Perbedaan Snapshot dan Backup Apa Saja?

Perbedaan Backup and Snapshot

Banyak di antara pengguna aktif teknologi yang belum memahami perbedaan snapshot dan backup. Berawal dari semakin pesatnya teknologi, yang mana berpengaruh terhadap perubahan gaya hidup manusia menjadi lebih modern dan visioner.

Sehingga, banyak aktivitas dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer. Akan tetapi, ada kalanya komputer mengalami malfungsi sehingga data-data penting di dalamnya dapat hilang. Karenanya sangat penting untuk melakukan snapshot dan backup data. Lalu, apa saja perbedaan snapshot dan backup yang perlu Anda ketahui? Simak pemaparannya pada artikel berikut!

Definisi Snapshot

Snapshot merupakan kemampuan untuk membatalkan perubahan atau juga dikenal dengan istilah versioning. Sehingga, apabila Anda menggunakan snapshot setiap jam maka semua file atau folder yang Anda simpan dalam berbagai perangkat digital dapat kembali seperti semula.

Hal tersebut sangat bermanfaat ketika perangkat Anda, khususnya komputer tempat penyimpanan data-data penting, terserang virus yang berbahaya. Dengan demikian, Anda dapat mengembalikan file atau folder yang telah hilang karena terkena virus seperti sebelumnya.

Definisi Backup

Definisi Backup

https://www.freepik.com/

Backup merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk menyalin data, baik data fisik maupun file ke dalam penyimpanan sekunder, seperti hardisk eksternal, server cloud, dan berbagai media lainnya.

Tujuan dari backup adalah untuk mengantisipasi kerusakan pada data-data maupun dokumen penting. Kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh kerusakan perangkat, corrupt data, virus, malware, dan penghapusan data secara tidak sengaja.

Jika kerusakan terjadi dan data hilang, pengguna tetap bisa mengakses data mereka kembali. Caranya, dengan me-restore data backup pada penyimpanan sekunder ke dalam sistem penyimpanan atau komputer utama.

Perbedaan Berdasarkan Cara Kerjanya

Cara kerja backup dan snapshot

https://www.freepik.com/

Perbedaan snapshot dan backup dapat ditinjau berdasarkan cara kerjanya. Ketika Anda menggunakan snapshot, rekaman data-data atau metadata yang disimpan pada perangkat akan disalin ke snapshot. Proses penyalinan data ini hanya membutuhkan sedikit ruang dan dapat berjalan dengan cepat.

Setelah kegiatan tersebut, setiap Anda mengubah blok data, blok tersebut akan ditulis ke ruang snapshot yang telah ditentukan secara otomatis. Metadata tersebut juga akan menampilkan perubahan dan pembaharuan yang telah dilakukan. Sehingga, prosedur ini dikenal dengan “Redirect on write”.

Snapshot yang telah memiliki metadata umumnya dapat mengenali blok data yang ditambahkan atau diubah sejak awal pembuatan. Sehingga, apabila Anda kembali ke salah satu snapshot, setiap blok data yang diubah atau ditambahkan akan dihapus dari tempat penyimpanannya. Setiap blok data tersebut kemudian kembali pada saat snapshot diambil. Hal tersebut dapat memungkinkan Anda untuk membatalkan perubahan pada file dan folder maupun mengembalikan file maupun folder yang telah dihapus secara tidak sengaja.

Sementara itu, backup melibatkan penggandaan data yang sebenarnya, terlepas dari apakah itu berubah atau tidak. Dalam konteks tingkat blok, backup akan menggandakan semua blok data, bahkan jika hanya sebagian kecil dari data yang berubah. Hal ini biasanya memerlukan lebih banyak ruang penyimpanan dan waktu.

Perbedaan Berdasarkan Keunggulan

Perbedaan snapshot dan backup juga dapat ditinjau berdasarkan keunggulan dari cara kerja QNAP pada snapshot. Diantaranya yaitu mudahnya navigasi antarmuka. Sehingga, Anda cukup hanya memiliki atau mengklik snapshot yang ingin Anda muat. Kemudian Anda dapat mengembalikan seluruh atau sebagian file maupun folder tertentu untuk kemudian dipulihkan. Selain itu, Anda dapat dengan mudah menjadwalkan snapshot atau mengambilnya secara manual kapan saja.

Tidak hanya keunggulan dari mudahnya navigasi antarmuka, keunggulan cara kerja QNAP pada snapshot juga dapat ditinjau dari tingkat blok yang dimiliki. QNAP dapat menghemat ruang karena melakukan snapshot pada tingkat blok daripada snapshot tingkat file.

Hal tersebut karena, snapshot tingkat file membuat Anda harus menyimpan seluruh file ke snapshot meskipun hanya membuat perubahan kecil pada file. Namun, dengan menggunakan snapshot tingkat blok, Anda hanya perlu menyimpan blok dalam file yang telah diubah.

Sebaliknya, saat berbicara tentang backup, proses ini biasanya lebih konvensional dan komprehensif. Backup cenderung mengambil salinan penuh dari data pada interval yang ditentukan, dan membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar serta waktu yang lebih lama untuk menyelesaikannya. Backup memiliki tujuan utama untuk menyediakan salinan lengkap dari data untuk pemulihan, terutama jika terjadi kerusakan total atau kehilangan data. Ini memastikan bahwa Anda dapat memulihkan sistem ke keadaan sebelumnya dengan integritas data yang utuh. Meskipun proses ini memerlukan sumber daya lebih banyak dibandingkan dengan snapshot, backup memberikan jaminan pemulihan yang lebih dalam dan menyeluruh.

Kesimpulan

Snapshot dan backup adalah dua metode yang digunakan untuk menjaga dan memulihkan data, namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam cara kerja dan keunggulannya. Snapshot mengoperasikan proses dengan menyimpan perubahan data pada tingkat blok, memungkinkan pemulihan yang cepat dengan memanfaatkan ruang penyimpanan yang lebih efisien. Di sisi lain, backup fokus pada penyimpanan data yang lebih komprehensif, mengambil salinan lengkap dari data meskipun hanya sebagian kecil yang berubah. Meskipun backup membutuhkan sumber daya yang lebih besar, metode ini menawarkan pemulihan yang lebih mendalam dan komprehensif, memastikan integritas data yang utuh saat menghadapi kerusakan total atau kehilangan data.

Setelah memahami tentang perbedaan antara snapshot dan backup, sekarang siap untuk memilih layanan yang tepat untuk kebutuhan Anda. CloudRaya, dengan fitur-fitur unggulannya, adalah pilihan yang cerdas. Dengan panel pengguna yang ramah, proses backup VM dapat dilakukan dalam hitungan detik, dan Anda dapat dengan mudah membuat VM Snapshot untuk meningkatkan produktivitas. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi CloudRaya segera dan temukan bagaimana layanan backup serta snapshot berkualitas mereka dapat menjaga data Anda aman dan mendukung kesuksesan bisnis Anda.

Temukan artikel-artikel seputar teknologi lainnya di blog maupun knowledge base CloudRaya. Anda, juga bisa mencobai fitur-fitur CloudRaya termasuk backup dan snapshot di panel CloudRaya yang simpel dan mudah digunakan, dengan cara registrasi gratis di sini.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud