Mengenal Open AI Chat dan Perusahaan AI Lainnya di Indonesia

Mengenal Open AI Chat dan Perusahaan AI Lainnya di Indonesia

OpenAI adalah perusahaan riset dan implementasi AI yang bertujuan untuk memastikan bahwa kecerdasan umum buatan bermanfaat bagi seluruh umat manusia. Chat GPT merupakan suatu program kecerdasan buatan yang telah dilatih oleh beberapa sumber data serta kode pada komputer. Teknologi Chat GPT OpenAI menawarkan beberapa fitur untuk digunakan pengguna, termasuk kemampuan untuk menyempurnakan model bahasa saat menjalankan dialog.

Chat GPT dari Open AI akan menerapkan sistem interaksi percakapan, di mana format dialog memungkinkan Anda menjawab pertanyaan lanjutan, serta menolak permintaan yang tidak pantas. Chat GPT Open AI merupakan program yang akan mengikuti instruksi dengan cepat serta memberikan jawaban atas pertanyaan secara detail.

Apa itu  Chat GPT Open Al?

Figure 2 https://www.freepik.com/

  

Chat GPT mengacu pada model bahasa alami berbasis transformer yang dilatih dengan teknologi AI untuk menghasilkan teks yang meniru respons manusia selama percakapan. Chat GPT adalah platform pemrosesan bahasa berbasis kecerdasan buatan (AI). Lewat Chat GPT, manfaat yang pengguna dapat rasakan yaitu bisa melakukan percakapan seperti sedang berbicara dengan orang lain. Tapi Chat GPT ini tidak dapat digerakkan oleh chatbot jika sebagai lawan berbicara.

Saat ini, platform tersebut sedang diteliti dan dikumpulkan informasinya, dan versi Chat GPT Plus telah dirilis. Chat GPT dibuat oleh Open AI, sebuah perusahaan penelitian dan pengembangan kecerdasan buatan. Chat GPT akan diluncurkan pada 30 November 2022. Mengutip ZDNet, Open AI juga mengembangkan DALL-E 2, generator seni AI yang populer, untuk sistem pengenalan suara otomatis Whisper.

GPT telah dilatih dengan model obrolan pada beberapa sumber data, seperti teks yang berasal dari internet, artikel, buku, dan lain-lainnya. Selama proses pelatihan, model mempelajari pola bicara, tata bahasa, dan pengetahuan umum tentang berbagai topik.

Menggunakan Chat GPT, pengguna dapat berinteraksi dengan model seolah-olah mereka sedang berbicara dengan orang lain. GPT ini dapat merespons pertanyaan yang diberikan, dapat memberikan saran, informasi, serta dapat ikut bergabung dalam percakapan yang sempurna.

Namun, penting untuk diingat bahwa Chat GPT adalah model berbasis teks dan tidak memiliki pemahaman nyata tentang dunia. Respons yang dihasilkan oleh model ini didasarkan pada model yang dipelajari selama pelatihan dan informasi yang diberikan oleh pengguna dalam konteks percakapan.

Kegunaan Chat GPT Open Al

Figure 3 https://www.freepik.com/

Chat GPT dari Open AI mempunyai beberapa manfaat dalam memenuhi kebutuhan kita yaitu terjemahan bahasa, membuat teks, serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tergolong sulit. Kemampuan ini sangat membantu pekerjaan para penggunanya. Selain itu, Chat GPT juga memiliki fitur lain sebagai berikut:

1.    Menyediakan beragam informasi

Pengguna dapat dengan mudah menemukan berbagai informasi melalui teknologi AI. Mereka hanya mengajukan pertanyaan melalui OpenAI. Selanjutnya AI akan memberikan informasi berupa jawaban yang relevan terhadap pertanyaan yang diberikan.

Namun ada hal yang sangat di sayangkan, yaitu informasi yang akan diberikan oleh AI ini hanya terbatas sampai tahun 2021, hal ini berarti pengguna tidak dapat mendapatkan informasi terbaru.

2.    Membantu pendidikan

Chat GPT juga bisa digunakan di dunia pendidikan. Khusus untuk siswa dan guru, mereka dapat mengakses berbagai informasi dengan bantuan AI. Termasuk menjawab soal matematika.

3.    Melakukan percakapan

Keahlian AI lain yang tak kalah bagus adalah melakukan percakapan otomatis. Pengguna bisa mulai bertanya, kemudian AI akan menjawab layaknya percakapan dengan manusia.

4.    Memberikan rekomendasi

Sama seperti manusia, Chat GPT juga bisa memberikan rekomendasi tempat makan, film terbaru, dan pakaian trendi. Teknologi AI akan menghadirkan dan mempertimbangkan preferensi dan kebutuhan penggunanya.

5.    Meningkatkan produktivitas

Fitur Chat GPT bila digunakan dengan baik dapat meningkatkan produktivitas penggunanya. Sistem AI memberikan semua jawaban atau informasi yang dibutuhkan pengguna dalam hitungan detik.

6.    Membantu Customer Service

Bisnis mulai memanfaatkan Chat GPT untuk melayani pelanggan. Integrasikan aplikasi layanan pelanggan dengan OpenAI. Mekari Qontak menawarkan aplikasi layanan pelanggan yang terintegrasi dengan Chat GPT. Teknologi AI akan merekomendasikan serangkaian respons untuk menjawab pelanggan. Oleh karena itu, agen CS cukup memilih jawaban yang paling relevan, tanpa perlu pusing mengerjakannya dari awal.

Fitur-fitur Chat GPT Open Al

Setelah mengetahui cara menggunakan Chat GPT Open AI, bagaimana dengan fitur-fiturnya? Sistem pintar ini hadir dengan berbagai fitur yang bermanfaat dan tentunya sangat canggih. Beberapa fitur ini adalah:

1.    Menanggapi pertanyaan serta jawaban

Fitur pertama dari GPT dari Open AI adalah platform tersebut memiliki kemampuan untuk menjawab berbagai pertanyaan dan jawaban. Saat Anda mengajukan pertanyaan apapun, AI akan memberi Anda jawabannya. Bukan sekedar jawaban, tapi jawaban yang kamu dapatkan memiliki akurasi yang tinggi. Selain itu, GPT juga memiliki kemampuan untuk menanggapi jawaban yang Anda berikan. Sangat cantik bukan?

2.    Merekomendasikan topik konten

Jika Anda seorang penulis artikel atau pembuat konten, pasti ada kalanya Anda bingung mencari ide atau inspirasi. Anda merasa telah menuangkan semua ide ke dalam karya Anda sebelumnya. Jadi Anda bingung mau membahas topik apa lagi.

Bagi yang mengalami hal ini, Anda dapat meminta saran di Chat GPT. Kecanggihan teknologi AI memang sangat bermanfaat. Anda tinggal memasukkan kata kunci sesuai dengan yang Anda butuhkan. GPT kemudian akan segera memberikan banyak rekomendasi. Anda tinggal memilih topik mana yang akan Anda presentasikan kepada audiens Anda.

3.    Terjemahan Bahasa

Sama seperti Google Translate, ternyata Chat GPT dari Open AI juga memiliki fungsi penerjemah. Bahkan, tidak hanya bahasa Inggris yang bisa diterjemahkan, tetapi berbagai bahasa di seluruh dunia. Cukup masukkan teks yang ingin Anda terjemahkan. Kemudian pilih hasil terjemahan sesuai kebutuhan. Sistem AI akan melakukan tugas Anda dalam waktu singkat dan memberikan hasil yang memuaskan.

4.    Memecahkan Soal Matematika

Mengalami kesulitan memecahkan masalah matematika? Salah satu topik yang sulit ini benar-benar menjadi momok bagi siswa. Namun kini Anda bisa menyelesaikan berbagai soal matematika dengan bantuan Chat GPT. Jadi tidak perlu takut lagi karena sudah ada sistem AI yang akan membantu Anda.

5.    Pembuatan Teks Sastra, Naskah Perfilman, serta Artikel

Fitur terakhir ini juga sangat menarik. Chat GPT memiliki kemampuan untuk membuat skrip film, teks sastra, dan artikel akademis. Bagi Anda yang membutuhkan salah satu atau bahkan semuanya, maka jelas Anda harus memanfaatkan sistem AI ini.

Kelebihan dan Kekurangan Chat GPT Open Al

Keuntungan utama menggunakan Chat GPT Open AIadalah menyediakan berbagai informasi dengan cepat dan akurat. Selain itu teknologi OpenAI ini mampu memberikan saran dan rekomendasi berdasarkan preferensi penggunaannya. Ini meningkatkan pengalaman pelanggan.

Meski memiliki banyak kelebihan, Chat GPT juga memiliki kekurangan. Dengan skill yang tidak sempurna, terkadang jawaban yang diberikan tidak sepenuhnya benar.

Di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan Chat GPT gratis:

A.  Kelebihan

  • Menggunakan tata bahasa yang natural

Chat GPT dirancang untuk memberikan jawaban menggunakan bahasa alami. Bahasa yang mereka gunakan mudah dimengerti. Sehingga pengguna merasa sedang berinteraksi dengan manusia pada umumnya.

  • Fast respon

OpenAI dapat memberikan semua jawaban yang dibutuhkan pengguna dalam hitungan detik. Kemampuan ini sengaja diciptakan agar lebih responsif.

  • Menyaring permintaan negatif

Fitur luar biasa lainnya dari produk OpenAI ini adalah kemampuan untuk mengecualikan permintaan yang tidak pantas. Misalnya, bagaimana mengintimidasi orang. Sistem AI akan mendeteksinya sebagai tidak pantas dan menolak memberikan jawaban. Sebaliknya, sistem akan menjelaskan seberapa buruk tindakan tersebut.

  • Sensitif terhadap kueri

Agar jawaban yang diberikan akurat, Open AI dirancang agar peka terhadap pengaturan kueri. Jadi pengguna bisa mengajukan pertanyaan yang berbeda tetapi artinya tetap sama.

B.  Kekurangan

  • Kurang realistis

Tidak jarang jawaban yang diberikan oleh Chat GPT tidak sesuai dengan kenyataan. Karena jawaban yang Anda berikan sangat umum, sehingga tidak bisa secara khusus membantu kebutuhan pengguna Anda.

  • Tidak semua jawaban benar

Produk AI memberikan jawaban berdasarkan informasi yang diberikan oleh manusia. Jadi teknologi ini akan memberikan informasi tersebut meskipun tidak benar (curang). Jadi tolong jangan gunakan jawaban AI sepenuhnya tanpa konfirmasi dari sumber yang memiliki reputasi baik.

  • Butuh pembaruan rutin

Teknologi AI hanya dapat berfungsi jika data informatif dimasukkan. Artinya, semakin sering Anda memasukkan informasi, semakin akurat data yang akan Anda dapatkan. Sayangnya, OpenAI hanya memiliki satu database dengan jangka waktu maksimal hingga tahun 2021. Tentunya perlu dilakukan pembaharuan agar sistem dapat bekerja lebih optimal.

Cara Daftar Akun Chat GPT di Open Al

Sebelum menggunakan Chat GPT, pengguna harus login terlebih dahulu. Setelah berhasil login, pengguna dapat langsung menggunakannya sesuai kebutuhan. Jika Anda belum memilikinya, berikut cara mendaftar akun Chat GPT:

  • Buka halaman https://chat.openai.com.
  • Klik Daftar
  • Masukkan alamat email Anda, lalu klik Lanjutkan
  • Masukkan kata sandi yang akan digunakan, lalu klik Lanjutkan
  • Verifikasi dengan mengklik tautan di email terdaftar. Setelah halaman tautan terbuka di browser Anda, klik kotak centang dan platform akan memeriksanya secara otomatis.
  • Verifikasi email Anda berhasil dan akun Anda berhasil dibuat untuk login.

Cara Login Akun Chat GPT di Open Al

Setelah Anda mendapatkan akun Chat GPT, langkah selanjutnya adalah login. Cara login ke akun Chat GPT sebagai berikut:

  • Buka halaman https://chat.openai.com
  • Klik Masuk
  • Masukkan email yang digunakan untuk akun tersebut, lalu klik Lanjutkan
  • Masukkan kata sandi yang Anda gunakan untuk akun Anda, lalu klik Lanjutkan
  • Setelah berhasil login, layar akan menampilkan jendela chat yang bisa langsung digunakan untuk bertanya atau memberikan perintah kepada chatbot. Chat GPT dapat dijalankan melalui browser PC atau ponsel. Jika Anda tidak dapat melihat layar Chat Chat GPT setelah masuk, coba perbarui versi browser Anda atau gunakan browser lain.

Cara Menggunakan Chat GPT di Open Al

Dalam penggunaan Chat GPT, Anda bisa memberikan pertanyaan atau dapat mengirimkan permintaan sehingga Chat GPT akan memberikan tanggapan yang relevan. Di bawah ini adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan Chat GPT:

Kirim permintaan atau pertanyaan Anda: Mulailah dengan menulis pesan atau pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada model. Misalnya, “Berapa umur Albert Einstein?”

Tunggu beberapa saat setelah mengirimkan pertanyaan, selanjutnya Chat GPT akan memproses informasi yang diterima akan menghasilkan suatu respons. Biasanya respons akan muncul dalam beberapa detik. Kirim ulang atau ajukan lebih banyak pertanyaan: Jika respons template tidak memuaskan atau Anda ingin melanjutkan percakapan, Anda dapat memberikan respons tindak lanjut atau mengajukan lebih banyak pertanyaan.

Model akan mencoba memberikan jawaban berdasarkan konteks percakapan sebelumnya. Lakukan beberapa interaksi dengan model dapat dengan cara memberikan model pertanyaan-pertanyaan baru atau Anda dapat memberikan suatu instruksi. Model akan mencoba memberikan jawaban yang paling relevan berdasarkan informasi yang Anda berikan.

Hal yang harus diingat oleh pengguna adalah bahwa Chat GPT merupakan teknologi berbasis teks, sehingga pengguna harus memberikan pertanyaan atau instruksi secara jelas dan padat. Model terkadang dapat menghasilkan respons yang tidak relevan atau tidak akurat, jadi cerdaslah saat mengevaluasi informasi yang diberikan oleh model.

Selain itu, penting juga untuk disadari bahwa model ini tidak memiliki pengetahuan terbaru setelah tanggal pemadaman pengetahuan. Oleh karena itu, model ini mungkin tidak mengetahui informasi terbaru setelah September 2021 dan tanggapan mereka mungkin didasarkan pada informasi sebelumnya.

Perusahaan Al lainnya di Indonesia

Sebagai program kecerdasan buatan (AI) berbasis pemodelan bahasa (language modeling), nama Chat GPT semakin berkembang sejak pertama kali dirilis pada 30 November 2022. Saat dirilis, banyak pengguna yang terkagum-kagum dengan fitur Chat GPT. Program tersebut dapat memberikan jawaban di luar ekspektasi pengguna saat itu. Chat GPT dapat berbicara dengan pengguna seperti obrolan manusia. Chat GPT dapat berbagi lagu, kode pemrograman, dan banyak lagi.

Sebagai program kecerdasan buatan (AI) berbasis pemodelan bahasa, nama Chat GPT semakin berkembang sejak pertama kali dirilis pada 30 November 2022. Saat dirilis, banyak pengguna yang kagum dengan kemampuan Chat GPT.

Program tersebut dapat memberikan jawaban di luar ekspektasi pengguna saat itu. Chat GPT dapat berbicara dengan pengguna seperti obrolan manusia. Chat GPT dapat berbagi lagu, kode pemrograman, dan banyak lagi.

Tantangan dalam Implementasi Chatbot di Indonesia

Program AI adalah suatu bidang dalam teknologi yang mana dalam melakukan pengembangannya membutuhkan sumber daya dalam jumlah yang besar. Tidak hanya dari segi biaya, tetapi juga dari segi keahlian manusia dan tingkat kerumitan teknologi yang melatarbelakanginya. Dari survei dan penelitian yang dilakukan oleh EDBI dan Kearney, diketahui bahwa tantangan terbesar bagi Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara dalam mengembangkan teknologi AI adalah kurangnya tenaga ahli yang dapat menguasai teknologi AI, dan juga jika ada tertarik untuk bekerja di negara Anda.

Perkembangan AI menimbulkan kecemasan seiring dengan munculnya perkembangan teknologi AI karena AI ini telah terbukti dapat meniru dari pemikiran manusia serta dapat melakukan berbagai pekerjaan yang umum dilakukan oleh manusia.

Potensi Pertumbuhan Pasar Al di Indonesia

Seiring perkembangan teknologi, perusahaan Indonesia dapat memperoleh semua manfaat ini melalui platform terjemahan yang didukung AI.

Teknologi terjemahan AI menggunakan algoritma dan teknik pemrosesan bahasa alami atau neurolinguistic programming (NLP) untuk menginterpretasikan bahasa sumber. Lewat teknologi AI ini, Anda bisa dengan mudah terjemahkan teks dari berbagai bahasa dengan tingkat kebenaran yang tinggi.

Selain akurat, terjemahan yang dihasilkan teknologi AI akan sesuai dengan makna bahasa target. Salah satu teknologi terjemahan AI yang telah membantu banyak perusahaan di seluruh dunia adalah DeepL Translator.

Pada tahun 2017 dikenalkan DeepL Translator untuk yang pertama kalinya oleh suatu perusahaan teknologi dari Jerman. Banyak perusahaan di Eropa dan Jepang telah menggunakan layanan terjemahan DeepL untuk kebutuhan bisnis mereka.

Layanan yang ditawarkan oleh DeepL Translator mencakup terjemahan situs web dan materi pemasaran. DeepL Translator juga dapat digunakan untuk komunikasi tertulis multibahasa dan layanan pelanggan melalui email, media sosial, dan aplikasi layanan pengiriman.

Penerjemah AI ini menggunakan jaringan syaraf terkemuka di industri terjemahan dan arsitektur komputer berpemilik untuk menghasilkan terjemahan yang akurat. Oleh karena itu, pengguna bisa mendapatkan hasil terjemahan yang sesuai dan kontekstual dalam hitungan detik.

Sistem jaringan saraf yang selalu terlatih dengan banyak subtitle menjadikan DeepL Translator lebih unggul dari penerjemah AI lainnya. Di sisi lain, para peneliti selalu meningkatkan metodologi jaringan saraf, khususnya di bidang arsitektur jaringan.

Sejak Mei 2022, DeepL Translator secara resmi menyediakan bahasa Indonesia kepada perusahaan Indonesia untuk menggunakan layanan terjemahan AI. Pendiri dan CEO DeepL Jaroslaw Kutylowski mengatakan ketersediaan bahasa Indonesia membuka peluang bagi bisnis Indonesia, baik individu maupun organisasi, untuk menjangkau jutaan orang di seluruh dunia.

Kutylowski menjelaskan bahwa menambahkan bahasa Indonesia ke dalam layanan terjemahan DeepL merupakan pintu gerbang bagi perusahaan Indonesia untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi global. Menurut analisis McKinsey, konsultan manajemen global AS, Indonesia berpotensi mencapai pertumbuhan ekonomi sekitar $150 miliar, atau 10% dari produk domestik bruto (PDB) pada tahun 2025, jika mampu merangkul dan memanfaatkan secara optimal digitalisasi.

Dapatkan informasi seputar teknologi lainnya di blog Cloud Raya. Atau Anda juga bisa menyimak artikel dan video tutorial di halaman Knowledge Base dan Channel Cloud Raya.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud