ARTICLE
Mengenal Pengertian cPanel dan Cara Penggunaanya

Mengenal Pengertian cPanel dan Cara Penggunaanya

30 November 2021 by Marketing Cloudraya

Dalam keseharian kita dalam menggunakan jaringan internet, terkadang kita mendapati istilah-istilah baru, salah satunya pengertian cPanel. Padahal, cPanel perannya sangat krusial dalam proses pembuatan dan pengelolaan website.

Jika Anda berminat untuk membuat website menggunakan layanan atau mandiri, setidaknya harus paham apa itu cPanel dan bagaimana cara penggunaan yang tepat. Simak lebih lanjut dalam artikel ini ya!

Mengenal Pengertian cPanel

cPanel merupakan interface grafis (GUI) berbasis Linux yang dapat digunakan sebagai panel kontrol untuk mengatur komponen di satu tempat, seperti web hosting. Pada dasarnya cPanel ialah satu dari berbagai merk kontrol panel, secara berkala cPanel melakukan peremajaan sistem agar kemudahan akses dan keamanan website lebih baik.

Sedangkan menurut sumber Wikipedia, cPanel memberikan tampilan grafis dan automasi guna memudahkan proses hosting di sebuah situs website. cPanel berjalan dalam server atau hosting dengan sistem operasi centos, FreeBSD, dan Red Head Linux.

cPanel akan dipasang pada Dedicated Server atau VPS (Virtual Private Server) menggunakan sistem operasi Linux, FreeBSD dan lainnya. Aplikasi tersebut didukung cPAnel, seperti Apache, Perl, PHP, mySQL, Postgres, Phyton dan BIND. Sedangkan email dibantu POP3, IMAP dan layanan serupa SMTP.

Fungsi cPanel Pada Website

Secara garis besar, fungsi serupa dengan istilahnya pengertian cPanel, yakni sebagai panel kontrol yang bertuhgas mengatur komponen dan pekerjaan seputar web hosting. Namun, masih banyak fungsi lain sebagai berikut:

  • Mengelola domain hingga membuat subdomain, addon domain dan lainya
  • Melakukan instalasi CMS (Content Management System) seperi Joomla, WordPress, Pretashop, dan lainnya.
  • Menghubungkan domain website Anda menuju hosting.
  • Membuat dan mengelola email untuk website Anda.
  • Melakukan back-up pada website.
  • Memastikan status bandwidth dan statistic penggunaan, seperti ruang penyimpanan (storage)
  • Memantau statistic visitor website.
  • Mengubah dan mengelola fungsi keamanan.
  • Mengunggah file ke server.
  • Melakukan instalasi aplikasi tambahan server.
  • Mengatur konfigurasi PHP dan database.
  • Membuat database baru atau mengelola yang sudah ada.
  • Menambah atau menghapus nama pengguna database (MySQL).

Cara Menggunakan cPanel

Setelah memahami pengertian cPanel dan fungsinya bagi website, selanjutnya Anda perlu mengerti cara menggunakannya berikut ini:

1. Menambahkan Domain di cPanel

Pertama, pastikan Anda login cPanel terlebih dahulu, menggunakan fitur login cPanel client area. Kemudian cari bagian DOMAINS, pilih Addon Domain. Masukkan nama domain yang Anda inginkan, jika sudah silahkan mengetik nama domain dan Add Domain.

2. Membuat Subdomain di cPanel

Pertama, login cPanel hosting, baik melalui client area maupun langsung. Pergi ke menu DOMAIN dan klik Subdomains, masukkan nama subdomain keinginan Anda. Terakhir, klik Create.

3. Mengelola Email di cPanel

Pertama, Login cPanel, kemudian masuk ke menu Mail dan klik Email Account. Masukkan semua informasi yang diminta untuk akun email baru. Terakhir, klik Create Account untuk membuat email baru.

Singkatnya, seorang developer mengembangkan website secara offline menggunakan bahasa pemrogaman, seperti html, css, JavaScript, atau PHP. Website didesain sedemikian rupa menggunakan tambahan desain aplikasi adobe illustrator atau photoshop.

Developer menyediakan file SQL sebagai database. Kemudian developer membeli nama domain serta paket web hosting agar website tampil online di internet. Kemudian developer mendapatkan akun hosting dan masuk ke cPanel untuk melakukan perubahankonfigurasi website. Beragam fitur disediakan oleh cPanel menunjang kebutuhan developer dalam website hosting, seperti file manager, FTP accounts, MySQL databases dan lainnya.

Setelah mengetahui mengenai cPanel, pastikan Anda mempunyai dukungan provider cloud yang tepat untuk kelancaran website dan bisnis Anda. Segera Sign Up ke Cloud Raya sekarang juga untuk cari tahu fitur-fitur kami, atau temukan artikel seputar teknologi lainnya ada blog dan knowledge base Cloud Raya.

0 0 votes
Article Rating

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x