ARTICLE
Belajar Koding, Ketahui Pengertian PHP dan Sintaks Dasarnya

Belajar Koding, Ketahui Pengertian PHP dan Sintaks Dasarnya

28 Desember 2021 by Marketing Cloudraya

Bahasa pemrograman PHP sangat sering terdengar, namun apakah sebenarnya pengertian dari PHP itu? PHP merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan website. Untuk mulai belajar koding PHP tentunya Anda perlu memahami pengertian PHP dan beberapa hal dasar termasuk sintaks yang banyak digunakan.

Pengertian PHP

Singkatan PHP awalnya adalah Personal Home Page, tapi sekarang mengalami perkembangan dan perubahan akronim PHP menjadi Hypertext Pre Processor. PHP adalah bahasa pemrograman yang fokus pada scripting server yaitu untuk membuat web dinamis atau aplikasi web.

Dalam hal koding script adalah sekumpulan instruksi dari susunan koding-kodong yang akan diterjemahkan saat proses runtime. Bahasa pemrograman scripting seperti PHP akan ditanam dalam perangkat lunak lain dan dijalankan oleh server.

Mengapa Menggunakan PHP?

PHP sangat populer bahkan situs sekelas Facebook menggunakan bahasa pemrograman ini sebagai salah satu pengembangan situsnya.

Alasan banyak orang menggunakan PHP:

  • Cukup mudah dipelajari
  • Banyak tutorial di internet
  • PHP bersifat open source dapat dikembangkan tanpa biaya
  • Banyak pilihan database
  • Multi platform dan kompatibel untuk berbagai sistem operasi.

Fungsi PHP

Berdasarkan pengertian PHP fungsinya cukup jelas yaitu dimanfaatkan untuk pembuatan website. PHP bersifat server side.  PHP dapat dimasukkan ke dalam kode HTML atau digunakan sebagai kombinasi dengan sistem template, sistem manajemen konten web dan sebagainya. Selain itu, PHP juga berfungsi dalam pembuatan aplikasi atau perangkat lunak komputer.

Sintaks Dasar PHP

Belajar koding PHP tentu Anda ingin tahu bagaimana sintaks dasar PHP. Memulai koding PHP diawali dengan <?php dan koding diakhiri dengan ?>. Sintaks PHP bersifat case sensitive maka dari itu penting memperhatikan penggunaan huruf besar dan huruf kecil saat penulisan koding.

Contoh Kode PHP

Penggunaan sintaks PHP dapat dikombinasikan dengan bahasa pemrograman lain, mari simak contoh kodenya.

1.      PHP – HTML

Berikut ini adalah contoh sintaks dasar PHP yang digabungkan dengan HTML.

Koding

Hasilnya

2.      PHP – CSS

Berikut ini adalah contoh sintaks dasar PHP yang digabungkan dengan CSS.

Koding

Hasilnya

3.      PHP – Javascript

Berikut ini adalah contoh sintaks dasar PHP yang digabungkan dengan Javascript.

Koding

Hasilnya       

4.      Gabungan

Berikut ini adalah contoh sintaks dasar PHP yang digabungkan dengan beberapa bahasa pemrograman yaitu PHP, Javascript dan CSS.

Koding

Hasilnya

Penulisan Kode-Kode PHP

Dalam penulisan kode-kode PHP terbagi dalam dua jenis yaitu PHP native dan PHP Framework. Mari simak penjelasan agar paham perbedaan keduanya.

1.      PHP Native

Pengertian PHP Native adalah kode PHP yang ditulis dai nol ketika merancang website. Jenis pengkodean ini digunakan oleh developer web yang ahli koding untuk mengembangkan website fungsional.

2.      PHP Framework

Pengertian PHP Framework adalah jenis pengkodean PHP yang memanfaatkan kerangka pengelolaan website yang sudah ada. Yang mana, developer web tidak perlu membuat website dari nol dan lebih cepat prosesnya. 

PHP dan MySQL

Dalam pembuatan website bahasa pemrograman PHP dan MySQL cukup erat kaitannnya dan saling melengkapi. MySQL adalah sistem manajemen database yang disematkan ke dalam website tersebut. PHP membantu komunikasi antar database menjadi lebih mudah.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah mulai memahami sedikit banyak tentang pengertian PHP dan sintaks dasarnya? Ya, dalam penerapan bahasa pemrograman memang akan lebih mudah paham jika dibarengi dengan praktik langsung. Maka, Anda bisa mencoba beberapa koding yang ada di internet untuk mempelajari bahasa pemrograman PHP tingkat lanjut.

Temukan informasi bermanfaat lainnya di Blog dan Knowledge Base Cloud Raya. Anda juga bisa melakukan sign up dan menjelajahi apa saja yang bisa dilakukan dalam dashboard Cloud Raya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image