Pemanfaatan Cloud di Industri Pendidikan

Cloud di industri pendidikan

Praktik penggunaan cloud di industri pendidikan mulai gencar dilakukan, mulai dari institusi pendidikan formal hingga informal. Penggunaan cloud di industri pendidikan ini mulai naik pesat sejak terjadinya pandemi di tahun 2020, di mana semua kegiatan mulai dari belajar mengajar hingga administrasi dilakukan secara daring atau online. 

Meskipun kini semua kegiatan dilakukan secara on-site, banyak institusi pendidikan yang justru mulai memanfaatkan cloud. Jadi, sebenarnya seberapa besar peran cloud di industri pendidikan?

Peran Cloud di Industri Pendidikan

Cloud terbukti berperan besar untuk meningkatkan produktivitas, efektivitas, dan efisiensi sebuah bisnis di berbagai industri, termasuk industri pendidikan.

Cloud di industri pendidikan memberikan manfaat berupa skalabilitas, aksesibilitas, efisiensi biaya, meningkatkan kolaborasi antar pengajar dan siswa. Berikut adalah peran dan manfaat yang cloud untuk industri pendidikan:

1. Memudahkan Proses Belajar Online

Walaupun kegiatan belajar telah kembali diadakan secara tatap muka, namun kegiatan belajar online masih banyak dipraktikkan khususnya oleh institusi pendidikan non-formal. 

Dengan adanya cloud, kegiatan belajar online menjadi lebih mudah. Pengajar bisa membagikan materi secara online, dan siswa bisa belajar dari perangkat mereka kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu mencetak materi pelajaran. Selain itu, kegiatan seperti pemberian dan pengumpulan tugas, maupun kerjasama kelompok juga bisa dilakukan secara online.

2. Memudahkan Kolaborasi

Cloud memudahkan antar divisi atau pengajar untuk berkolaborasi. Divisi administrasi maupun pengajar bisa membuat, menyimpan, dan membagikan dokumen secara online dalam 1 platform, tanpa memerlukan bentuk cetak atau perangkat keras tambahan seperti hardisk atau flashdisk.

Selain itu, cloud juga memungkinan staff administrasi atau pengajar untuk mengerjakan satu project yang sama bersamaan dengan memanfaatkan perangkat lunak berbasis cloud.

3. Modernisasi proses belajar mengajar

Saat ini, proses belajar yang interaktif dan menyenangkan menjadi salah satu metode belajar terfavorit dan efisien. Oleh karenanya, sekarang banyak tersedia perangkat lunak yang menyediakan aktivitas atau game yang membantu proses belajar.

Dengan cloud, institusi pendidikan maupun pengajar bisa memanfaatkan teknologi digital terupdate untuk menerapkan cara pengajaran yang lebih modern dan menyenangkan.

4. Efisiensi Biaya

Cloud membantu institusi pendidikan untuk mengurangi penggunaan berkas fisik. Artinya, institusi tidak perlu menyiapkan ruang dan tempat lebih besar untuk menyimpan berkas. Institusi pendidikan bisa menyimpan semua file penting pada cloud. Memungkinkan data atau berkas terjaga lebih aman juga dan memiliki kemudahan dalam pendistribusian jika diperlukan. Dengan begitu, dana untuk penyimpanan berkas dapat dialokasikan pada hal lain yang lebih penting.

5. Visibilitas

Di era percepatan teknologi ini, visibilitas menjadi faktor vital. Dengan cloud institusi pendidikan bisa mendapatkan visibilitas yang mereka butuhkan. Cloud menghubungkan institusi dengan dunia luar, memudahkannya untuk ditemukan oleh siapa saja di mana saja dan juga memperlihatkan fasilitas yang dimiliki dan proses belajar yang ingin mereka tawarkan.

Selain 5 manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat cloud di industri pendidikan, di antaranya kemudahan dalam reporting dan komunikasi dengan siswa maupun wali siswa itu sendiri.

Kesimpulan

Itu dia manfaat cloud di industri pendidikan. Mulai dari kemudahan proses belajar, manajemen administrasi, hingga visibilitas institusi dapat didapatkan dengan penggunaan cloud.

Jika Anda membutuhkan solusi cloud yang tepat untuk institusi pendidikan Anda, maka saat nya Anda mengenal CloudRaya. CloudRaya dari Wowrack merupakan penyedia layanan public cloud yang bisa memberikan segala solusi bisnis, mulai dari level umkm hingga enterprise. CloudRaya memberikan skalabilitas dan efisiensi biaya yang tinggi berkat panelnya yang mudah digunakan dan sistem pay-per-usenya. Konsultasikan kebutuhan Anda sekarang dengan menghubungi tim CloudRaya melalui live chat di www.cloudraya.com atau langsung saja coba CloudRaya dengan register gratis di panel kami di sini.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud