ARTICLE
Two Factor Authentication (2FA), Fitur Ampuh Pelindung Website

Two Factor Authentication (2FA), Fitur Ampuh Pelindung Website

14 Maret 2022 by Marketing Cloudraya

Kejahatan online yang semakin merajalela memang kerap meresahkan banyak orang. Terlebih jika kamu merupakan pengelola website atau layanan online. Pastinya harus selalu waspada terhadap serangan yang bakal membahayakan privasi kamu.

Namun tak perlu khawatir, karena berbagai fitur keamanan sudah banyak diluncurkan, salah satunya adalah two factor authentication (2FA) yang dinilai ampuh menangkal hal tersebut.

Nah, jika kamu masih terkait cara kerja hingga manfaat two factor authentication, simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

Apa itu Two Factor Authentication (2FA)?

Two factor authentication (2FA) merupakan fitur pelindung untuk mengamankan akun dalam berbagai platform, dengan menambahkan proses verifikasi ganda ketika akan mengakses akun tersebut.

Manfaat Two Factor Authentication (2FA) untuk Keamanan Website

1.    Menjaga Keamanan Akun

Mungkin kamu adalah sebagian dari orang yang kerap memilih password yang sama untuk berbagai akun milikmu. Namun sebenarnya hal tersebut memiliki risiko cukup besar terhadap pembobolan akun. Nah, two factor authentication sangat berperan penting untuk kasus seperti ini. Pasalnya, perlindungan tambahan melalui verifikasi ganda ini dapat melindungi akun.

2.    Menjaga Kepercayaan Pengguna Website

Buat kamu yang mengelola website, tentu saja penting sekali untuk menjaga traffic website agar tetap stabil. Nah, jika fitur 2FA ini kamu terapkan pada metode login di web milikmu, tentu saja para pengunjung akan merasa aman dari ketakutan akan pembobolan data. Alhasil, website kamu bisa tetap ramai pengunjung karena adanya perlindungan ini.

3.    Hemat Waktu dan Biaya

Bayangkan jika akun milik kamu terlanjur dibobol oleh cyber crime, tentu saja kamu perlu mereset password melalui layanan pelanggan dengan biaya yang tak sedikit.

Dengan mengaktifkan fitur two factor authentication, setidaknya hal semacam itu bisa dicegah dan kamu tidak akan kehilangan waktu serta materi yang terbuang sia-sia.

Bagaimana Cara Kerja Two Factor Authentication?

Cara kerja two factor authentication yaitu dengan memberi perlindungan ganda, yakni berupa verifikasi sebelum login ke berbagai akun milik kamu, baik akun sosial media, website hingga aplikasi lainnya.

Cara Mengaktifkan 2FA di Website WordPress

Mengaktifkan fitur two factor authentication di website WordPress cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Dashboard WordPress kamu, Klik menu Plugins > Add New
  • Ketik plugin WP 2FA di kotak pencarian > Install Now
  • Jika sudah terinstall, klik Activate 
  • Setelah aktif, menu setring WP 2FA akan terbuka, klik opsi Let’s get started!
  • Pilih metode verifikasi sesuai keinginan > klik Continue Setup
  • Klik opsi All users, agar semua pengunjung melewati tahap keamanan ini sebelum login ke WordPress kamu.

Mengaktifkan 2FA untuk Akun kamu sendiri:

  • Install aplikasi Google Authenticator di smartphone
  • Scan barcode di wordpress dengan aplikasi Google Authenticator di smartphone
  • Klik lanjut > ketik 6 digit kode verifikasi dari aplikasi Google Authenticator ke WordPress > klik Validated & Save Configuration

Kamu sudah berhasil mengaktifkan 2FA untuk akun kamu pribadi, dan juga para pengunjung di website milik kamu.

Rekomendasi Plugin Two Factor Authentication Terbaik

Terdapat beberapa plugin gratis yang direkomendasikan untuk 2FA di wordpress kamu, antara lain:

1.    Duo

Tak sedikit orang yang memilih Duo, lantaran pengguna dapat mengontrol pengaturan 2FA secara keseluruhan. Selain itu, kamu tak perlu lagi menggunakan software tambahan, melainkan hanya dengan menginstal plugin saja dan melakukan registrasi. 

2.    Wordfence

Wordfence adalah plugin WordPress yang berperan sebagai keamanan website secara umum, tak terkecuali fitur two factor authentication ini dengan menyediakan fitur Live Traffic, sehingga data login dan logout akan terlihat. Hal ini tentu saja bermanfaat untuk mencegah pembobolan yang tampak dari aktivitas mencurigakan.

3.    Rublon

Plugin Rublon memang dikhususkan untuk untuk fitur 2FA. Proses verifikasinya dilakukan dengan cara meminta konfirmasi identitas dengan mengirim link ke email untuk diklik. Rublon juga akan menginformasikan berbagai aktivitas di web melalu email atau aplikasi di handphone.

Amankan Website Anda dengan 2FA!

Two factor authentication tentu saja dapat meminimalisir serangan penjahat online pada akun website maupun berbagai platform lainnya. Untuk itu, kamu perlu menggunakan metode ini agar keamanan website senantiasa terlindungi.

Dari tahu lebih banyak informasi sepuar IT pada blog dan knowledge base Cloud Raya. Atau jika Anda memerlukan layanan Public Cloud yang dijamin aman karena telah bersertifikat ISO270001:2013, Anda bisa register di dashboard Cloud Raya sekarang juga untuk mencobai fiitur-fiturnya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image