Mengenal Pengertian Hybrid Cloud dan Penggunaannya

pengertian hybrid cloud

Hybrid berarti gabungan dari beberapa hal yang berbeda, begitu pula dengan pengertian hybrid cloud.

Penggabungan sejumlah benefit dari berbagai jenis environment cloud yang bertujuan efisiensi dan fungsionalitas cloud menjadi lebih baik. Hybrid cloud memiliki keunggulan yaitu perusahaan dapat menggunakan private cloud untuk beberapa layanan.

Layanan tersebut mencakup data-data sensitif perusahaan, sekaligus dapat menggunakan public cloud untuk menangani layanan lainnya. Anda juga bisa menggunakan public cloud sebagai backup untuk private cloud untuk menangani lonjakan permintaan, dengan tetap mempertahankan sebagian besar operasi yang berjalan dalam private cloud.

Pengertian Hybrid Cloud

Pengertian hybrid cloud adalah tipe cloud computing yang mengkombinasikan minimal satu private cloud dengan minimal satu public cloud. Private cloud dan public cloud tersebut beroperasi bersamaan untuk menyediakan kombinasi layanan cloud computing yang fleksibel.

Secara garis besar, hybrid cloud menggabungkan antara public cloud, private cloud, dan on-premises untuk menciptakan infrastruktur TI tunggal yang fleksibel, tentu saja dengan biaya yang efisien. Teknologi hybrid cloud ini sangat tepat digunakan sebagai solusi pendukung strategi aplikasi modern dan juga sebagai upaya transformasi digital perusahaan Anda.

Infrastruktur hybrid cloud sebagian besar telah diadopsi oleh beberapa organisasi untuk mengurangi potensi risiko downtime, meningkatkan reliabilitas operasional, mengurangi anggaran biaya TI, mendukung migrasi cloud tanpa refactoring, serta menanggulangi fluktuasi permintaan sumber daya komputasi ataupun fluktuasi sumber daya penyimpanan.

Keunggulan Hybrid Cloud

Keunggulan Hybrid Cloud

Source :
https://www.freepik.com/

Kenapa hybrid cloud semakin diminati oleh berbagai sektor bisnis? Banyak keunggulan yang dapat dimiliki oleh pengguna hybrid cloud, berikut ini penjelasannya:

1. Skalabilitas

Hybrid cloud adalah solusi yang tepat untuk organisasi atau perusahaan Anda yang butuh fitur untuk melakukan skalabilitas operasional secara efisien. Selain itu juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang dinamis.

3. Kecepatan

Hal yang perlu diperhatikan saat mengembangkan suatu aplikasi salah satunya adalah kecepatan jaringan. Hybrid cloud memberikan kemungkinan bagi pengguna untuk mengoptimasi kemampuan dari jaringan dan meminimalisir terjadinya latency.

3. Redudansi

Anda bisa lebih tenang jika menggunakan hybrid cloud, karena ketika Anda mengalami kendala kegagalan sistem yang disebabkan data critical, data akan aman tersimpan melalui private cloud. Sehingga dapat di-backup secara langsung melalui public cloud.

4. Kontrol

Melalui penggabungan antara private dan public cloud, perusahaan dapat memelihara infrastruktur pribadi sebagai aset yang critical dan sensitive dengan latency rendah.

5. Efisiensi Biaya

Biaya merupakan faktor utama bagi sebagian besar perusahaan yang mulai bermigrasi ke cloud. Hybrid cloud merupakan solusi yang tepat bagi perusahaan Anda yang menginginkan fleksibilitas dan kontrol penuh pada data penting dengan biaya yang efisien.

Siapakah yang Harus Menggunakan Hybrid Cloud?

Hybrid cloud cocok digunakan oleh berbagai sektor bisnis dan organisasi yang memiliki kebutuhan yang beragam dalam mengelola data dan aplikasi. Ini meliputi perusahaan besar yang menginginkan fleksibilitas dan kontrol penuh atas data sensitif mereka sambil memanfaatkan infrastruktur publik untuk aplikasi lainnya. Selain itu, sektor pemerintah juga dapat mengambil manfaat dari hybrid cloud dengan menyimpan data sensitif di private cloud sementara aplikasi publik digunakan untuk keperluan publik. Jadi, praktisnya, hampir semua organisasi dapat mempertimbangkan penggunaan hybrid cloud, terutama jika mereka menghadapi tuntutan yang berbeda dalam mengelola data dan aplikasi mereka.

Berdasarkan laporan RightScale 2017 “State of the Cloud”, hybrid cloud merupakan strategi perusahaan yang sangat digemari. Banyak pengguna hybrid cloud yang menyatakan bahwa semua kebutuhan mereka telah terpenuhi dibandingkan dengan perusahaan yang menggunakan public cloud saja.

Bagaimana Cara Kerja Hybrid Cloud?

Hybrid cloud pada dasarnya menggunakan public cloud dan private cloud sebagai entitas gabungan tunggal. Data dan beban kerja aplikasi dapat berpindah dengan mulus antar platform, dan juga dapat berbagi data di antara beban kerja aplikasi. Keuntungan ini dapat dicapai berkat virtualisasi data dan beban kerja.

Perbedaan Public Cloud, Private Cloud, dan Hybrid Cloud

Perbedaan public cloud, private cloud, dan hybrid cloud

www.freepik.com

Berikut ini adalah penjelasan mendasar mengenai perbedaan antara private cloud, public cloud, dan hybrid cloud.

Jenis CloudAkses PenggunaKeunggulan
Public CloudTerbuka untuk publik dan bisa digunakan siapa saja.Biaya yang ekonomis, reliable, dan scalable.
Private CloudDidedikasikan untuk satu organisasi atau satu perusahaan saja.Kemampuan kustomisasi, jaminan privasi, dan kontrol penuh pada cloud.
Hybrid CloudKombinasi dari public cloud dan private cloud, dalam infrastruktur multi cloud.Dapat menangani fluktuasi permintaan, dan merupakan layanan cloud yang didistribusikan antara public cloud dan private cloud.

Apa Saja yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Bermigrasi ke Hybrid Cloud

Bagi Anda yang ingin menggunakan hybrid cloud, tantangan yang perlu Anda ketahui adalah menemukan model operasi yang sederhana dan kompleksitas yang minim, meningkatkan fleksibilitas, dan juga memenuhi persyaratan regulasi dan compliance masing-masing sektor bisnis.

Oleh karena itu, beberapa hal di bawah ini perlu Anda ketahui sebelum bermigrasi ke hybrid cloud:

1. Migrasi Tanpa Refactoring

Infrastruktur hybrid cloud yang baik memungkinkan proses migrasi cloud dalam waktu yang lebih cepat dengan anggaran biaya yang bisa diminimalisir sesuai dengan kebutuhan.

2. Beban Kerja VM dan Container

Hybrid cloud harus bisa diterapkan untuk menangani aplikasi yang sudah berjalan maupun aplikasi terbaru secara terintegrasi. Oleh karena itu sistem informasi perusahaan Anda harus sudah mendukung arsitektur aplikasi containerized cloud-native selain virtual machine yang sudah digunakan.

3. Penerapan Keamanan dan Kebijakan yang Konsisten

Setiap sektor industri memiliki sejumlah kebijakan keamanan yang terkait dengan infrastruktur sistem informasi yang digunakan. Saat Anda menggunakan hybrid cloud, penting bagi Anda untuk dapat menyesuaikan kebijakan keamanan dan compliance pada beban kerja yang akan ditangani oleh hybrid cloud.

Kesimpulan

Kesimpulannya, hybrid cloud adalah konsep yang menggabungkan beberapa jenis environment cloud untuk meningkatkan efisiensi dan fungsionalitas cloud secara keseluruhan. Penggunaan public cloud untuk layanan tertentu dan private cloud untuk data sensitif memungkinkan perusahaan untuk menjaga keseimbangan antara skalabilitas, kecepatan, redundansi, kontrol, dan efisiensi biaya. Hybrid cloud adalah pilihan yang populer bagi banyak organisasi yang ingin mengoptimalkan infrastruktur TI mereka, mengurangi risiko downtime, meningkatkan reliabilitas, dan mengurangi anggaran biaya TI. Meskipun ada sejumlah keuntungan yang ditawarkan oleh hybrid cloud, perusahaan perlu mempertimbangkan tantangan dan kompleksitas yang terkait dengan migrasi serta memastikan konsistensi kebijakan keamanan dan compliance dalam penggunaannya. Dengan pemahaman yang tepat, hybrid cloud dapat menjadi solusi yang kuat untuk mendukung transformasi digital dan pertumbuhan bisnis.

Setelah mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang konsep hybrid cloud dan cara penggunaannya, langkah selanjutnya adalah menemukan penyedia layanan cloud yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda dengan baik. CloudRaya dengan beragam layanan dan pengalaman dalam teknologi cloud adalah pilihan yang tepat. Jadi, segera kunjungi Cloud Raya untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan cloud terbaik yang mereka tawarkan, dan bagaimana Anda dapat mengoptimalkan infrastruktur IT Anda untuk pertumbuhan bisnis yang lebih baik.

Cek artikel seputar teknologi lainnya di halaman blog dan knowledge base kami.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud