ARTICLE
Pengertian SQL Injection dan Cara Mencegahnya

Pengertian SQL Injection dan Cara Mencegahnya

11 Maret 2022 by Marketing Cloudraya

Kasus serangan terhadap keamanan website semakin meningkat selama beberapa tahun belakangan ini. Nah, salah satu ancaman yang paling  besar terhadap website yaitu serangan SQL Injection, yang saat ini frekuensi kasusnya menduduki peringat ketiga.

Apa itu SQL Injection?

SQL Injection merupakan salah satu teknik yang memanfaatkan celah keamanan yang ada di SQL pada lapisan basis data aplikasi. Terbentuknya celah tersebut akibat input dari user tidak difilter dengan benar, serta proses pembuatannya menggunakan form yang salah. Hingga saat ini, SQL Injection masih dijadikan favorit hacker untuk meluncurkan serangan kepada website. Terlebih hacking melalui jaringan internet saat ini sudah semakin canggih dengan berbagai keamanan.

Sebagai contoh, teknik SQL Injection melalui form username yang seharusnya username diisi dengan karakter saja, akan tetapi form tersebut bisa diisi dengan karakter lainnya, sehingga hacker bisa menggunakannya dengan menyisipkan karakter seperti (:;-,=”), alhasil, hacker bisa memasukan query SQL Injection. Nah, yang terjadi selanjutnya sudah bisa dipastikan jika website Kamu dapat ditembus hacker tersebut.

Cara Kerja SQL Injection

Berikut ini tahapan-tahapan cara kerja serangan SQL injection.

1.    Hacker terlebih dahulu mengincar celah keamanan database

Hacker akan mengincar dengan mencari celah keamanan pada website atau aplikasi yang dituju, umumnya pada form loginnya.

Berikutnya, penyerang mulai menginput kode melalui form login tersebut dengan query SQL yang bakal diproses database sebagai perintah.

Apabila query yang dikirim itu menunjukkan detail login user, maka loginnya berhasil. Namun jika tidak, maka loginnya gagal atau ditolah.

2.    Proses validasi atas SQL Query yang digunakan

Query SQL yang sudah diinput akan memerintahkan database melakukan proses validasi. Dengan begitu, database akan memberikan informasi login dari user tanpa mengecek terlebih dahulu passwordnya. Selanjutnya, hal itu akan segera dimanfaatkan hacker untuk bisa login

3.    Database berhasil diakses

Hacker pun berhasil masuk ke website tanpa proses verifikasi. Lebih parahnya lagi, hacker bahkan bisa mengendalikan website dengan menjadikan dirinya sebagai administrator pada web tersebut.

Jika hal ini sampai terjadi, tentu saja semua data website hingga data pribadi pengelola bisa dihapus. Setelahnya, website pun sudah dikuasai sepenuhnya oleh hacker.

Dampak Berbahaya dari SQL Injection

Adapun beberapa dampak yang sangat berbahaya dari SQL Injection yaitu sebagai berikut:

  • Proses verifikasi login bisa ditembus
  • Menyerang privasi pengguna website
  • Semua data website dicuri
  • Database dan history data dihapus
  • Database dirubah
  • Menyerang jaringan internal OS Command Execution dan Firewall

Cara mencegah SQL Injection

Meskipun dampaknya sangat berbahaya dan tentu saja mengkhawatirkan, namun masih ada cara pencegahan terhadap SQL Injection.

1.    Mengatur Form Pengisian

Pencegahan bisa dilakukan dengan mengatur form pengisian. Misalnya form nama hanya bisa diisi dengan huruf, Atau form nomor telepon hanya bisa diinput dengan nomor saja. Jumlah karakter juga bisa Kamu batasi untuk mengurangi risiko ini.

2.    Mematikan Notifikasi Error

Adanya notifikasi error memang bisa memudahkan Kamu terhadap proses pengembangan website. Meskipun begitu, setelah website sudah aktif dan bisa digunakan, sebaiknya matikan notifikasi tersebut karena hacker bisa memanfaatkannya dengan memunculkannya, kemudian melakukan aksi SQL injection dengan celah tersebut.

3.    Menggunakan WAF dan IPS

Pemasangan Web Application Firewall (WAF) bisa meminimalisir potensi serangan SQL injection dan juga serangan cyber lainnya dengan mencocokan query yang masuk dengan daftar query SQL berbahaya.

Sementara Intrusion Prevention System (IPS) bekerja sebagai lapisan keamanan yang berfungsi memantau traffic pada OS dan jaringan.

Segera Amankan Website dari SQL Injection!

Jika Kamu sudah mengetahui seberapa besar bahaya SQL Injection, maka segera amankan Website Kamu, mulai dari mengamankan database, hingga beberapa opsi lainnya yang bisa Kamu lakukan seperti ulasan di atas.

Dapatkan informasi lebih banyak mengenai teknologi di blog dan knowledgebase Cloud Raya. Atau lebih baik lagi, Anda bisa mencobai fitur-fitur Cloud Raya secara gratis dengan sign up ke panel Cloud Raya sekarang juga!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image