ARTICLE
Pemula Juga Bisa Belajar Javascript, Cek di Sini!

Pemula Juga Bisa Belajar Javascript, Cek di Sini!

31 Desember 2021 by Marketing Cloudraya

Di era teknologi seperti sekarang, belajar pemrograman menjadi semakin populer. Anda yang tertarik dengan dunia pemrograman khususnya pemrograman website mungkin pernah mendengar tentang Javascript. Sejak dua puluh tahun terakhir bahasa pemrograman Javascript ini cukup populer. Anda yang masih pemula dalam dunia pemrograman juga bisa belajar Javascript, mari mulai dari membahas pengertiannya. 

Apa itu Javascript?

Javascript adalah bahasa pemrograman yang sudah lama populer banyak digunakan untuk pembuatan website. Dalam proses pembuatan website bahasa pemrograman yang sering digunakan yaitu HTML, CSS dan Javascript. Bahasa pemrograman Javascript membantu web developer dalam menghasilkan tampilan website dan sistem website yang lebih baik dan user friendly.

Jika Anda ingin mempelajari Javascript ada banyak template dan aplikasi yang dapat diunduh secara gratis. Javascript termasuk bahasa pemrograman yang open source dan free, di mana dapat dipelajari secara gratis. Di internet terdapat beberapa Javascript opensource project yang akan memudahkan Anda memahami bahasa pemrograman ini.

Fungsi JavaScript yang Perlu Anda Ketahui!

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Javascript digunakan dalam pembuatan website. Ya, fungsi utama Javascript adalah untuk digunakan ke halaman website. Javascript berfungsi dalam mengatur frond end dan juga back end bagi web developer.

Fungsi Javascript secara garis besar yaitu:

  • Membuat website lebih interaktif dan dinamis
  • Selain website juga dapat digunakan dalam proses pembuatan aplikasi mobile
  • Dapat digunakan untuk mengembangkan game berbasis web
  • Dapat menjalankan web server tanpa mengganggu proses lainnya.

Cara Kerja JavaScript yang Wajib Anda Pahami

jika Anda ingin belajar Javascript maka Anda perlu mengetahui cara kerjanya. Berikut ini adalah cara kerja Javascript dari sisi client dan server.

1.      Cara Kerja JavaScript di Sisi Client

Javascript dari sisi client yaitu ketika pengunjung web membuka salah satu halaman website maka script dari Javascript tersebut akan terunduh dan dijalankan oleh browsernya. Dalam hal ini proses tidak berjalan di web server.

2.      Cara Kerja JavaScript dari Sisi Server

Dari sisi server Javascript bekerja dengan lebih banyak implementasi untuk kebutuhan database. Contohnya pada saat Anda streaming video di website, saat video dijalankan akan terakses informasi lain dalam website tersebut.

Kelebihan Javascript yang Disenangi Banyak Developer

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Javascript yang membuatnya menjadi salah satu bahasa pemrograman populer dan banyak digunakan oleh web developer baik pemula maupun profesional.

  • Akses opensource memberikan kemudahan untuk mempelajarinya
  • Fleksibel digunakan dari sisi client dan sisi server
  • Memperingan beban server karena script diproses di browser pengunjung web
  • Punya banyak fungsi baik untuk front end maupun back end
  • Komunitasnya cukup besar dan aktif

Panduan Belajar JavaScript bagi Pemula

Berikut ini adalah beberapa panduan untuk memudahkan Anda belajar Javascript khususnya bagi pemula.

  • Siapkan aplikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan Javascript yaitu web browser, text editor dan web server.
  • Pahami aturan penulisan kode yang umum digunakan, seperti penulisan dengan embed dan eksternal line, serta javascript bersifat case sensitive.
  • Pelajari variabel Javascript, tipe data dan operator Javascript.

Kesimpulan

Belajar Javascript mungkin tidak bisa selesai dalam satu atau dua hari, tapi bukan hal yang mustahil Anda dapat menguasai bahasa pemrograman ini. Kuncinya yaitu dengan banyak mencari informasi, turorial di internet sambil terus berlatih menghasilkan website yang baik.

0 0 votes
Article Rating

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x