam hal ini dibutuhkan teknologi virtualisasi untuk mengekstraksi sumber daya pada komputer fisik. Kemudian semuanya digabungkan ke dalam layanan cloud.

Dari sinilah software otomatisasi dan juga alat manajemennya akan menyiapkan lingkungan baru agar penggunanya bisa mengakses apa yang dibutuhkan kapan saja. Dalam beberapa kasus, biasanya komponen membangun infrastruktur cloudini merujuk pada sistem komputasi lengkap.

Setelah semua komponennya digabungkan menjadi satu dan bekerja dengan baik, maka sistemnya sudah bisa berjalan. Jadi infrastruktur cloud merupakan hasil kombinasi dari komponen terintegrasi ke dalam arsitektur tunggal. Berikut ini adalah contoh komponen komponen membangun infrastruktur cloud, antara lain:

1. Perangkat Keras Komputer

Seperti terlihat bahwa teknologi cloud computing adalah sebuah komputerisasi secara virtual. Jadi saat membuat platform cloud, maka perangkat keras di sini akan menjadi pendukung utamanya demi kelangsungan sebuah sistem tersebut. Supaya kualitas dan performanya meningkat, biasanya diperlukan maintenance pada hardwarenya.

Namun meskipun hanya ada hubungan dengan komponen komponen membangun infrastruktur cloud secara virtual, akan tetapi peralatan fisiknya masih dibutuhkan supaya dapat bekerja sebagai basis. Dalam hal ini termasuk perangkat keras meliputi peralatan jaringan komputer.

Beberapa di antaranya adalah router, saklar, firewall, array penyimpanan, server, penyeimbang beban, dan perangkat cadangan. Server di sini merupakan sistem komputer yang bertugas untuk memberikan layanan tertentu pada jaringannya. Jadi server di sini didukung oleh processor yang sifatnya scalable dan ukuran RAMnya besar.

Karena di dalamnya sudah dilengkapi dengan sistem operasi khusus jaringan. Selain itu, server juga turut menjalankan perangkat lunak yang bersifat administratif untuk memberikan kontrol akses kepada sumber daya dan jaringan di dalamnya. Jadi cara kerjanya seperti printer atau berkas. Karena sama-sama memberi akses ke workstation jaringannya.

Sementara itu, awan di sini bekerja dari kombinasi beberapa komponen komponen membangun infrastruktur cloud yang tidak dekat secara fisik. Namun semuanya dioperasikan orang yang sama lewat teknologi virtualisasi. Sehingga sistemnya seperti menjadi satu karena bertugas mencari sumber daya yang dibutuhkan oleh penggunanya sendiri.

2. Alat Virtualisasi Pembangun Infrastruktur Awan

Ini adalah salah satu bagian elemen inti dari platform awan. Yang dimaksud alat virtualisasi meliputi desktop, virtualisasi pengguna, dan penyimpanan aplikasi. Dalam teknologi ini, pengguna bisa melakukan virtualisasi kepada semuanya. Jadi peran administrator sangat penting sekali karena harus memanajemen fungsionalitas sistemnya.

Membuat teknologi komputasi terlihat indah adalah karena semua komponen komponen membangun infrastruktur cloud bisa disampaikan lewat awan. Dengan adanya virtualisasi inilah membuat lingkungan semakin terlihat lincah. Karena sumber dayanya bisa didapatkan dengan cepat secara online. Sehingga cocok sekali untuk keadaan yang fleksibel.

Selain itu, dengan menggunakan alat virtualisasi inilah maka hypervisor sebagai teknologinya mendapatkan sumber daya dari server yang tidak sama. Setelah itu sumber dayanya digabungkan agar pengguna mendapatkan pengalaman yang sama. Jadi cara kerjanya seperti gabungan dari hardware dan sistem operasi pada perangkat fisik.

Dalam hal ini, hypervisor merupakan teknik virtualisasi yang membuat beberapa OS bisa berjalan pada sebuah host secara bersamaan. Dikatakan sebagai teknik virtualisasi karena sistem operasinya bukan sungguhan. Namun semuanya hanya berupa virtual machine saja. Jadi fungsi hypervisor adalah mengatur setiap OS agar sesuai gilirannya.

Dengan begitu sistem operasinya tidak akan mengganggu yang lainnya. Melihat cara kerjanya tersebut, biasanya salah satu komponen komponen membangun infrastruktur cloud ini dilengkapi dengan virtual machine management agar bisa mengatur beberapa mesin sekaligus. Itulah sebabnya desain mainframenya seperti OS. 

3. Penyimpanan Bagian dari Infrastruktur Awan

Storage di sini merupakan teknologi yang digunakan untuk penyimpanan data secara online dengan memanfaatkan server virtual sebagai medianya. Itu artinya teknologinya berbeda sekali dengan media penyimpanan yang masih menggunakan perangkat keras seperti pada umumnya, yaitu flashdisk dan hardisk. Karena di sini tidak perlu perangkat tambahan apapun.

Pengguna cukup menyediakan akses internet sebagai salah satu komponen komponen membangun infrastruktur cloud yang cukup supaya semua data tersimpan di dalamnya dapat dikontrol dengan baik. Jadi komponen yang satu ini sangat penting sekali pada teknologi awan.

Berbicara tentang ruang penyimpanan, sebaiknya pilih platform yang tepat. Karena bila tidak di manage dengan baik akan membuat beban kerja pengontrol penyimpanan pada awan berdampak buruk. Maka dari itu supaya kapasitas penyimpanannya semakin maksimal dibutuhkan adanya manajemen yang tepat pada infrastrukturnya.

Ketika seseorang mencoba menyimpan data lewat layanan seperti Dropbox atau Google Drive, mereka mungkin tidak tahu dimanakah datanya tersebut tersimpan secara fisik. Sementara itu bila ingin memulihkannya, maka semuanya harus dilakukan pada tempat yang sama.

Masalahnya adalah bila file yang disimpan tidak boleh melebihi ruang penyimpanannya. Dilihat dari segi sudut pandang fisik, semua file tersimpan pada disk berada pada pusat data Bombay. Sedangkan salinannya berada di Madrid. Selanjutnya tesis doktoralnya tersimpan di Hongkong, sedangkan lainnya di City.

Semuanya terjadi karena adanya teknologi virtualisasi. Sehingga hal ini membuat penggunanya merasa seperti semua filenya tersimpan ke dalam disknya sendiri. Padahal semuanya tersimpan secara online menggunakan teknologi computer. Namun justru dari situlah semuanya terlihat lebih unik.

4. Jaringan, Bagian Terpenting dari Awan

Jaringan merupakan sistem yang dapat menghasilkan media komunikasi atau transmisi dengan menghubungkan beberapa device menjadi satu. Jaringan komputer bisa dikatakan sudah bisa tersambungi dengan baik bila berhasil bertukar data, informasi, dan resource yang dimiliki oleh satu sama lain.

Melihat komponen komponen membangun infrastruktur cloud, membuat keberadaan jaringan komputer menjadi sangat penting bagi masyarakat. Karena untuk berkomunikasi dan melakukan kegiatan lainnya selalu membutuhkan jaringan komputer yang saling terhubung untuk menghasilkan media transmisi (komunikasi). Untuk koneksinya sendiri bisa berupa virtual dan fisik.

Yang termasuk jaringan fisik adalah saklar, kabel, router, dan peralatan lainnya. Sedangkan jaringan virtual berasal dari sumber daya fisik tersebut. Selanjutnya untuk konfigurasi jaringan cloud itu tersusun atas beberapa subnet yang visibilitasnya tidak sama. Cloud bisa membuat jaringan VLAN dengan mudah.

Selanjutnya akan memberikan alamat dinamis atau statis sesuai kebutuhan sumber daya jaringan yang ada. Untuk batasan jaringan virtualnya sendiri tidak harus sesuai dengan fisiknya. Selain itu, dalam hal ini pengguna harus memperhatikan bandwidthnya juga untuk melihat kualitas dari teknologi cloud.

Kebutuhan dari bandwidth pada umumnya disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Jadi setiap administrator harus tahu jumlah pengguna bersama yang mengakses infrastrukturnya sekaligus. Itulah sebabnya komponen komponen membangun infrastruktur cloud harus diperhatikan dengan baik supaya kualitasnya terjaga.

Cloud Raya menyediakan layanan dalam membangun infrastuktur Cloud anda. Tentunya layanan ini didukung layanan managed service oleh tim IT profesional selama 24/7. Konsultasikan kebutuhan Anda dan hubungi kami. Buka website www.cloudraya.com dan dapatkan informasi dan penjelasan lebih lengkap mengenai layanan Cloud Raya.

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya