ARTICLE


10 SEO Tools Gratis untuk Mencari Kata Kunci

31 July 2020 by Marketing Cloudraya

Transformasi bisnis di era digital mengalami perkembangan dan perubahan yang cukup cepat. Jika Anda memiliki sebuah bisnis, maka sudah tentu harus memikirkan strategi online marketing untuk memasarkan produk yang dimiliki agar dapat terus bersaing dalam dunia bisnis yang kompetitif. Strategi marketing sendiri ada bermacam-macam, namun yang utama adalah Anda harus menentukan goal apa yang ingin dicapai. Dalam menentukan goal perusahaan ini, harus mempertimbangkan tiga aspek yaitu menentukan realistic goals, adapt changes and new technologies, serta keep up to date. Namun terlebih dahulu Anda harus menentukan goal apa yang ingin dicapai perusahaan Anda, apakah ingin menjual lebih banyak produk, menjual premium services, atau menjual lebih banyak produk/varian yang ditawarkan.

Pertama-tama Anda harus membuat business plan, dimana dalam ini ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Jika Anda ingin melakukan strategi bisnis secara online – dimana hal ini sangat dianjurkan, maka beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah website, social media, email marketing, serta Google My Business jika Anda ingin memasarkan produk secara online tanpa website. Namun website sendiri bisa dianalogikan sebagai ‘rumah’ bagi bisnis Anda.

Untuk meningkatkan rangking pencarian dalam Google search, tentu cara yang paling mudah dan gratis adalah melalui organic search, atau pencarian secara manual di mesin pencari terpopuler saat ini, Google. Disini kita akan membahas hal paling penting dalam organic search Google, yakni “kata kunci”. kata kunci memiliki peran yang cukup penting dalam penyebaran informasi bisnis Anda. Jika produk dan bisnis Anda dalam website mengandung kata kunci yang paling banyak dicari oleh customer, maka bukan tidak mungkin bisnis Anda akan naik menjadi first suggestion page/website dalam laman Google search. 

Jadi pada dasarnya sebuah website harus mengandung sebanyak mungkin kata kunci-kata kunci penting yang paling relate dengan produk yang Anda tawarkan serta paling banyak dicari oleh customer. Ada dua teknik optimalisasi pencarian kata kunci website oleh Google, yaitu Search Engine Optimization (SEO), serta Search Engine Marketing (SEM). Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai SEO, dan berikut adalah 10 SEO tools gratis untuk mencari kata kunci dan optimalisasi bagi website Anda. 

  1. Google Search Console
    Platform ini adalah salah satu tools gratis dari Google. Pada dasarnya, tools ini digunakan untuk analytic, seperti melihat, memonitor serta mengatur performa website, indeksasi, traffic, backlink, serta mengatasi masalah kata kunci yang berhubungan dengan Google search. Fitur utama Google Search Console adalah mengukur bagaimana performa kata kunci yang Anda gunakan pada website. Jadi bisa dibilang fitur ini sangat penting untuk mengevaluasi serta menentukan kata kunci berikutnya yang akan digunakan pada website untuk melakukan optimalisasi SEO.  

  2. Google Keyword Planner
    Google Keyword Planner dapat bekerja maksimal jika Anda menggabungkannya dengan Google Ads. Pada dasarnya platform ini dapat Anda gunakan untuk mencari serta menganalisis kata kunci yang tepat untuk selanjutnya diiklankan pada Google Ads. Namun platform ini juga masih bisa Anda gunakan sebagai SEO tool karena memiliki akses data indeks kata kunci yang lengkap dari Google itu sendiri. Insight dari platform ini sangat cocok digunakan untuk menentukan strategi content marketing bisnis. Anda akan mendapatkan ide kata kunci yang relate dengan website dan produk Anda, serta jumlah volume kata kunci pada Google search. 

  3. Google Trends
    Platform ini sangat membantu Anda dalam melakukan riset kata kunci, karena dapat membandingkan beberapa kata kunci yang ada dengan artikel terbaru yang Anda miliki. Selain itu, Google Trends memiliki grafik yang berisi data kata kunci yang paling sering dicari dan diakses dari seluruh dunia. Tidak hanya itu, juga terdapat arsip indeks kata kunci data yang lengkap dari beberapa tahun sebelumnya yang telah diindeks oleh Google. Anda dapat melakukan filter berdasarkan lokasi, search history, serta kategori. Menariknya, platform ini juga dapat Anda manfaatkan untuk menunjukkan riset terhadap data yang sedang Anda gunakan, penyebab interest, serta asal pengunjung website Anda.

     
  4. Google Analytics
    Bisa dibilang platform SEO tools terlengkap adalah Google Analytics. Dalam platform ini tersimpan banyak data penting yang Anda butuhkan untuk dianalisis atau dilakukan riset lebih lanjut. Analytics menyediakan data SEO website secara lengkap, tentang bagaimana pengunjung berinteraksi dengan website Anda. Ada banyak report yang bisa Anda manfaatkan dari data pengunjung website Anda. Data dilengkapi grafik yang lengkap, mulai dari lokasi, jenis kelamin, kata kunci yang paling banyak diakses, topik yang diminati, dan lain sebagainya.  

  5. AdWord & SEO Keyword Permutation Generator
    Tools ini sangat membantu dalam menemukan dan menyusun kata kunci yang tepat untuk website Anda. Jadi platform ini dapat Anda gunakan untuk menentukan kata kunci yang relate dan sesuai dengan konten yang Anda miliki serta menghubungkannya dengan Google search. Tool ini dapat menyusun dan merekomendasikan kata kunci alternatif yang bisa Anda gunakan untuk optimalisasi SEO website. Namun untuk hasil yang maksimal, Anda tetap harus mengkombinasikan tool ini dengan tool lainnya dalam menentukan kata kunci untuk website Anda. 

  6. Wordtracker
    Platform ini dapat digunakan sebagai SEO tools sekaligus market research tool atau kata kunci berbasis pay per click. Dimana tool ini juga dapat merekomendasikan beberapa kata kunci yang lebih akurat karena tidak disederhanakan. Selain itu, platform ini menunjukkan perbandingan hasil pencarian (SERP), pencarian related keywords, serta arsip penyimpanan kata kunci yang telah Anda masukkan. Platform ini dilengkapi dengan desain tampilan dan user interface yang mudah dan sederhana. 

  7. Keywordtool (dot) io
    Tool ini digunakan untuk menemukan serta menentukan long tail kata kunci. Long tail kata kunci ini sendiri berti kata kunci yang lebih spesifik, targeted, serta memiliki tingkat persaingan kata kunci yang kecil, sehingga memungkinkan Anda mendapatkan ranking yang tinggi pada pencarian Google. Jadi dapat dikatakan bahwa tool ini sangat ideal jika ingin menemukan kata kunci yang tepat untuk website Anda. 

  8. Moz
    Moz dapat Anda gunakan untuk melakukan inbound marketing. Salah satu fitur Moz yang mungkin dapat membantu perbaikan dalam website Anda adalah Mozbar. Dimana fitur ini dapat mengukur tingkat Page Authority (PA) serta Domain Authority (DA) website Anda. Pengukuran ini dapat Anda implementasikan langsung dan terlihat hasil perbandingannya dengan website lain ketika Anda melakukan pencarian website maupun kata kunci dalam Google search. Moz juga memiliki tampilan yang sangat user friendly.

  9. KWFinder
    Tool ini menyederhanakan pemahaman mengenai kata kunci dan SEO. Dimana inti prinsip dalam SEO adalah menemukan kata kunci yang memiliki tingkat persaingan rendah namun volume pencariannya tinggi. Kuncinya adalah Anda harus menebak kata kunci yang tepat. KWFinder sangat cocok digunakan bagi pemula yang ingin belajar tentang SEO dan mengimplementasikan kata kunci pada websitenya.  

  10. LSI Keywords
    Platform ini membantu Anda menemukan kata-kata yang masih berhubungan dengan topik/artikel/konten dalam website yang Anda miliki. Jadi platform ini tidak melulu membahas tentang menemukan kata kunci yang tepat. Namun lebih ke mencari hubungan kata kunci utama dengan topik yang berkaitan dengan konten, sehingga ketika diindeks, Google akan menemukannya melalui konten-konten yang relevan untuk user. Melalui tool ini, Anda dapat memasukkan hingga sepuluh kata kunci sekaligus. Kemudian LSI kata kunci akan memberikan rekomendasi related kata kunci lengkap dengan analisis jumlah pencarian perbulan, rate CPC, dan tingkat persaingan SEO. Rekomendasi ini dapat Anda gunakan untuk menguatkan keterkaitan konten yang Anda miliki dengan kata kunci dalam mesin pencarian. 

Hal terakhir yang penting untuk optimalisasi website adalah analytic. Analytic sangat perlu untuk mengukur apa saja yang telah Anda lakukan dalam strategi online bisnis Anda, serta memastikan apakah strategi marketing yang digunakan benar-benar bekerja dan berhasil diaplikasikan pada perusahaan. Dalam hal ini, hasil analytic berupa tracking result sangat penting untuk menentukan strategi marketing berikutnya. Namun jangan lupa untuk tetap fleksibel terhadap tren dan perubahan, yaitu selalu beradaptasi terhadap perubahan dan teknologi terbaru yang digunakan dalam industri yang Anda miliki.  Untuk melakukan hal ini, diperlukan riset terhadap alat yang dimiliki, teknologi, serta taktik yang digunakan.

Namun hal yang tak kalah penting untuk membangun sebuah website yang banyak dicari customer, serta menempati rank tinggi dalam pencarian Google search, adalah hosting website yang andal. Tentu Anda tidak ingin nantinya ketika website Anda diakses oleh banyak orang pada saat yang bersamaan, website mengalami error atau downtime. Maka dari itu perlu menemukan cloud hosting provider yang terpercaya. Cloud Raya menyediakan layanan cloud hosting yang dilengkapi dengan load balancer, cloud security dan Firewall, serta dukungan layanan managed service oleh tim IT profesional selama 24/7 penuh. Konsultasikan kebutuhan Anda dan hubungi kami. Kami akan menemukan solusi layanan cloud terbaik bagi bisnis Anda. Buka website www.cloudraya.com dan dapatkan informasi dan penjelasan lebih lengkap mengenai layanan Cloud Raya. 

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya