ARTICLE
Virtual Machine: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya

Virtual Machine: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya

31 Oktober 2021 by Marketing Cloudraya

Apakah Anda telah memahami Virtual Machine: pengertian, jenis dan manfaatnya bagi bisnis? Jika belum, sebaiknya segera pelajari agar tak melewatkan keuntungan yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan keberadaan virtual machine (VM).

Telah banyak perusahaan memanfaatkan VM dan berhasil mengembangkan program usaha menjadi lebih sistematis dan aman. Perangkat lunak Virtual Machine dapat digunakan pada perangkat keras bersamaan dengan sistem operasi asli bawaan perangkat tersebut. Fungsinya melakukan tugas khusus yang tidak dapat di-back up oleh OS asli perangkat.

Mengenal Virtual Machine: Pengertian

Secara singkat, Virtual Machine (VM) merupakan sistem operasi tambahan yang bekerja pada lingkungan server virtual layaknya OS bawaan pada komputer tersebut. Dengan kata lain, mesin virtual ini adalah perangkat yang membuat komputer di dalam komputer, berjalan pada jendela sebagaimana seperti program lainnya.

Virtual Machine menjadi sandbox dari sisa sistem, yang berarti perangkat lunak dalam mesin virtual tidak dapat merusak komputer itu sendiri, umumnya akibat serangan virus. Keunggulan tersebut, menghasilkan lingkungan pengoperasian yang ideal untuk menguji kelayakan sistem operasi lain. Seperti mengakses data yang ternyata terdapat virus didalamnya dan menjalankan aplikasi pasa OS yang awalnya tidak dituju.

Jenis-Jenis Mesin Vitual atau VM

Setelah mengenal Virtual Machine: pengertiannya, selanjutnya memahami jenis-jenisnya agar semakin paham, simak berikut ini:

1. Virtual Machine System atau Mesin Virtual Sistem

Jenis pertama dari Virtual Machine (VM) ini merupakan media sistem untuk mendukung pembagian sumber daya fisik pada komputer host beberapa mesin virtual, yang masing-masing bekerja dengan Salinan OSnya sendiri. Teknik virtual disediakan oleh software layer yang disebut hypervisor VMware EsXi untuk menjalankan program dengan baik pada perangkat keras.

2. Virtual Machine Services atau Mesin Virtual Layanan

Jenis Virtual Machine selanjutnya ialah mesin virtual layanan yang menyediakan programming environment atau lingkungan pemrogaman media yang independen. Umumnya mencakup informasi dari pernagkat keras atau dari sistem operasi bawaan dan melakukan eksekusi program dengan cara serupa pada media tertentu. Contohnya, JVM (Java Virtual Machine) dimana memungkinkan OS menjalankan aplikasi java seperti aplikasi asli.

Manfaat Keberadaan Virtual Machine

Kini, Anda berhasil mempelajari apa itu Virtual Machine: pengertian dan jenisnya, saatnya mengetahui manfaat dari keberadaan Virtual Machine dalam pengembangan bisnis, berikut ini:

1. Menguji Kelayakan OS

Sistem operasi yang dipasang pada perangkat keras utama, sebaiknya dilakukan uji coba sebelum digunakan. Tujuannya mengetahui kompetibelnya pada perangkat, program berjalan semestinya atau tidak. Disini lah peran virtual machine melakukan pengujian kelayakan OS lain.

2. Melakukan Update OS

Permasalahan gagal update sering terjadi ketika OS di-upgrade ke versi lebih tinggi, biasanya mengakibatkan tampilan blue screen akibat gagal booting. Perlu diketahui, jika dibiarkan akan merusak sistem disk dan menghilangkan keseluruhan data yang tersimpam di dalamnya. Nah, Virtual Machine melakukan tugasnya untuk meminimalisir kejadian tersebut, dengan cara melihat gambaran ketika update OS tersebut.

3. Menguji Aplikasi

Sama halnya dengan update sistem operasi bawaan, Virtual Machine dapat digunakan sebagai platform penguji aplikasi sebelum di-install ke perangkat keras komputer. Tujuannya agar terhindar dari virus, malware, trojan dan ransomeware yang ternyata tersemat dalam aplikasi tersebut.

4. Mendukung Virtualisasi

Kehadiran Virtual Machine membawa dampak baik bagi virtualiasasi komputer server, dengan mengoptimalkan seluruh fungsi agar beban kerja komputer terdistribusi ke jaringan secara rata. Kedua, mendukung virtualisasi desktop untuk mengetahui gambaran OS dan aplikasi yang sedang berjalan. Ketiga, virtualisasi jaringan untuk meniru fungsi jaringan fisik, seperti VLAN agar kecepatan dan kinerja semakin baik.

Dari uraian diatas sekarang kita sudah mengetahui apa itu virtual machine, beserta fungsi, dan jenisnya. ketahui lebih banyak mengenai VM dan cloud somputing melalui artikel blog dan knowledge base kami.

atau Anda juga bisa mulai membangun VM Anda sekarang di portal Cloud Raya dengan melalukan sign up terlebih dahulu.

0 0 votes
Article Rating

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x