ARTICLE
Perbandingan Antara AWS, Alibaba Cloud, dan Google Cloud Platform?

Perbandingan Antara AWS, Alibaba Cloud, dan Google Cloud Platform?

23 Juni 2021 by Marketing Cloudraya

Layanan cloud computing belakangan banyak dilirik karena ia menawarkan penyimpanan yang lebih mudah dan ringkas. Karena berbentuk digital, selama akses jaringan internet dimiliki, maka semua data yang ada tetap aman.

Saat ini ada banyak layanan clouding yang tersedia di internet, mulai dari AWS, Alibaba Cloud, hingga layanan cloud yang dimiliki oleh Google. Apabila anda hendak menggunakan layanan cloud storage dalam waktu dekat, penting untuk mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangan platform tersebut.

Perbandingan AWS, Alibaba Cloud, dan Google Cloud bisa dijelaskan lebih rinci dalam informasi berikut ini. Jadi anda bisa memilih mana yang sekiranya memang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan dalam bisnis, aktivitas, atau pekerjaan anda.

AWS

Untuk platform AWS, mereka menyediakan layanan gratis selama satu tahun yang bisa diakses oleh pengguna. Jadi untuk melihat apakah AWS memang menyediakan layanan yang tepat sesuai kebutuhan, masa pemakaian gratis tersebut dapat dimanfaatkan oleh pelanggan yang tertarik.

Meskipun menyediakan layanan gratis, namun AWS tidak membuka semua fitur yang tersedia di dalamnya. Artinya ada beberapa platform yang memang bisa digunakan hanya untuk mereka yang melakukan pembelian atau penggunaan langganan layanan. Karena ia merupakan layanan gratis, hal tersebut tentu tidak menjadi masalah berarti untuk pengguna yang hanya ingin coba-coba.

Kemudian terkait dengan layanan tambahan, yang membuat AWS terlihat lebih baik dibandingkan dengan platform lainnya adalah AWS lebih sering membuka seminar atau web seminar resmi yang bisa dihadiri oleh pengguna AWS, sehingga pengguna bisa memanfaatkan secara maksimal berbagai fitur yang tersedia di dalamnya.

Perbandingan AWS, Alibaba Cloud, dan Google Cloud lainnya adalah aspek pilihan spesifikiasi, sebab tiap pengguna memiliki kebutuhan yang berbeda. Pengguna AWS bisa memilih 14 region, pilihan yang cukup luas sehingga pengguna bisa memaksimalkan layanan yang disediakan di dalamnya.

Alibaba Cloud

Berikutnya adalah layanan Alibaba Cloud, yang merupakan layanan yang disediakan oleh platform Alibaba dengan kemampuan untuk menangani berbagai jenis instansi. Ia juga diunggulkan dengan dukungan server virtual, yang membuatnya lebih kompatibel dengan berbagai sistem yang ada.

Cakupan Alibaba Cloud dinilai lebih sempit dibandingkan platform lainnya, sebab ia hanya menyediakan region di wilayah Asia, dan beberapa tempat di Amerika Serikat. Bahkan untuk wilayah Amerika Selatan tidak tersedia layanan dari Alibaba Cloud, karena itu anda perlu mempertimbangkan penggunaan wilayah jika hendak memakai layanan Alibaba Cloud.

Harga yang ditawarkan untuk layanan yang dimiliki oleh Alibaba Cloud sebenarnya tidak terlalu mahal. Untuk biaya per bulannya tidak lebih dari 20 dollar, dengan pilihan tarif yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan yang dipakai. Namun jika dibandingkan dengan layanan lain, harga yang ditawarkan oleh Alibaba Cloud cenderung lebih tinggi.

Meskipun dalam perbandingan AWS, Alibaba Cloud, dan Google Cloud harga merupakan hal yang penting, jangan lupakan kualitas tiap layanan yang tersedia. Harga yang cenderung tinggi untuk Alibaba Cloud dikarenakan penyimpanan dan CPU yang dipakai cukup tinggi, sehingga memberikan kemudahan untuk pengguna.

Kemudian mengenai penyimpanan, sebagai layanan platform pada umumnya Alibaba Cloud memiliki penyimpanan yang cukup variatif, dari blok, objek hingga file. Tersedia pula penyimpanan dingin untuk penghematan biaya dalam proses penyimpanan data.

Google Cloud Platform

Terakhir mengenai platform cloud yang disediakan oleh Google, yang juga menyediakan layanan cloud untuk pengguna yang tertarik dalam penyimpanan mode terkini. Untuk harga yang ditawarkan, layanan Google Cloud Platform akan memberikan layanan percoban gratis, namun dengan skema kredit sebanyak 300 dollar.

Dengan harga tersebut anda bisa menggunakan semua layanan yang tersedia di server cloud mereka dan menikmati semua fiturnya. Kredit sebanyak 300 dollar tersebut tidak harus anda bayar penuh, anda tetap bisa menyicilnya dengan pemakaian jangka panjang selama 12 bulan.

Perbandingan AWS, Alibaba Cloud, dan Google Cloud selanjutnya terkait dengan layanan yang mereka miliki. Google Cloud khususnya hanya menyediakan undangan kepada pengguna untuk mengikuti event yang diselenggarakan oleh Google. Kadang undangan tersebut hanya dikhususkan untuk pelanggan baru dalam kasus-kasus tertentu.

Untuk anda yang menggunakan layanan Google Cloud, anda bisa menggunakan wilayah penyimpanan secara merata. Tercatat ada 10 region yang bisa digunakan oleh pengguna, untuk Indonesia server terdekat yang bisa dipakai adalah Singapura. Ia juga tidak menyediakan layanan atau pilihan stack, sehingga anda harus membuat instance baru jika tertarik untuk memakainya.

Itulah berbagai perbandingan AWS, Alibaba Cloud, dan Google Cloud yang bisa anda pelajari. Dengan membandingkan masing-masing aspek yang dimiliki, anda bisa mengetahui lebih lengkap mana platform yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga informasi tersebut bisa membantu anda, terutama yang ingin menggunakan layanan penyimpanan terkini model cloud.

0 0 votes
Article Rating

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x