Private Cloud Security, Apakah Termasuk Penyimpanan yang Aman?

Personal Cloud Privat

Penyimpanan data bisa dilakukan dengan berbagai cara, tidak hanya di flashdisk atau harddisk eksternal. Salah satunya adalah di personal cloud privat, tapi Apakah Penyimpanan Personal Cloud Privat Aman? Untuk menjawab pertanyaan tersebut simaklah ulasan artikel di bawah ini.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat dan kebutuhan penyimpanan data sangat besar, maka muncullah media penyimpanan seperti privat cloud. Ini merupakan salah satu dari tiga jenis komputasi cloud yang ada sekarang. Tiga jenis komputasi cloud tersebut diantaranya, private cloud, public cloud dan hybrid cloud.

Ulasan akan lebih spesifik ke penyimpanan private cloud.

Apa Itu Penyimpanan Private Cloud?

Private cloud diartikan sebagai salah satu model komputasi, dimana layanan ini menawarkan lingkungan kepemilikan khusus untuk keperluan satu entitas bisnis.

Sebagaimana jenis komputasi cloud lain, private cloud menyediakan sumber daya komputasi virtual. Kemudian nantinya bisa diperluas melalui komponen fisik yang disimpan di lokasi atau pusat data vendor.

Memilih private cloud berarti Anda akan mendapatkan peningkatan derajat kontrol yang ditawarkan kepada organisasi. Karena penyimpanan private cloud hanya bisa diakses oleh satu organisasi maka harus memiliki cara yang unik untuk mengelolanya sesuai kebutuhan komputasi perusahaan.

Alasan Memilih Penyimpanan Private Cloud

Suatu organisasi bisnis atau perusahaan harus menjalankan proses bisnisnya secara internal. Tentunya hal tersebut membutuhkan sistem yang privat agar tidak diganggu oleh pihak lain.

Private cloud merupakan pilihan yang tepat untuk memenuhi proses bisnis tersebut. Selain mementingkan proses bisnis, suatu perusahaan juga memiliki kebutuhan akan kapasitas penyimpanan data, jaminan keamanan data dan yang lainnya.

Dengan menggunakan penyimpanan private cloud juga suatu perusahaan bisa mengatur sendiri sistem yang dimilikinya sehingga sesuai dengan kebutuhan.

Memilih private cloud memudahkan user untuk mengontrol atau mengelola cloud sesuai kebutuhan. Private cloud hanya bisa diakses oleh user atau pengguna yang spesifik yang diberikan kewenangan tersebut.

Keuntungan Menggunakan Private Cloud

Private cloud digunakan secara private, begitu pula dengan infrastrukturnya, sehingga pengguna layanan memiliki akses yang lebih luar. Berikut ini adalah beberapa keuntungan lain menggunakan private cloud:

  • Keamanan, Kemudahan, dan Kepatuhan pada Kontrol

Sebuah bisnis tentu menganggap data harus diatur secara ketat, aman, dan teratur. Infrastruktur pada private cloud dapat memberikan kemampuan organisasi untuk menyimpan data sensitif dengan ketat sehingga tidak dapat diakses oleh pihak lain.

  • Peningkatan Kemampuan Kustomisasi

Private cloud dapat dikonfigurasikan oleh organisasi yang menggunakan layanan tersebut dengan sepenuhnya.

  • Efisiensi Biaya dan Energi

Dengan menggunakan private cloud ini, sebuah organisasi dapat mengefisiensikan biaya dan fokus pada pengembangan bisnis yang utama.

  • Integrasi Hybrid

Integrasi hybrid dapat memperluas sumber daya private cloud menjadi public cloud guna mempertahankan waktu operasional tanpa perlu memasang server fisik tambahan.

Cara Kerja Private Cloud

Sumber foto: https://pixabay.com/

Beginilah cara kerja private cloud:

  • Private cloud service adalah single-tenant environment, yaitu organisasi yang menggunakan layanan ini tidak berbagi resource dengan organisasi atau penyewa lain.
  • Resource dapat di-hosting dan dikelola dengan berbagai cara.
  • Pada private cloud bisa memiliki resource dan infrastruktur yang sudah ada pada data center organisasi, atau bisa juga pada infrastruktur baru yang disediakan pihak ketiga.
  • Single-tenant environment dapat diaktifkan dengan hanya menggunakan virtualization software.
  • Pada kasus lain, private cloud dan resource disediakan hanya untuk satu pengguna atau penyewa.
  • Private cloud service juga merupakan salah satu dari tiga model cloud deployment, yaitu public, private, dan hybrid (ada juga multi-cloud yang merupakan kombinasi ketiganya).

Tipe-Tipe Private Cloud

Berikut ini adalah tipe-tipe private cloud yang perlu Anda pahami:

  • Virtual

Private cloud virtual merupakan lingkungan yang tertutup dalam public cloud yang membuat sebuah organisasi dapat menjalankan beban kerja secara terpisah dari setiap pengguna public cloud.

  • Host

Pada lingkungan private cloud yang di-hosting, server tidak dapat dibagi dengan organisasi lain.

  • Managed

Penyedia mengelola semua aspek cloud untuk organisasi, termasuk dalam menggunakan layanan tambahan seperti manajemen dan penyimpanan identitas.

Jenis-Jenis Private Cloud

Private cloud memiliki beberapa jenis yang berbeda, bergantung pada cara cloud tersebut dikelola dan pada perbedaan fungsi yang bergantung pada kebutuhan perusahaan. Perhatikan penjelasan berikut ini.

  • Private cloud virtual

Pada jenis ini, private cloud yang berada dalam cloud publik merupakan lingkungan yang tertutup, sehingga organisasi dapat menjalankan beban kerja secara terpisah dari pengguna cloud publik lainnya. Pada jenis ini, organisasi dapat menggunakan VPC untuk mengaktifkan penerapan cloud hybrid.

  • Private cloud yang di-hosting

Pada jenis ini server tidak akan dibagi dengan organisasi lain. Para penyedia layanan akan mengkonfigurasikan jaringan, memelihara perangkat keras, dan memperbarui perangkat lunak. Namun, server tetap ditempati oleh satu organisasi.

  • Private cloud yang dikelola (di-managed)

Private cloud jenis ini cocok untuk organisasi yang tidak memiliki staf yang dapat mengelola lingkungan private cloud.

Berdasarkan jenis infrastrukturnya, jenis-jenis private cloud dibedakan menjadi:

  • Infrastruktur hanya software (perangkat lunak)

Pada jenis ini, penyedia hanya menyediakan perangkat lunak yang diperlukan oleh organisasi untuk menjalankan lingkungan private cloud dengan menggunakan perangkat keras yang sudah ada sebelumnya.

  • Infrastruktur software dan hardware (perangkat lunak dan perangkat keras)

Beberapa penyedia dapat menyediakan paket perangkat lunak dan perangkat keras. Pada umumnya berupa platform sederhana yang terdapat pada tempat pengguna yang bukan berada pada lingkungan yang dikelola oleh penyedia.

Jadi, Apakah Penyimpanan Personal Cloud Privat Aman?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, maka sebaiknya harus memperhatikan beberapa hal penting di bawah ini.

  • Sertifikasi security cloud

Pastikan perusahaan layanan penyimpanan private cloud memiliki sertifikasi security berupa ISO 27001 dan memiliki SLA. Kedua sertifikasi tersebut berguna untuk menjamin kerahasiaan data Anda.

Jika perusahaan penyedia private cloud memberikan garansi seperti itu, maka Anda bisa bernafas lega. Karena jika data bocor dan melanggar SLA, izin layanannya akan dicabut dan diproses secara hukum.

  • Besaran data yang akan disimpan di private cloud

Pastikan Anda mengkalkulasi dan memilah data dengan benar agar data yang disimpan merupakan data yang penting. Karena jika data yang tidak penting ikut disimpan, itu hanya akan menambah harga penyimpanan private cloud.

  • Data sudah terenkripsi selama proses upload dan download

Pastikan data sudah terenkripsi atau tidak selama proses upload/download dari cloud. Pastikan aplikasi yang tersedia dari cloud memiliki layanan enkripsi ketika terhubung ke komputer atau server.

  • Terenkripsi ketika sudah disimpan di cloud

Cek kembali ke penyedia private cloud mengenai syarat dan ketentuannya, biasanya perusahaan penyedia cloud tidak meng-enkripsi data. Jadi ketika menyimpan data yang sangat rahasia, Anda harus memastikannya sudah terenkripsi.

Kemudian mengetahui juga cara men-decrypt data Anda kembali ketika akan diambil dari private cloud.

Jadi, setidaknya harus memperhatikan hal-hal di atas untuk menjawab Apakah Penyimpanan Personal Cloud Privat Aman? Jawabannya, aman selama hal-hal yang disebutkan di atas bisa terpenuhi, terutama sertifikasi keamanannya.

Untuk lebih memastikan keamanan, Anda bisa menggunakan jasa cloud provider yang mempunyai fasilitas keamanan ekstra seperti Cloud Raya. Didukung oleh teknologi keamanan Cyber Protect Acronis, tim support yang siaga 24/7, dan user-friendly panel, dapat memaksimalkan usaha Anda dalam mengamankan cloud storage.

Selain memastikan keamanan cloud storage Anda, Cloud Raya juga menyediakan layanan Cloud SSD Hosting yang mampu mengoptimalkan bisnis Anda. Sign up dan cari tahu fasilitas apa saja yang diberikan Cloud Raya dengan menjelajahi isi panelnya sekarang!

Facebook
Twitter
LinkedIn

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud